Sponsors Link

18 Tips Membeli Mobil Baru Bagi Pemula

Sponsors Link

Mobil yang cocok untuk pemula adalah salah satu investasi yang kebanyakan orang ingin memilikinya. Fungsi mobil selain untuk melindungi anda dari panasnya sinar matahari juga bisa melindungi anda dari deras nya air hujan. Sehingga, mobil apa yang cocok untuk pemula sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan para anda yang baru pertama kali memiliki mobil?

ads

Disini akan di berikan beberapa pilihan mobil yang cocok untuk pemula dan di rekomendasi kan bagi yang ingin mempunyai mobil. Yang akan direkomendasi kan yaitu :

1. Tidak Asal Membeli Mobil

Harus anda perhatikan juga dalam melakukan pembelian mobil, jangan sampai anda membeli mobil secara asal – asalan. Terkadang banyak orang yang membeli dengan cara asal – asalan, yaitu mereka yang tergiur dengan harga yang murah tanpa memperhatikan kualitas yang di miliki oleh mobil tersebut. Anda bisa memilih jenis kendaraan yang akan anda beli dan juga sesuai dengan apa yang sedang anda butuhkan.

Model juga bisa mempengaruhi pembelian anda, akan tetapi setiap model memiliki harga yang berbeda.Anda jangan sampai memaksakan keuangan anda untuk membeli mobil dengan model yang anda inginkan. Kenapa? Ada beberapa faktor dalam artian keuangan. Dengan adanya pengeluaran yang banyak maka akan membuat anda tidak percaya contohnya yaitu cicilan, service, pajak dan lain sebagainya. Jika uang anda habis hanya untuk di gunakan memilih model kendaraan anda, maka nantinya anda akan menyesal.

2. Untuk Keluarga

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sudah menjadi prioritas. Khususnya bagi anda yang sudah memiliki keluarga atau baru berkeluarga. Bagi anda yang baru ingin membeli mobil dan anda juga sudah memiliki keluarga tidak sedikit tentunya anda juga membutuhkan mobil yang memiliki ukuran lebih luas  agar keluarga anda bisa lebih nyaman dalam menggunakan mobil. Maka dari itu bagi anda yang baru ingin membeli mobil untuk keluarga anda, anda juga harus hati – hati dalam menentukan pilihan terutama bagi anda yang pemula.

3. Untuk Keluarga Muda

Jika anda merupakan salah satu orang yang baru membina keluarga dan ingin membeli mobil untuk keluarga baru anda maka anda tidak perlu mencari kapasitas yang besar, karena anda tidak memerlukan kapasitas yang besar. Anda bisa memilih mobil yang aman dan nyaman untuk anda dan juga untuk keluarga kecil anda.

Selain itu bagi anda yang merupakan keluarga muda maka anda juga membutuhkan sebuah mobil yang memiliki akomodasi yang sangat sesuai dengan kebutuhan anda bahkan mobil yang ideal. Perlu di perhatikan juga untuk mengakomodasi keluarga baru anda dan barang bawaan anda. Dan tentunya dengan kapasitas dan juga fleksibilitas dengan adanya kabin yang cukup.

4. Hemat Bahan Bakar

Dalam memilih mobil yang akan kendarai maka banyak faktor yang harus anda perhatikan dan anda pertimbangkan. Karena jika kita hanya memperhatikan faktor dan keamanan, desain, kelengkapan, dan yang paling efisien adalah bahan bakar. Karena bahan bakar bisa mempengaruhi pengeluaran sekarang atau masa depan nya. Pada saat ini sudah banyak mobil yang di pasarkan dengan harga murah dan pemakaian bahan bakar yang irit.

Walaupun memiliki mesin yang kapasitas nya kecil tetapi jika mobil yang kita gunakan masih nyaman dan bisa di pergunakan sebagai alat transportasi dalam kehidupan sehari – hari. Perlu diketahui bahwa Bahan bakar yang ada di Indonesia sering mengalami naik turun nya harga bahan bakar karena tetap mengikuti peraturan harga minyak bumi dunia.

ads

5. Memiliki Penampilan yang Baik 

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang bisa memenuhi kebutuhan kehidupan masyarakat. Setiap mobil memiliki penampilan yang berbeda – beda karena setiap produsen memiliki kreatifitas yang berbeda. Karena desain mobil juga mempengaruhi para pengendara, semakin elegan desain mobil nya maka pengendara terlihat lebih gagah.

Maka dengan kreatif nya Indonesia selalu memberikan pilihan untuk para pecinta otomotif untuk menunjang dalam memenuhi kebutuhan. Setiap model mobil memiliki nilai yang berbeda dari satu pembeli dengan pembeli yang lain nya. (Info penting: Perbedaan Mobilio dan BRV)

6. Memiliki Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan yang ada pada mobil memiliki poin penting tersendiri, bagi para pemilik mobil baru atau anda yang baru ingin memiliki atau membeli mobil baru maka lihat lah segi kelengkapan keamanan yang diberikan. Karena keselamatan adalah salah satu faktor utama untuk kita semua dalam mengendarai kendaraan. Fitur keselamatan yang diberikan setiap mobil berbeda – beda. Pilihlah kendaraan yang memiliki fitur keselamatan untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan.

7. Memiliki Uang Muka Rendah 

Uang muka sangat penting bagi anda yang ingin memiliki mobil. Untuk saat ini sudah banyak yang membeli mobil dengan cara kredit atau membayar angsuran tiap bulan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Dengan memilih uang muka yang rendah maka angsuran tiap bulan yang harus di bayar juga rendah. Anda jangan terlalu memaksakan membeli kendaraan yang mewah dan dengan uang muka yang tinggi. Karena uang muka mempengaruhi kelanjutan nya nanti dalam membayar angsuran.

8. Harga Jual yang Stabil

Memilih kendaraan yang memiliki harga jual yang tinggi, jika suatu saat nanti anda ingin ganti mobil dengan yang baru dan mengharuskan mobil lama di jual maka tingkat kerugian dalam penjualan mobil tidak terlalu tinggi. Sehingga selain anda melihat harga beli mobil, maka harus memperhatikan juga harga jual mobil nantinya. Harga jual yang stabil juga memudahkan anda untuk menawarkan mobil yang bekas anda pakai.

Simak kembali Tips Membeli Mobil Bekas

9. Bengkel yang Memiliki Banyak Cabang

Mobil yang memiliki bengkel cabangnya banyak maka memudahkan anda jika mengalami kerusakan mesin atau lainnya. Karena setiap bengkel mobil memiliki tipe dan bentuk yang berbeda. Jika anda sudah menggunakan bengkel resmi dari mobil yang anda kendarai tersebut maka anda tidak akan salah pilih bengkel, mudah dan cepat dalam proses perbaikannya.

10. Sparepat Original mudah di dapatkan 

Dalam memilih jenis mobil juga harus memperhatikan sparepat yang mudah dicari dan dibeli untuk antisipasi jika suatu saat nanti terjadi kerusakan pada sparepat mobil yang kita kendarai. Sparepat original adalah dambaan bagi semua kendaraan. Memiliki kendaraan yang memiliki sparepat yang original. membuat kendaraan kita lebih gagah di lihat dari pada memakai sparepat yang bajakan.

11. Kapasitas yang Cukup

Untuk pembelian mobil kita lihat tujuan utama kita kalau mobil yang akan kita beli itu untuk mobil keluarga atau mobil pribadi. Karena fasilitas mobil keluarga dan pribadi itu berbeda. Untuk mobil pribadi biasanya digunakan hanya untuk pekerjaan atau untuk pergi dengan kapasitas keluarga baru.

Tetapi jika ada rencana untuk  perjalanan yang jauh pastikan bahwa mobil yang anda pilih bukan mobil yang untuk pribadi tapi pilihlah mobil keluarga, karena anda akan membutuhkan tempat untuk membawa barang – barang yang akan anda butuhkan. Sehingga kapasitas mobil juga sangat penting untuk menjadi salah satu acuan anda jika anda ingin memiliki mobil. Mobil yang memiliki kapasitas yang luas cocok untuk keluarga besar sehingga semuanya bisa ikut. (Info penting Kelebihan dan kekurangan Mobil Datsun)

Sponsors Link

12. Jenis Pembayaran 

Apabila anda ingin memiliki mobil dan tidak akan terus menggunakan mobil tersebut tanpa tergiur dengan model  – model baru yang sedang di pamerkan maka anda sebaiknya membeli dengan cara kredit. Jika anda tidak ingin kredit maka anda juga bisa dengan cara membeli langsung jika dana yang anda miliki lebih dari cukup.

Perlu anda ketahui juga bahwa melakukan pembelian mobil dengan cara kredit sebenarnya bukanlah hal yang memalukan akan tetapi malah banyak orang yang memberikan penilaian bahwa dengan cara kredit orang tersebut akan bisa mengatur keperluan keseharian dalam tiap bulannya.

13. Menentukan Model Mobil dan Kelengkapannya

Untuk anda yang ingin membeli mobil terutama bagi pemula, hal yang paling di utamakan yaitu anda harus mengetahui bentuk model dan kelengkapannya. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengetahui apa yang akan anda butuhkan bisa terpenuhi atau tidak. Anda perhatikan perlengkapan tambahan yang ditawarkan pada mobil tersebut dengan berupa tawaran – tawaran paket atau yang di tawarkan secara satuan.

14. Menentukan Anggaran

Jika anda ingin membeli mobil maka juga harus memastikan anggaran yang kita miliki, sehingga kita bisa menentukan untuk uang muka. Aturan yang sering dipakai untuk uang muka mobil biasanya sekitar 20% dari harga mobil tersebut. Misalnya anda ingin membeli mobil dengan harga Rp. 200 juta maka 20% nya adalah Rp. 40 juta. Jangan mencoba untuk memaksakan membeli mobil dengan harga yang pas – pas an  dengan kantong.

15. Memperhatikan Pajak Penjualan dan Pajak Tahunan

Apabila anda sudah mengetahui model serta harga yang sudah sesuai dengan keinginan anda maka anda juga harus memperhatikan jumlah Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) serta Pajak Tahunan. Harus pintar – pintar dalam membandingkan harga mobil yang akan kita beli. Setiap mobil memiliki pajak yang berbeda walaupun memiliki harga beli yang sama.

Sponsors Link

16. Memilih Lembaga Pembiayaan yang Terpercaya Dalam Suku Bunga

Satu persatu sudah ditentukan dengan matang maka tidak bisa dipungkiri juga anda harus memperhatikan lembaga yang terpercaya serta suku bunga yang ada. Jangan terlalu mempercayai jika ada yang menawarkan dengan suku bunga 0%, karena setiap tempat memiliki perbedaan harga. Lakukan perbandingan harga dari tempat A dengan tempat B untuk mengambil keputusan. Jika sudah mendapatkan yang pasti maka selanjutnya memilih lembaga pembiayaan yang memiliki suku bunga standar.

17. Asuransi

Jika ingin membeli mobil dengan cara kredit atau cicilan maka harus dipastikan terlebih dahulu kalau mobil tersebut sudah memakai asuransi untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan.

18. Melakukan pengujian Kendaraan

Lebih pastinya lagi untuk meyakinkan keputusan dalam pemilihan mobil yang diinginkan yaitu dengan melakukan pengujian kendaraan. Hal ini bisa dilakukan oleh calon pembeli agar anda yakin dengan pilihan anda. Selain untuk meyakinkan anda maka pengujian kendaraan ini juga sangat penting untuk mengetahui keunggulan – keunggulan yang di miliki mobil tersebut seperti keamanan dan kenyamanan.

Baca juga tips Cara Mengemudi Mobil Matic

Demikian, cara yang harus diperhatikan dalam pemilihan mobil yang cocok untuk pemula, karena jika anda ingin membeli mobil baru anda juga harus mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan.


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 03:02 Oleh :
Kategori : Review Mobil