Sponsors Link

13 Cara Memperbaiki Master Rem Mobil Sendiri Super Cepat

Sponsors Link

Master rem merupakan salah satu komponen vital yang berada di dalam sistem pengereman. Pada jenis rem tromol, fungsi dari master rem merupakan komponen yang mendorong brake shoe floating secara hidrolik sehingga dapat mengungkit brake shoe. Sedangkan pada jenis rem cakram, fungsi dari master rem ini adalah untuk menekan agar minyak rem tidak dapat masuk ke dalam brake kaliper. Pergerakan dari master rem sendiri bisa dikarenakan dari tekanan minyak rem yang bekerja secara hidrolik dari booster rem. (baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil)

ads

Posisi dari master rem ini dapat anda lihat dari balik roda. Cara kerja dari master rem mobil ini adalah pada saat pedal rem sedang ditekan, maka batang piston ini akan mengatasi tekanan dari pegas pembalik dan piston digerakkan ke depan. Pada saat piston cup berada pada ujung torak, maka compresating port akan menutup. Bila piston maju lebih jauh kembali, maka tekanan pada minyak rem di dalam silinder akan semakin bertambah guna mengatasi tegangan yang ada pada pegas outlet untuk membuka katup. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

Namun sama halnya dengan komponen pada umunya, master rem juga dapat mengalami kerusakan yang dapat menganggu kinerja dari sistem pengereman. Bahkan kerusakan dari komponen master rem dapat menyebabkan sistem pengereman tidak dapat bekerja dengan baik. Berikut ini tanda-tanda ketika master rem mobil mulai bermasalah:

  • Jika anda menginjak pedal rem pada kondisi tekanan yang tetap, maka injakan tersebut dapat perlahan turun dan semakin dalam.
  • Injakan pada pedal rem harus dilakukan secara berulang kali sampai mobil dapat berhenti.
  • Minyak rem yang terdapat pada tabung master rem seringkali menyusut.
  • Injakan pada pedal rem terlalu dalam dan pengereman dirasa kurang terlalu pakem.
  • Setelan rem yang ada pada bawah setir mobil dapat mengunci dengan sendirinya.
  • Asap yang dihasilkan dari knalpot berwarna putih, hal ini dikarenakan karet pada master rem dan minyak ikut masuk ke dalam booster dan terbakar.

Untuk mengecek apakah kondisi dari master rem mobil anda dalam kondisi yang rusak atau tidak, anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

  • Hal yang bisa anda lakukan pertama kali adalah dengan melakukan bleding (buang angin) untuk memeriksa apakah ada angin yang terjebak pada saluran oli rem.
  • Setelah melakukan bleding, anda dapat mencoba untuk menjalankan mobil anda dan lakukanlah pengereman. Bila kondisi rem mobil tidak pakem pada saat pedal rem diinjak, maka dapat dipastikan jika kondisi dari master rem mobil anda sedang rusak.
  • Setelah itu bongkar master rem mobil yang berada pada dudukan booster rem.
  • Setelah membongkar bagian tersebut, anda dapat memeriksanya bagian dalam dinding master dengan menggunakan jari telunjuk anda.
  • Periksalah apakah terdapat bagian yang terasa kasar ataupun berkarat pada dinding master rem mobil anda.

Setelah anda memeriksa kondisi dari master rem mobil anda, saatnya anda melakukan perbaikan pada master rem mobil anda. Cara memperbaiki master pada rem mobil yaitu :

Memeriksa Dinding Master

Bila terdapat kotoran atau karak pada saat anda memeriksa dinding master rem mobil anda, sebaiknya lakukan pembersihan dengan cara menggosoknya dengan amplas berukuran 1000 hingga bagian karat menghilang dan mulus. Cara ini adalah cara yang sangat mudah untuk anda lakukan, karena dengan melakukan ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Pemeriksaan dinding master ini tidak memerlukan biaya dan juga tidak perlu kebengkel khusus. Anda bisa memeriksa dinding master mobil anda dirumah. Apabila anda sudah memeriksa dinding master ini maka anda akan mengetahui dimana letak kerusakan master rem mobil, anda juga bisa memperbaiki nya sendiri dirumah.

Video :

Tetapi jika anda adalah salah satu orang yang memiliki tingkat kesibukan maka anda bisa langsung membawa ke bengkel khusus, karena jika hal ini tidak langsung ditangani akan membahayakan anda dan penumpang yang lainnya. Selain membahayakan anda juga akan merasakan tidak nyaman berada di dalam mobil.

Baca juga :

Sponsors Link

Mengganti Master

Apabila cara diatas belum berhasil maka anda harus memeriksanya kebali apakah masih ada yang kasar atau sudah halus semua. Namun jika masih terdapat bagian yang terasa kasar, sebaiknya lakukan pergantian pada master silinder anda. Cara pergantian master ini tidak wajib, jika anda sudah melakukan cara yang pertama dan sudah berhasil maka anda tidak memerlukan pergantian master tetapi anda juga harus lebih hati – hati dan juga lebih memperhatikan kembali, karena jika sudah mengalami kerusakan pada mater rem mobil anda, anda juga harus menyiapkan dana untuk melakukan pergantian master rem mobil anda.

Rem pada mobil adalah keamanan yang sangat perlu diperhatikan. Jika anda menyepelekan master rem pada mobil anda maka akan berakubat fatal juga. Selain sering memeriksa mobil ke bengkel maka anda juga bisa memeriksa mobil anda dirumah. Dengan rutin dan rajin memeriksa master rem mobil maka semakin sedikit pula anda mengeluarkan biaya untuk perawatan mobil anda.

Baca juga :

Mengganti Karet Seal

Atau anda bisa mengganti karet seal dengan komponen yang baru.Setelah anda melakukan perbaikan pada master rem mobil anda, selanjutnya anda dapat memasangkan kembali semua komponen yang sudah terlepas ke posisinya semula. Lakukan bleding ulang agar benar-benar memastikan jika tidak ada angin yang ada di dalam saluran oli rem. Angin yang berada di dalam saluran oli rem dapat membuat kondisi rem menjadi tidak pakem. Setelah semua perbaikan telah selesai, anda dapat melakukan pengetesan ulang untuk memastikan kondisi dari master rem benar-benar sudah baik. Hal pertama yang anda lakukan adalah mengecek kondisi master rem yaitu dengan cara menginjak bagian pedal rem. Jika kondisinya sudah baik maka pedal rem tidak akan ambles lagi. Setelah itu, lakukan tes dengan cara menjalankan mobil anda.

Baca juga:

Namun seperti hal nya komponen mobil lainnya, jenis rem cakram mobil bisa saja mengalami masalah yang tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin. Apalagi rem merupakan salah satu hal terpenting di dalam mobil. Dengan adanya rem, tentunya akan mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Namun seperti hal nya pada jenis rem lainnya, rem cakram terkadang juga mengalami masalah-masalah yang dapat membuat kinerja dari sistem pengereman menjadi tidak maksimal. Nah berikut ini ada beberapa masalah yang sering terjadi pada rem cakram dan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara mengatasi Rem Cakram

1. Rem Macet

Bila terjadi masalah rem yang macet ketika berputar, maka hal ini biasanya terjadi dikarenakan posisi pad nya tidak rata ketika menyentuh piringan. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengatasinya yaitu dengan:

  • Mengganti selang rem atau mengganti seal yang ada pada master rem mobil anda.
  • Selain itu, kondisi rem cakram yang macet terkadang bisa disebabkan oleh kondisi kebersihan dari rem cakram anda. Untuk itu, tentunya anda harus melakukan pembersihan secara rutin.
  • Membersihkan rem cakram, anda dapat menggunakan bensin untuk mempermudah menghilangkan kotoran yang melekat.

2. Rem Masuk Angin

Jika terdapat angin yang masuk ke dalam sistem pengereman, maka akan membuat rem cakram mobil anda menjadi tidak pakem lagi, sehingga tentunya akan mempengaruhi kinerja dari sistem pengereman. Bila hal ini terjadi pada mobil anda, maka yang harus anda lakukan yaitu:

  • Pertama kali adalah mengecek kondisi dari oli rem.
  • Bila kondisinya sudah penuh, maka anda dapat mengocoknya dan kemudian handle dari rem dan buka bagian napel. Setelah angin keluar dari rem mobil, anda dapat mengencangkan kembali bagian tersebut.
  • Ulangi hal ini hingga kondisi rem kembali menjadi normal. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

3. Kondisi Piringan Cakram

Karena sering digunakan tentunya kondisi dari rem mobil anda berbeda dari sebelumnya, salah satunya yaitu kondisi dari piringan cakram. Terkadang beberapa kondisi piringan cakram yang sering digunakan akan tidak berbentuk rata lagi. Untuk menagtasi hal ini yaitu :

  • Mengecek kondisi kampas rem mobil anda
  • Anda dapat mengganti kampas dari rem mobil dengan kampas mobil yang baru.

Selain mengganti sebenarnya juga ada cara yang lebih bagus lagi yaitu dengan melakukan perawatan mobil dengan rutin dan juga memakai mobil dengan hati – hati. Jika anda menggunakan mobil dengan cara yang benar maka kondisi piringan rem cakram anda akan awet juga.

4. Memeriksa Minyak Rem

Masalah lainnya yang terkadang sering terjadi pada rem cakram mobil adalah menurunnya kinerja dari minyak rem pada sistem pengereman. Hal ini memang biasa terjadi terutama pada mobil yang sudah lama digunakan. Sehingga hal yang harus anda perhatikan yaitu :

  • Sangat perlu untuk melakukan pergantian oli rem secara berkala.
  • Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin apakah minyak rem dalam kondisi yang cukup ketika akan digunakan untuk berkendara terutama jika anda ingin menggunakannya pada perjalanan yang jauh. Bila kondisi dari minyak rem dalam keadaan yang kritis, maka sudah seharusnya anda melakukan pergantian untuk mencegah kondisi rem yang menjadi tidak pakem nantinya.

Kondisi setelan rem cakram yang baik tentunya akan membuat mengemudi anda menjadi lebih nyaman dan aman, serta membuat peforma mobil anda menjadi lebih maksimal. Maka cara diatas yang akan membantu anda untuk memperbaiki rem mobil anda.

Sponsors Link

Jenis-Jenis Rem Cakram

1. Fixed type

Jenis rem cakram ini menggunakan daya pengereman yang berasal dari brake pada yang ditekan oleh dua piston rem yang ada pada kedua sisi cakram.

2. Tipe Floating Caliper

Jenid rem cakram ini hanya memiliki satu piston saja. tekanan hidrolis yang dihasilkan dari master cylinder akan mendorong piston untuk menekan brake yang ada pada bagian dalam. Sehingga pada saat yang bersamaan, caliper akan menekan brake yang anda pada bagian luar sehingga piringan cakram dapat terjepit. Hal ini terjadi karena adanya pen caliper yang dapat membuat caliper bisa bergerak. (baca juga: Cara Merawat Mobil Avanza)

Menyetel Rem Cakram

Rem cakram pada mobil merupakan salah satu komponen dalam sistem rem yang digunakan pada kendaraan termasuk mobil. Komponen utama dalam rem cakram mobil terdiri dari disc pad (brake pad), cakram, serta caliper. Dengan adanya rem cakram pada mobil, tentunya dapat memberikan keuntungan tersendiri seperti:

  • Dapat melepaskan panas yang lebih baik
  • Bila terdapat bagian-bagian dalam rem yang terkena air maka akan cepat lebih kering
  • Lebih mudah dalam perawatan
  • Konstruksi rem lebih simple

Seperti hal yang telah di jelaskan di atas, jika anda memperhatikan semua yang telah di jelaskan di atas maka akan sangat membantu anda untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki master rem mobil yang baik dan juga benar, selain cara memperbaiki master rem mobil maka anda juga akan mengetahui bagaimana cara merawat komponen mobil yang lainnya. Perawatan mobil akan mempengaruhi keawetan dari mobil yang anda gunakan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 04:08 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick