Sponsors Link

12 Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak

Sponsors Link

Dinamo starter merupakan salah satu bagian penting di dalam sebuah kendaraan karena menjadi komponen utama yang menggerakkan mesin sehingga mobil anda dapat menyala. Dinamo adalah mesin listrik atau yang lebih sering dikenal dengan kata pembangkit tenaga listrik yang mengubah sebuah energi kinetik menjadi energi listrik. Bahkan dinamo juga menjadi komponen pendorong mesin sehingga dapat mengalirkan energi listrik menuju bagian mesin lainnya untuk mendapatkan tekanan yang cukup sehingga semua bagian mesin dan perangkat luar mobil bisa menyala. (baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas)

ads

Dinamo starter memiliki beberapa komponen penting yang menunjang kerja dari dinamo tersebut, antara lain adalah:

  • Polo core, komponen ini berfungsi untuk menopang field coil dan menguatkan medan magnet yang disebabkan field coil.
  • Polo core, komponen ini berfungsi untuk meneruskan arus listrik yang berasal dari field coil ke armature coil, kemudian meneruskan kembali ke massa menggunakan komutator.
  • Armature brakle, merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pengereman putaran yang berasal dari armature.
  • Yoke, berfungsi sebagai tempat dari pole core.
  • Armature dan shaft, berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar.
  • Starter clucth, berfungsi untuk memindahkan momen puntir yang berasal dari armature shaft menuju roda penerus.
  • Drive, berfungsi untuk mendorong pinion gear menuju posisi ring gear.
  • Magnetic Switch, berfungsi untuk menyambung atau melepaskan pinion gear dan juga menghubungkan arus listrik yang berasal dari aki menuju field coil, armature, dan ground.
  • Pinion gear, berfungsi untuk meneruskan daya putar starter menuju mesin dengan memutar ring gear.

Jika dilihat, dinamo starter merupakan bagian terpenting di sebuah kendaraan karena peranan dan fungsi nya yang sangat mendukung performa kendaraan anda. Namun sama halnya dengan komponen pada umumnya, dinamo starter juga dapat mengalami masalah yang dapat menurunkan peforma kendaraan. Berikut ini beberapa masalah dan penyebabnya yang sering terjadi pada dinamo starter mobil anda. (baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil)

Pernahkan anda mendengar suara menggelitik yang keras pada saat kendaraan akan dinyalakan? Hal ini biasanya dikarenakan setrum aki yang mulai lemah sehingga aki tidak kuat untuk menyuplai arus listrik pada bagian starter kendaraan. Terkadang bunyi tersebut juga ditandai dengan lampu kontrol dashboard yang sering berkedip. Untuk itu, ada baiknya anda memeriksanya terlebih dahulu.

Baca juga:

Sponsors Link

Bagian solenoid starter rusak, kerusakan ini biasanya terjadi pada gulungan (switch). Pada switch terdapat 2 gulungan yaitu :

  • Hold in coil
  • Pull in coil

Bila gulungan pull in coil sedang rusak, maka daya magnet yang ada untuk menahan pinion berkurang bahkan sebelum roda tersebut berputar. Hal ini akan mengakibatkan gear pinion starter bergerak mundur.Carbon brush sudah habis sehingga tidak dapat menghubungkan pull in coil dengan bagian ground. Sehingga pull in coil tidak dapat bekerja optimal mendorong pinion gear, gulungan yang ada di dalam starter terbakar, lampu kontrol dashboard mati pada saat kendaraan akan di starter, dan lain sebagainya.

Masalah-masalah dinamo starter diatas terkadang dapat menyebabkan mobil mogok bahkan mati total. Untuk memperbaikinya, anda dapat membawa ke bengke-bengkel terdekat dan akan diperbaiki langsung oleh teknisi-teknisi yang sudah terpercaya. Namun sebenarnya anda juga bisa memperbaiki dinamo starter sendiri di rumah. Nah berikut ini cara memperbaiki dinamo starter mobil. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

1. Memeriksa Soket Otomatis pada Dinamo Starter

Pada saat bagian starter mobil tidak dapat berfungsi, namun lampu kontrol pada dashboard menyala bahkan berkedip maka yang perlu anda lakukan adalah :

  • Mencoba memeriksa pada soket otomatis yang ada pada dinamo starter. Biasanya terdapat satu kabel kecil yang terhubungkan ke dinamo starter.
  • Periksalah apa kondisi kabel kecil ini lepas atau putus.
  • Setelah itu, anda bisa memeriksa pada bagian sikring dan relaynya. Bila pada saat anda menstarter relay terdapat bunyi seperti “klek”, maka kemungkinan penyebab kerusakan bukan berasal dari relay dan sikring.
  • Apabila masalah nya sudah terlalu parah maka untuk memperbaikinya, akan lebih baik jika anda membawanya ke bengkel mobil langsung untuk diperbaiki.
  • Namun jika kondisi anda sedang darurat, maka anda dapat memperbaikinya dengan cara menyalakan mesin kendaraan dengan cara didorong. (baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter)

Diatas adalah beberapa cara memperbaiki dinamo starter mobil dengan memeriksa soket otomatis yang berada pada dinamo starter  mobil. Karena jika anda bisa mengetahui apa penyebab nya dan juga mengetahui bagaimana cara memperbaiki nya maka anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar.

2. Memeriksa Kleman Kabel Aki

Bila pada saat anda sedang menyalakan mesin kendaraan terdapat bunyi menggelitik yang cukup keras, maka hal ini menunjukkan bahwa kondisi dari aki mobil anda sangat lemah dan tidak kuat untuk menyalurkan arus listrik pada starter mobil dan memutar flywheel. Bisanya bunyi tersebut juga diiringi oleh lampu kontrol dashboard yang berkedip. Untuk memperbaiki kerusakan tersebut yaitu :

  • Dengan mencoba untuk memeriksa bagian kleman kabel aki yang ada pada terminal positif dan negatif.
  • Memperhatikan bagian komponen – komponen pada mobil karena ada kemungkinan baut yang longgar ataupun kotor.
  • Namun jika tidak, mungkin memang kondisi aki mobil anda yang sedang kurang baik.
  • Cara memperbaiki dinamo starter mobil yang terakhir yaitu anda bisa memperbaikinya dengan cara menjumper aki dengan cara mendorongnya. Namun solusi ini tidak dapat anda lakukan pada mobil matik. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

Berikut adalah cara memperbaiki dinamo starter pada mobil anda, tetapi jika anda pengguna mobil matic maka hal ini tidak bisa di lakukan pada mobil anda. Karena mobil matic sangat berbeda dengan mobil yang bermesin diesel. (Baca juga : Perbedaan Mobil Matic Dan Manual)

Sponsors Link

3. Memeriksa Kabel Aki

Bila anda menyalakan mobil namun mobil tersebut tetap mati dan semua lampu kontrol juga mati, maka masalahnya terdapat pada:

  • Setrum pada aku mobil maka periksalah kondisi dari kabel aki, barangkali ada beberapa bagian yang longgar. Namun bila  anda sudah coba memperbaiki tetap tidak terjadi perbaikan, anda bisa langsung membawanya ke bengkel-bengkel terdekat.
  • Masalah dari komponen – komponen mobil lain nya karena masalah lain pada mobil anda yang memerlukan perbaikan oleh teknisi yang sudah profesional.
  • Segera perbaiki dinamo starter anda bila terjadi masalah, jangan sampai membiarkannya terlalu lama sehingga membuat kerusakan malah berlanjut ke bagian-bagian lainnya. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

Selain yang sudah di jelaskan di atas maka anda juga bisa menggunakan cara memeriksa kabel aki pada mobil anda, karena kabel yang berada di mobil juga sangat mempengaruhi pada masalah mobil anda. Sangat memerlukan ketelitian yang besar untuk memeriksa kabel pada mobil.

Karena merupakan bagian yang penting di dalam sebuah kendaraan, tentunya kondisin dari dinamo starter mobil perlu diperhatikan. Segera perbaiki dinamo starter anda bila dalam kondisi yang rusak. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Cara di atas bisa anda gunakan jika anda mengalami masalah pada dinamo starter mobil anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 03:27 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick