Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Avanza Terbaru

Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Avanza wajib anda perhatikan sebelum memutuskan membeli mobil sejuta umat ini. Toyota Avanza resmi diluncurkan sejak tahun 2003. Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa Italia yang bermakna “peningkatan”. Saat peluncurannya, Avanza dinyatakan sebagai mobil MPV paling murah yang dikeluarkan oleh Toyota. Maka tak heran, Avanza terjual hingga 100.000 unit di tahun pertama peluncurannya.

ads

Perkembangan Avanza pun terus dilakukan. Hadir berbagai jenis Avanza dengan berbagai model dan peningkatan spesifikasi. Di 2006 misalnya, Toyota memperkenalkan New Avanza dengan perubahan penampilan depan dan belakang, aksesoris semakin lengkap, dan menggunakan mesin baru VVT-i untuk semua tipenya. (Baca Juga: Cara Merawat Mesin Mobil Manual)

Inovasi tersebut kemudian dilakukan kembali di tahun 2011. Tahun ini disebut sebagai mulainya generasi kedua Toyota Avanza yang dikenal sebagai All New Toyota Avaza. Inovasi terus dilakukan dan terakhir di 2015 lalu, Toyota mengusung nama Grand New Avanza. Tak jauh berbeda sebenarnya, namun mengusung mesin 1.300 cc. (Baca Juga: Komponen Mesin Mobil Lengkap)

Mobil Avanza ini memang sangat populer. Jika anda ingin mengetahui apa yang membuat mobil ini populer, bagaimana spesifikasinya, dan apa kelebihan dan kekurangan dari Toyota Avanza ini, akan kami ulas selanjutnya dalam artikel ini.

Kami akan mengulas review Toyota Avanza dari segi eksterior, interior, performa, keamanan, dan konsumsi bahan bakar dari mobil ini dan perbandingannya dengan Toyota Avanza keluaran lama.

  • Eksterior Toyota Avanza

Perubahan desain Toyota Avanza berangsur-angsur berubah, selama 10 tahun terakhir ini. Pada awal munculnya, mobil ini tampil dengan sempurna dan lebih mementingkan fungsinya dibanding desainnya. Namun, pihak produksi pun mengubah tampilannya, hingga kemudian mobilnya menjadi lebih stylish dan elegan sehingga lebih diminati oleh konsumen. Perbedaan yang paling kentara dari All New Avanza dan Grand Avanza ini adalah dari segi desain grill. Pada desain terbaru, grill dibuat menjadi lebih besar dan bilah horizontalnya menjadi lebih banyak. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karat)

Dari segi eksterior, peberdaan juga terlihat dari velg yang dipakai. Di awal masa produksi mobil ini, yaitu sekitar tahun 2003 hingga 2005, desain velg ini modelnya cukup rapat dan berkelir silver pada 6 spoke. Kemudian, pada tahun 2006 , velg 6-spoke ini berubah dsesainnya yang semakin lebih manis dan terus ada inovasi, pada Toyota Avanza generasi kedua vleg diganti dengan desain 4-spoke. Kemudian, pada Grand Avanza, velg nya dibuat menjadi lebih sportu dengan kombinasi dua warna, yaitu alumunium dan hitam.

Baca Juga :

Sponsors Link

  • Interior Toyota Avanza

Inovasi dan perubahan Toyota Avanza ini juga terlihat pada ruang kabinnya, desain lingkar kemudi, dan kontrol AC. Warna yang dipakai pada Avanza keluaran terbaru ini didominasi dengan dua tingkat warna yang menambah mobil menjadi terlihat lebih modern.

Pada ruang kabin Avanza, perubahan ini terjadi pada kontrol AC. Perubahan ini sebenarnya terlihat dari segi pemakaian warna saja, dari yang awalnya biasa menjadi black gloss. Perubahan-perubahan ini disesuaikan dengan perkembangan zaman dan model terkini. Hal ini perlu diupayakan agar Avanza tetap berkelas dibandingkan dengan Mobil MPV sekelasnya. (Baca Juga: Mobil MPV Paling Irit)

  • Performa Toyota Avanza

Saat ini, mesin yang digunakan oleh Toyota Avanza adalah Variable Valve Timing Injection atau VVT-I. bahkan, di generasi terbaru berubah performa menjadi dual VVT-I. Hal inilah yang membuat berkendara Avanza terasa berbeda dari setiap generasinya.

Dengan menggunakan teknologi pengaturan katup variable model VVT-I maupun Dual VVT-I pada Avanza, tenaga yang tersalur sudah terasa sejak rpm menengah. Dampaknya adalah proses produksi daya juga bisa digapai lebih halus dan tentu ini berimbas pada konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan lebih baik. (Baca Juga: Cara Mencuci Mesin Mobil)

Saat ini, pedal gas yang dihadirkan oleh Toyota Avanza lebih ringan untuk diinjak dan akan memperoleh laju kecepatan yang maksimal. Performanya pun lebih baik, seperti posisi duduk lebih ergonomis, sistem gearbox lebih baik.

Dari tingkat kenyamanan pun, Avanza dari setiap generasi ini menjadi lebih baik. Suspensinya tidak lagi bermasalah. Kaki-kaki mobil ini kini dibuat lebih lembut dan tidak ada lagi bantingan keras. Sistem Handlingnya pun lebih terasa presisi serta kini tidak lagi muncul lagi getaran pada dashboard serta suara mendengung dari luar ke ruang kabin yang terasa pada Avanza produksi awal.

  • Keamanan Toyota Avanza

Fitur keselamatan Toyota saat ini lebih lengkap. Seperti adanya kunci dengan immobilizer.  Sistem kunci ini sangat penting dan fungsinya mesin akan merespon untuk bisa di starter jika menggunakan anak kunci yang memiliki kode sama dengan sistem kode di mesin. Hal ini tentu lebih menjamin tingkat keamanan mobil dari resiko kemalingan. (Baca Juga:cara Memperbaiki Booster Rem Mobil yang Bocor)

Pada Grand Avanza keluaran terbaru, adanya sabuk keselamatan pada tiga titik untuk penumpang tengah di jok baris kedua atau side impact beam. Seatbelt ini untuk seluruh penumpang. Kemudian, Toyota Avanza juga dilengkapi dengan rem berteknologi Anti-lock Braking System (ABS) di semua variannya.

Saat ini, bagi pengemudi dan penumpang depan sudah dilengkapi dengan piranti keselamatan, seperti dual SRS Airbags dan sabuk pengaman yang dilengkapi dengan pretensioner and force limiter. Hal ini bisa mencegah cidera lebih parah saat terjadi benturan. Kemudian Avanza juga melengkapi fitur keamanannya dengan seatbelt warning yang akan menyala dan berbunyi untuk menandai penumpang yang tak memakai sabuk keselamatan.

  • Konsumsi Bahan Bakar

Toyota Avanza dengan performa mesin VVT-I membuat mobil ini hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Selain itu, mobil ini juga disertai dengan indikator ECO yang dapat menjadi acuan pengemudi untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal.

Untuk Grand New Avanza dengan mesin 1.300 cc dan transmisi manual, konsumsi bahan bakar 13,5 km/ liter di jalan biasa perkotaan dan hanya 18.0 km/liter saat melaju di jalan tol. Hal ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Avanza generasi pertama. (Baca Juga: Mobil Paling Irit BBM)

Toyota Avanza memang telah berubah dari berbagai segi yang menunjukkan performa semakin lebih baik. Namun, kita juga perlu mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari mobil yang dinobatkan sebagai mobil sejuta umat. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kelebihan Mobil Toyota Avanza

Setiap mobil tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat kita sesuaikan dengan apa yang kita butuhkan terhadap mobil yang akan kita kendarai. Semakin baik sebuah mobil, biasanya harganya pun semakin tinggi. Atau jika mobil tersebut murah, spesifikasinya bisa saja tidak terlalu bagus. Lalu, bagaimana dengan Toyota Avanza ini? Berikut adalah kelebihan mobil toyota avanza

  1. Desain lebih baik

Toyotan Avanza kini hadir dengan desain eksterior yang stylish dan elegan. Adanya perubahan pada beberapa lini, seperti; headlamp depan yang lebih stylish (1.5 G Luxury), desain baru Cover Foglamp (1.3 G), serta New Front Aerokit (Type G Luxury) yang membuat mobil ini tampak lebih elegan dan sporty.

Untuk desain eksterior dari samping pada Tipe G Luxury, maka akan terlihat Slide Skirt Aerokit dengan perubahan pada lekukan yang membuat mobil ini terlihat sangat modern dan berkelas. Selain itu, desain eksterior belakang dari mobil Toyota Avanza terbaru ini mengusung Modern Smoothing Panel (Type G Luxury) dan New Luxury Emblem (Type 1.5 G Luxury) yang membuat Avanza ini tampak lebih elegan dan modis. (Baca Juga: Mobil yang Cocok untuk Pemula)

  1. Mesin Irit Bertenaga

Mesin atau dapur pacu dari mobil Toyota Avanza terbaru ini dilengkapi dengan mesin bertipe IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, VVT-I yang membuat mobil low MPV ini memiliki tenaga sebesar 104 hp pada 6000 rpm. Sedangkan, pada torsi maksimalnya mampu mencapai hingga 137 Nm pada 4400 rpm. (Baca Juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil)

  1. Harga Jual Cenderung Stabil

Harga jual yang ditawarkan oleh mobil ini pun cenderung stabil. Jika anda berniat untuk menjualnya kembali pun, harganya tidak akan jatuh drastis. Selain itu, mobil ini sangat laku di pasaran yang membuat harganya cenderung stabil.

Sponsors Link

Baca Juga :

  1. Sparepart Mudah Dicari dan Harga Terjangkau

Kebutuhan mobil lainnya adalah sparepart. Jangan khawatir anda akan susah mencarinya. Pada sparepart Toyota Avanza ini sangat mudah dicari dan harga yang ditawarkannya pun ramah di kantong. (Baca Juga: Cara Merawat Mobil Avanza)

Selain itu, untuk merawat dan memperbaiki mobil ini pun sangat mudah. Dengan menjaga dan rutin mengontrol mobil, merawatnya pun akan semakin mudah.

Kekurangan Mobil Toyota Avanza

  1. Limbung dalam Kecepatan Tinggi

Sayangnya, pada Toyota Avanza ini, cenderung limbung ketika berada di kecepatan tinggi. Sedangkan, pada kecepatan rendah, mobil terasa empuk. Hal ini karena lingkaran pegas spiralnya lebar, sehingga membuat mobil ini terlihat sangat bongsor bila dibandingkan dengan dimensi shockabsrober dan ukuruan bodi. (Baca Juga: Komponen Transmisi Otomatis)

  1. Aki Bermasalah

Sayangnya, mobil Avanza ini kerap timbul masalah pada Aki. Hal ini biasanya mobil menjadi sulit dihidupkan ketika mesin panas. Namun, untuk mobil keluaran terbaru, masalah ini tidak terlalu banyak dialami oleh penggunanya. (Baca Juga: Penyebab Mobil Susah Distarter)

  1. Sirip ventilasi cepat pudar

Sirip ventilasi yang berada di bawah wiper ini sayangnya cepat sekali pudar, walaupun sudah diantisipasi dengan menggunakan cairan pengkilap. Hal ini menjadi tidak nyaman ketika kita melihatnya. Agar hal ini tidak sering terjadi, gunakanlah semir sepatu warna hitam yang berbentuk pasta untuk mengembalikan warna hitam pada wiper.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Mobil Toyota Avanza. Selamat mempertimbangkan mobil ini. Pikirkan kembali sebelum membeli, jangan sampai anda kecewa.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 16th, February 2017 / 02:27 Oleh :
Kategori : Review Mobil