Sponsors Link

9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Ayla Terbaru

Sponsors Link

Pada 2013 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan sebuah mobil yang menjadi populer dan laris manis di Indonesia. Bahkan, di awal penjualan mobil ini, terjual lebih dari 180 ribu unit.

ads

Mobil populer ini dinamakan Daihatsu Ayla. Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan denhan mobil ini? Mobil ini populer dengan Low Cost Green Car (LCGC) di mana mobil ini ramah lingkungan dan dijual dengan harga yang terjangkau. Daihatsu Ayla pun kemudian menjadi salah satu pelopor perkembangan mobil-mobil LCGC di Indonesia. (Baca Juga: Mobil Matic Paling Irit)

Mobil ini berkapasitas kecil, yaitu maksimal 5 orang. Hal ini terlihat dari desainnya uang mungil dan manimalis. Sehingga, mobil ini kurang cocok jika dibawa ke luar kota atau ketika melewati kontur jalan yang tidak rata dan bekerlok-bekerlok-kelok. Dari segi spesifikasinya, sebenarnya tak jauh berbeda dengan pesaingnya Toyota Agya dan Honda Brio. Namun, dari tinjauan harga, Daihatsu Ayla lebih ramah dikantong. (Baca Juga: Mobil yang Cocok untuk Pemula)

Jika anda ingin membeli mobil ini tentu memerlukan informasi yang lengkap mengenai mobil ini. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenaiDaihatsu Ayla? Berikutini akan kami ulas spesifikasi dari Mobil Ayla secara lengkap.

Spesifikasi Mobil Ayla

Interior Daihatsu Ayla memang minimalis. Akan tetapi, sudah dilengkapi dengan fitur canggih. Bila kita lihat, interior aslinya didominasi oleh warna silver dan hitam. Hal ini membuat bagian kemudi menjadi minimalis dan stylish. Seperti halnya mobil lain, Ayla juga telah dilengkapi dengan fitur sistema audio untuk mendengarkan musik ataupun radio. (Baca Juga: Tips Memilih Amplifier Mobil)

Kemudian, pada bagian speedometer-nya, Ayla telah menerapkan cluster ECO-Driving dan indikator interaktif yang mampu menampilkan dan menyajikan sisa bahan bakar yang akurat. Teknologi ini merupakan kemajuan bagi mobil yang minimalis ini sehingga anda dapat dengan mudah mengontrol bahan bakar yang tersisa.

Sementara itu, dari segi kabinnya, Ayla tergolong cukup lapang dan nyaman, karena mampu menampung hingga maksimal lima orang. Sementara itu untuk jok atau tempat duduk penumpang dapat disesuaikan pengaturan posisi duduknya yang membuat penumpang dan pengendara lebih nyaman. (Baca Juga: Komponen Mesin Mobil Lengkap)

Sponsors Link

Selanjutnya dari sektor dapur pacu, Daihatsu Ayla menggunakan mesin ECO technology yang menjadikan mobil ramah lingkungan, yaitu menggunakan mesin tipe D26F 1KR-DE dengan kapasitas 998 cc. Sehingga, dengan menggunakan mesin ini bisa mengurangi kpnsumsi bahan bakar supaya lebih irit akan tetapi tetap bertenaga secara maksimal. Mobil ini juga menggunakan tiga sulunder dengan katup Intake 2 Exhaust : 2. Dengan demikian, mobil mampu mengeluarkan tenaga dan kekuatan yang maksimal mencapai 65 kW pada putaran 6.000 rpm dan dengan torsi maksimum mencapai 8.7 N.m pada putaran 3.600 rpm. Sementara itu, untuk sektor percepatan, mobil ini dibagi dalam dya bagian yautu 4 percepatan dan otomatis.

Baca juga :

Lalu, bagaimana dari segi keamanannya? Jangan khawatir! Fitur keamanan Daihatsu Ayla tergolong lengkap. Dari segi rem, menggunakan rem berjenis disc untuk bagian depan dan pada bagian belakang menggunakan rem jenis drum. Dengan teknologi ini, mobil tetap bisa berhenti sempurna walaupun sedang dalam kecepatan maksimal. Selain itu, Ayla juga dilengkapi dengab fitur-fitur-fitur keamanan sepertu seatbelt, body monocoque, pedestrian protection, dan lainnya. Meskipun mobil ini minimalis, akan tetapi dilengkapi juga dengan fitur modern, seperti rear parking sensor, dan jendela dengan electric power. (Baca Juga: Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Mobil Daihatsu Ayla ini menawarkan berbagai pilihan tipe,seperti D, M, X, dan Elegant. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai 75 juta sampai 114 juta. Dengan ragamnya pilihan ini, anda dapat menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Namun, sebelum membelinya, anda juga harus terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu Ayla ini supaya kedepannya tidak kecewa.

Baca Juga :

Kelebihan Daihatsu Ayla

Sebuah mobil diproduksi tentu telah menawarkan keunggulan-keunggulannya, jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain sejenisnya. Begitupun dengan Daihatsu Ayla tentu memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut di antaranya adalah:

1. Harga yang Relatif Murah

Mobil dengan LCGC ini harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Karena, mobil dengan LCGC harus memenuhi syarat dan ketentuan produksi dengan harga yg ditawarkan. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan oleh Daihatsu Ayla relatif murah. Anda dapat membeli mobil ini dengan harga 100 juta saja. Maka, tak heran jika mobil ini dikategorikan sebagai mobil baru termurah. Harga inilah yang banyak menarik perhatian berbagai kalangan. (Baca Juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

2. Penggunaan Bahan Bakar Irit

Kelebihan Daihatsu Ayla selanjutnya adalah irit bahan bakar. Mobil LCGC ini dikatakan hanya menghabiskan 20 km setiap satu liternya. Ukuran mobil yang mungil juga mendukung mobil ini semakin irit bahan bakarnya. (Baca Juga: Mobil MPV Paling Irit)

3. Kabin Nyaman

Daihatsu Ayla memang minimalis. Namun, hal ini tak membuat ruangnya sempit dan penumpang berdesak-desakan. Ayla memiliki ruang atau kabin yang cukup luas sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman. (Baca Juga: Cara Membersihkan Interior Mobil)

Meskipun harga jualnya murah, akan tetapi Daihatsu berpikiran matang mengenai ukuran mobil ini. Dengan ukuran 360 x 160 x 152 cm dapat menampung hingga lima orang. Ukuran ini terbilang luas dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.

4. Ukuran Bagasi Luas

Selain kabin yang luas, ukuran bagasi Daihatsu Ayla pun cukup luas. Dibandingkan mobil lainnya dengan tipe yang sama, ternyata bagasi Ayla jauh lebih luas. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau di Mobil)

5. Dealer Daihatsu Ayla Mudah Ditemukan

Kelebihan selanjutnya adalah dealer Daihatsu sangat mudah ditemukan di kota manapun di Indonesia, sehingga ketika ada masalah ataupun kerusakan, anda dapat dengan mudah membawanya ke dealer resmi terdekat. Ketika kita memperbaiki mobil ke dealer resmi terdekat, tentu akan lebih aman dan lebih baik. (Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas)

Kekurangan Daihatsu Ayla

Selain ada kelebihannya, tentu mobil Ayla ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini perlu Anda perhatikan agar tidak kecewa kedepannya dan dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda terhadap mobil yang akan Anda miliki. Di antara kekurangan mobil ini adalah:

1. Tenaga Mesin Belum Maksimal

Daihatsu Ayla hingga saat ini belum memiliki permorma yang maksimal. Hal ini karena tenaga maksimum hanya 65ps saja, jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Hal ini sangat wajar karena kapasitas mesin Mobil Ayla yaitu; 1.0 liter (998cc), DOHC, 3-silinder, 12-katub. (Baca Juga: Cara Merawat Mesin Mobil)

Sponsors Link

2. Kecepatan Daihatsu Ayla Masih Lamban

Sayangnya, ketika kita menggunakan Daihatsu Ayla, kecepatan yang dapat kita pacu hanya sekitar 100 km/jam. Angka segini dirasakan masih lamban. Supaya memperoleh kecepatan yang lebih dari biasanya, Daihatsu Ayla lebih membutuhkan 15 detik. Hal ini menunjukkan akselerasi dari Daihatsu Ayla masih lamban. (Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil Manual)

Padahal, banyak mobil di kelas Ayla ini yang lebih mampu menghasilkan kecepatan akselerasi lebih cepat. memang tetap bisa digunakan ke luar kota, namun kemampuannya terbatas.

3. Fasilitas Kurang Lengkap

Karena memang harga mobilnya murah, maka fitur dan fasilitas nya pun tidak bisa sesempurna mobil – mobil lainnya. Di antaranya adalah pendingin ruangan atau AC tidak ada untuk tipe D Daihatsu Ayla. Selain itu, untuk tipe rendah tidak memiliki fitur airbags yang opsional dan fitur untuk hiburan sangat minim. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karat)

4. Body Sangat Ringan

Body dari Daihatsu Ayla ini memiliki ukuran yang cukup ringan. Ringannya mobil tentu akan berdampak pada stabilitas mobil. Ketika rangkaian body ringan, maka mobil akan kurang stabilitas saat dikendarai di kecepatan tinggi. Hal ini juga akan terasa ketika anda berpapasan dengan bis atau truk, getaran yang ditimbulkan membuat mobil menjadi kurang nyaman. (Baca Juga: Cara Mengecat Mobil)

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Mobil Ayla ini. Semoga mampu menambah wawasan anda untuk memutuskan apakah mobil ini cocok atau tidak bagi Anda.

Bagi keluarga kecil tentu mobil ini sangat cocok atau sekedar anda gunakan untuk pergi pulang ke kantor. Mobil ini tentu nyaman dan aman digunakan. Selamat memilah-milih mobil!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, February 2017 / 05:23 Oleh :
Kategori : Review Mobil