Sponsors Link

15 Perawatan Body Mobil Yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Sudah sewajarnya jika anda melakukan perawatan rutin untuk mobil yang anda miliki. Dengan perawatan rutin tentu saja kondisi serta peforma mobil tetap terjaga dengan baik. Tidak hanya menjaga kondisi mesin, namun tampilan interior dan eksterior mobil juga perlu diperhatikan salah satunya yaitu perawatan body mobil. Meskipun tidak berdampak pada peforma mobil, namun tampilan body mobil yang kusam dan pudar tentu saja akan menggangu penampilan mobil anda. Untuk perawatan body mobil sebenarnya dapat anda lakukan di rumah secara rutin, tanpa harus membawanya ke salon mobil. Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil)

ads

Sebelum membahas mengenai perawatan body mobil yang baik dan benar, terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang hal-hal apa saja yang menyebbakan body mobil menjadi kusam, pudar, dan lainnya yang dapat merusak keindahan body mobil anda.

  • Kotoran burung, sebenarnya membersihkan kotoran burung sangat mudah jika kondisinya masih basah. Namun seringkali pemilik kendaraan meremehkan sehingga tidak cepat membersihkannya. Untuk membersihkan kotoran burung yang mengeras tentu harus hati-hati, jika tidak malah membuat bodi mobil tergores.
  • Polutan udara, udara memiliki kandungan beragam zat kimia dalam bentuk gas. Terutama pada lingkungan yang memiliki polusi besar, udara di sekitarnya akan mengandung Asam Nitrat yang tinggi yang mana dapat merusak lapisan cat pada bodi mobil anda.
  • Pemoles mobil, meskipun tujuan untuk mencerahkan cat body mobil anda, namun jika penggunaannya tidak hati hati akan membuat cat terkikis karena kandungan bahan abrasive nya yang tinggi. (baca juga: Cara Merawat Jok Mobil)
  • Garam, kandungan garam yang terdapat di dalam air akan sangat membahayakan karena membuat proses korosi semakin cepat.
  • Sinar UV, terlalu lama dibiarkan terkena sinar matahari terus menerus tentu akan membuat body mobil terlihat pudar dan tidak menarik.

Nah berikut ini ada beberapa cara perawatan body mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah:

1. Hindari Sinar UV Yang Berlebih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sinar matahari (UV) yang berlebih akan berdampak buruk bagi tampilan body mobil anda. Sehingga sebisa mungkin hindari mobil dari sinar matahari (UV) secara berlebihan. Ketika anda ingin memarkirkannya, carilah tempat parkir yang cukup teduh terutama ketika anda ingin memarkirkan mobil cukup lama. Namun ketika anda tidak menemukan parkir yang cukup teduh, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan sarung mobil ataupun penutup mobil lainnya.

2. Gunakan Shampo Khusus 

Saat anda ingin mencuci mobil anda sendiri di rumah, pastikan jika anda menggunakan shampo yang khusus digunakan untuk mobil. Hal ini dikarenakan shampo mobil mempunyai kadar yang memang telah disesuaikan dengan body mobil sehingga dapat merawat cat body mobil lebih baik.

3. Bersihkan Dengan Kain Halus

Tips perawatan body mobil selanjutnya adalah perhatikan alat yang anda gunakan untuk membersihkan bagian body mobil. Gunakan kain halus untuk membersihkan bagian luar mobil, jangan gunakan kain yang kasar. Biasanya sudah tersedia kain yang memang khusus digunakan untuk mengelap mobil, semisal kanibo atau chamois. Jika anda tidak memiliki kedua jenis kain ini, anda dpaat menggunakan kain dengan bahan yang halus dan lembut. Pastikan pula jika kondisi kain bersih dan tidak kotor.

baca juga:

4. Perhatikan Body Mobil Saat Mengelap

Ketika anda mengelap mobil, perhatikan kondisi body mobil anda. Jika kondisi mobil kering, maka anda perlu untuk menyiramnya sebelum akan di lap. Jika anda mengelap body mobil dalam kondisi yang kering, maka tentu saja membuat kondisi body mobil tidak terlihat bersih bahkan dapat meninggalkan bekas goresan-goresan kecil. Hal ini dikarenakan partikel debu yang ada nantinya dapat menggores body mobil. Sehingga penting untuk memberikan pelumas khusus yang memang untuk body mobil saat pengelapan sehingga body mobil terliha lebih bersih. Gunakan teknik pengelapan yang searah jarum jam.

5. Hindari Penggunaan Deterjen atau Sabun Colek

Hindari penggunaaan deterjen ataupun sabun colek untuk mencuci body mobil anda. Mengapa? karena penggunaan deterjen/sabun colek malah akan membuat body mobil menjadi semakin tipis bahkan dapat membuat body mobil menjadi kasar. Selain itu, mencuci menggunakan sabun colek atau deterjen malah membuat warna body mobil menjadi tidak merata serta tidak terlihat bersih.

6. Cuci Mobil Secara Rutin

Penyucian mobil dengan teratur menjadi salah satu cara yang efektif untuk merawat body mobil anda agar tetap terawat dengan baik. Tak harus setiap hari, cukup lakukan seminggu sekali ketika musim kemarau. Namun ketika musim hujan, lakukan hal tersebut lebih sering. Ketika mobil terkena air hujan, jangan membiarkan begitu saja. Langsung siram dengan air bersih dan keringkan ataupun anda juga bisa langsung mencucinya. Air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga membuat body mobil dapat memudar.

baca juga:

7. Lakukan Pencucian Mobil Di Tempat Yang Teduh

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan ketika mencuci mobil adalah tempat yang anda gunakan untuk mencuci. Akan lebih baik jika anda mencuci mobil anda di tempat yang teduh. Mencuci di tempat yang teduh tidak akan membuat air bekas mencuci cepat mengering di body mobil yang akan meninggalkan bekas.

8. Berikan Kit Setelah Mencuci Body Mobil

Perawatan body mobil lainnya dapat anda lakukan setelah mencuci mobil. Anda bisa mencoba untuk menggunakan kit mobil agar tampilan body mobil tetap terlihat mengkilat. Pemberian kit biasanya akan diberikan saat kondisi mobil sudah dilap bersih. Kemudian oleskan kit secara keseluruhan pada body mobil. Pemberian kit ini berfungsi untuk membersihkan kotoran lembut yang masih menempel pada body mobil.

9. Perhatikan Peletakan Kendaraan Di Malam Hari

Perhatikan peletakan mobil anda ketika malam hari. Jangan biarkan mobil anda terpakir di tempat yang terbuka, hal ini dikarenakan air embun yang ada bisa memudarkan warna dari body mobil anda bahkan dapat mengurangi ketahanan dari body mobil anda. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka dapat membuat body mobil mengalami keretakan keretakan kecil yang cukup menganggu.

10. Kompon Body Mobil

Perawatan mobil lainnya yang bisa anda lakukan adalah kompon body mobil. Hal ini dilakukan agar dapat mengkilatkan body mobil anda. Namun ketika anda berencana untuk melakukan kompon mobil, anda hanya diperbolehkan untuk melakukannya di bagian bagian tertentu saja terutama pada bagian yang terdapat kotoran atau goresan.

baca juga:

11. Jangan Menutup Mobil Dalam Kondisi Basah

Jangan membiasakan menutup mobil anda dalam kondisi basah dengan menggunakan sarung mobil. Hal ini akan membuat cat body mobil rusak dikarenakan hawa lembab ketika mobil sedang ditutup. Ketika hal ini sering anda lakukan maka membuat cat mobil menjadi kusam dan akhirnya terlihat kurang mengkilat. Sehingga akan lebih baik untuk mengelap terlebih dahulu sebelum anda akan menutupnya dengan sarung mobil.

12. Lakukan Wax Rutin

Untuk perlindungan tambahan pada body mobil, anda bisa mencoba menggunakan wax (lapisan lilin) untuk melindungi body mobil anda. Tak hanya memberikan shine coating, wax juga dapat melindungi lapisan body mobil dari sinar matahari dan polutan. Setidaknya lakukan waxing 2-3 bulan sekali pada mobil anda.

13. Juahkan Mobil Dari Zat Yang Merusak Body Mobil

Sebisa mungkin jauhkan body mobil anda dari hal-hal yang dapat menimbulkan kerusakan pada body mobil tersebut. Misalnya saja minyak rem, meskipun bagian dari komponen mobil namun jika mengenai body mobil maka akan menimbulkan kerusakan yang menyebabkan cat mobil memudar. Hal ini dikarenakan sifat minyak rem yang panas. Sehingga jika minyak rem tersebut tidak sengaja mengenai mobil, maka anda harus segera menyiramnya dengan air bersih sampa hilang. Dan biarkan mengering sendiri, setelah itu anda bisa mengelapnya.

14. Segera Perbaiki Jika Terdapat Kerusakan

Jika anda menemukan body mobil anda mengelupas ataupun mengalami keretakan, maka anda harus segera memperbaikinya. Jika anda membiarkannya begitu saja akan semakin membahayakan body mobil. Bahkan dapat menyebar ke bagian lainnya. Untuk memperbaikinya, anda bisa melakukan sendiri di rumah ataupun membawanya ke salon mobil.

15. Pengecatan Ulang

Jika kondisi body mobil sudah terlihat kusam, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecatan ulang pada body mobil anda. Namun pastikan jika pengecatan ulang tersebut dilakukan mekanik yang sudah ahli sehingga hasilnya membuat tampilan mobil terlihat lebih menarik lagi.

Nah itu tadi beberapa perawatan body mobil yang bisa anda lakukan, bahkan beberapa diantaranya bisa anda lakukan sendiri di rumah. Body mobil yang baik tentu saja membuat tampilan mobil semakin menarik. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Saturday 12th, August 2017 / 21:22 Oleh :
Kategori : Perawatan