Sponsors Link

11 Cara Aman Belajar Mengemudi Bagi Pemula Wajib Diketahui

Sponsors Link

Cara aman belajar mengemudi bagi pemula sangat penting agar tidak membahayakan saat melakukan praktek di lapangan. Jika tidak mungkin risikonya adalah kerusakan mobil atau bahkan menimbulkan kecelakaan vatal. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

ads

1. Memilih Mobil

Bagi anda pemula yang mengendarai mobil manual maka pilihlah mobil yang tepat untuk digunakan untuk mempermudah anda dalam mengendarai mobil. Usahakan memilih mobil yang mudah digunakan misalnya mobil pick up, dengan bodi yang ramping anda lebih mudah mengendalikannya. Selain itu mobil pick up juga lebih mudah dipakai untuk belajar maju mudur karena memberikan anda leluasa menengok ke belakang. Karena jika anda ingin menggunakan mobil yang mewah maka harus memiliki keterampilan sendiri dalam mengendalikan mobil.

2. Latihan

Dengan latihan secara rutin sudah bisa membantu anda untuk memperlancar dalam mengemudi mobil. Untuk awal – awal dalam latihan mengemudi mobil usahakan belajar di tanah lapangan dahulu, selain tempatnya yang luas di lapangan tidak ada kendaraan lain yang lewat. Sehingga mempermudah anda untuk cepat bisa lancar.

Pelajari cara dasar – dasar terlebih dahulu seperti hal nya bagaimana cara mematikan atau menghidupkan mesin mobil, kemudian memulai dengan hal – hal yang mudah yaitu memajukan dan mundur kan mobil, belok ke kanan dan ke kiri. Mencoba hal – hal yang agak sulit seperti memutar mobil, memindah gigi dari gigi 1 ke gigi 2 atau ke gigi 3 hingga hafal dan bagai mana cara mengurangi gigi. Jika cara mengemudi mobil manual bagi pemula yaitu untuk lebih mudahnya dengan membuat pembatas garis lurus untuk berlatih jalan lurus tanpa keluar dari jalur atau dari garis yang telah dibuat tanda. Membuat tanda untuk belajar bagaimana cara parkir mobil.

3. Memberi Tanda 

Sponsors Link

Memberi tanda latihan di gaian sebelah pojok depan kiri mobil untuk memberi perkiraan apakah sudut yang terjauh pada mobil masih bisa memasuki jalanan yang sempit atau masih bisa digunakan untuk belajar parkir.

4. Ketenangan 

Apabila anda sebagai wanita yang sering gugup dalam segala hal, maka khusus untuk belajar mobil yang bermesin manual anda harus mengendalikan emosi anda atau anda diharuskan tenang agar bisa konsentrasi dan mudah dalam mempelajari fungsi – fungsi tuas dan pedal yang ada pada mobil. Terus lah melaju dengan tenang tanpa menghiraukan mobil atau motor yang berlawanan arah dengan andar. Jangan mengabaikan klakson jika anda membutuhkan untuk memasuki jalan baru. Dan jangan lupa anda menghidupkan lampu sen jika anda ingin belok ke arah kanan atau arah kiri.

5. Memiliki pendamping yang tenang

Partner dalam belajar mengendarai mobil juga harus dipilih dengan benar, karena partner juga mempengaruhi para pengemudi pemula yang ingin mahir dalam mengendarai mobil. Sehingga apabila anda ragu dan gugup dalam proses belajar, disamping sudah ada yang akan menenangkan kita dalam menyelesaikan masalah yang sedang terjadi saat mengendarai mobil. Belajar mengendarai mobil selain pengemudi yang tenang maka sebagai pihak yang mengajari juga harus tenang.

6. Fungsi Kopling 

Sebaik nya bagi anda yang baru pemula dalam menggunakan mobil maka alangkah baiknya terlebih dahulu memahami tata cara menggunakan kopling dan cara menggunakan gas pada mobil. Memulai mencoba di jalan yang ada tanjakan atau melandai. Untuk menambah atau mengurangi gigi kita bisa menggunakan feeling agar mobil bisa melewati jalan tanjakan tersebut. Apabila berada di tanjakan maka usahakan bahwa mobil bisa tetap stabil. Untuk mobil yang bermesin manual belajar memindahkan gigi itu hal yang diharuskan karena mobil manual itu bisa di kendarai dengan aman dan nyaman sesuai gigi yang kita gunakan.

Karena jika belum hafal dalam pemindahan gigi bisa berbahaya untuk para pengemudi dan pengemudi lainnya. Memindahkan gigi itu membutuhkan konsentrasi yang penuh agar tidak terjadi kesalahan. Selain memindahkan gigi anda juga jangan sampai lupa kalau cara memindahkan gigi itu harus diiringi dengan menginjak kopling mobil. Maka jika anda sudah terbiasa dengan memindahkan gigi dan menginjak kopling, nanti akan terbiasa dan reflek untuk memindahkan gigi dan menginjak kopling tanpa berfikir mana yang harus digunakan dulu.

7. Rajin Belajar

Apabila anda ingin mudah dan cepat lancar dalam mengendarai mobil maka anda juga harus belajar mengendarai dengan sesering mungkin. Karena untuk belajar mobil manual tidak semudah belajar mobil lainnya. Dan dalam pembelajaran nya tidak cukup 1 minggu atau 2 minggu, belajar nya juga harus rutin. Dan dalam belajar mengemudi mobil maka usahakan tidak menggunakan AC terlebih dahulu, lebih baik anda membuka kaca mobil untuk mempermudah kan anda melihat kondisi samping dan belakang.

8. Memilih Rute

Memilih rute perjalanan yang sudah diketahui atau sering dilewati. Dengan rute perjalanan yang sering dilewati maka memudahkan anda untuk dalam mengendarai kendaraan. Anda pasti sudah mengetahui dimana ada lalu lintas lampu merah, Jalan yang berlubang, Jalan simpang dan mengetahui dimana rambu yang diperbolehkan untuk putar balik. Karena apabila anda tiodah paham dengan rute yang anda lewati, akan memperlambat anda dalam proses pelancaran mengendarai mobil.

Sponsors Link

9. Istirahat 

Apabila tubuh sudah dirasa capek maka diusahakan berhenti dan beristirahat yang cukup. Istirahatlah di tempat yang bisa membuat badan anda rilex. Setelah dirasa sudah cukup maka barulah anda meneruskan perjalanan dengan hati – hati. Perlu diketahui jika anda pemula yang baru memulai menggunakan kendaraan roda empat maka dilarang meminum minuman yang mengandung alkohol.

Karena apabila anda nekat untuk meminum minuman atau meminum obat yang dilarang saat berkendara maka efek samping nya nanti akan anda rasakan dan bisa membahayakan diri ada dalam mengendarai mobil.

10. Pastikan mobil sudah diasuransikan

Asuransi mobil sangat penting, terutama ketika kita gunakan untuk belajar. Risiko seperti kecelakaan, tergores dan risiko lainnya sangat sering terjadi pada mobil yang digunakan untuk belajar. Asuransi juga memastikan orang yang sedang belajar memiliki ketenangan.

11. Konsentrasi Penuh

Pastikan anda berkonsentrasi penuh selama belajar mobil, hal ini sangat penting untuk anda jalankan agar tidak mengganggu konsentrasi yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Nah itulah beberapa cara aman belajar mobil bagi pemula agar tidak membahayakan keselamatan mobil ataupun keselamatan pengendaranya.


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, April 2017 / 06:54 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick