Sponsors Link

6 Cara Merawat Mobil Datsun dengan Mudah

Sponsors Link

Mobil datsun merupakan salah satu mobil dengan jenis city car keluaran dari Nissan yang berasal dari Negara Jepang. Nissan mengeluarkan dua jenis tipe mobil datsun yaitu Datsun Go dan Datsun Go+. Mobil ini cukup populer di pasaran sebagai mobil dengan ukuran kecil yang harga pasarannya cukup terjangkau. Nissan meluncurkan mobil ini pada tahun 2014. Beberapa spesifikasi dari mobil datsun ini antara lain adalah:

ads
  • Mesin yang digunakan menggunakan teknologi inline-three yang mana proses pembakaran nya dikerjakan oleh mesin 3 silinder berjajar lurus dan membentuk garis. Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.2 liter
  • Untuk bagian layout, mobil datsun menggunakan desain dengan letak mesin berada di depan yang merupakan mobil front wheel
  • Mobil datsun menggunakan sistem transmisi manual dengan 5 kecepatan.

Mobil datsun memang dapat anda jadikan pilihan sebagai mobil anda. Namun tentunya sebuah kendaraan apapun bentuknya memerlukan perawatan agar tetap dapat bertahan jangka panjang. Untuk dapat membuat kondisi mobil datsun tentunya memerlukan perawatan yang rutin. Anda dapat melakukan perawatan rutin dengan membawa mobil anda ke bengkel-bengkel resmi terdekat. Akan tetapi hal tersebut tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun sebenarnya anda dapat merawat mobil anda sendiri di rumah. Tentunya dengan merawat sendiri akan membuat biaya perawatan jauh lebih murah. Nah berikut ini ada beberapa cara merawat mobil datsun anda sendiri. (baca juga: Cara Membersihkan Headlamp Mobil)

1. Perawatan Cat Mobil

Perawtan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan merawat cat mobil datsun anda. Cat mobil yang tidak dirawat tentunya akan membuat penampilan mobil anda menjadi tidak menarik. Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat cat mobil datsun anda dengan tepat.

  • Usahakan untuk menghindari meletakkan mobil dari paparan sinar matahari yang berlebih. Sinar matahari mengandung UV yang dapat dengan mudah merusak cat mobil anda. Untuk itu akan lebih baik jika anda meletakkan mobil di tempat yang teduh ataupun menggunakan cover mobil.
  • Pada saat anda akan mengelap bodi mobil, sebaiknya basahi terlebih dahulu lap yang anda gunakan. Jika anda menggunakan lap yang kering tentunya dapat membuat bodi mobil lecet dan tidak bersih.
  • Pada saat mencuci mobil, sebaiknya gunakan shampoo mobil yang memang khusus digunakan untuk mobil. Tentunya shampoo yang khusus untuk mobil memiliki kadar yang memang tepat digunakan untuk mobil sehingga cat mobil anda menjadi lebih awet.
  • Pada saat malam hari, sebaiknya parkir mobil anda di tempat yang tertutup. Menaruh mobil di tempat yang terbuka tentunya membuat embun menempel pada bodi mobil sehingga membuat cat mobil tidak akan bertahan lama. Selain itu, embun yang menempel membuat bodi mobil akan mengalami keretakan-keretakan. (baca juga: Cara Merawat Mobil Avanza)
Sponsors Link

2. Mengganti Oli Secara Rutin

Cara Merawat Mobil Datsun dan juga mobil lainnya yang wajib di waspadai adalah oli mobil. Oli mobil merupakan pelumas mesin yang membuat kerja mobil menjadi maksimal. Sehingga kondisi oli cukup penting untuk diperhatikan. Untuk membuat kerja mobil menjadi maksimal, tentunya oli harus rutin diganti. Pergantian oli mobil harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh kendaraan. Biasanya pergantian oli mobil yang pertama akan lebih singkat dibandingkan dengan pergantian berikutnya. Agar mesin mobil anda tetap bekerja dengan baik tentunya anda tidak boleh terlambat untuk mengganti oli mobil anda.  (baca juga: Cara Menyetel Kopling Mobil)

Untuk mobil datsun sendiri, ukuran penggantian oli mobil adalah setiap 50.000 hingga 10.000 km. Jika lebih dari itu maka akan timbul suara-suara yang dihasilkan dari mesin kendaraan anda. Pada saat mengganti oli pastikan anda juga mengganti filter oli. Hal ini untuk memastikan kondisi oli tetap bersih. Jika filter yang digunakan dalam keadaan kotor tentunya percuma meskipun sudah mengganti oli mesin. Keberadaan oli membuat gesekan-gesekan komponen mesin menjadi berkurang, sehingga komponen mesin tidak akan cepat aus atau rusak. (baca juga: Tips Berkendara Jarak Jauh)

3. Mengecek Kondisi Radiator Secara Rutin

Keberadaan radiator sangat berperan untuk menjaga kondisi mesin agar tetap dingin. Sehingga jika radiator mobil dalam keadaan panas, radiator akan cepat mendinginkan nya. Untuk itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap radiator mobil anda agar tetap dapat bekerja dengan maksimal. Pemeriksaan radiator dapat meliputi pengurasan air radiator, kebocoran, serta penggantian air. Pemeriksaan rutin ini dapat membuat kerja radiator tetap berfungsi sebagai mesin pendingin. Penggantian air radiator paling tepat dilakukan ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 km. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV)

Jangan lupa untuk menggunakan air radiator yang benar-benar bersih. Jangan menggunakan air yang asl karena dapat membuat resiko buruk pada mobil anda. Anda dapat membeli air radiator yang terjual di toko-toko otomotif. Bila kondisi air radiator yang anda gunakan kotor, maka tentunya kotoran yang terdapat pada air tersebut dapat mengendap dan menimbulkan sumbatan pada saluran pendingin di mobil anda. (baca juga: Cara Merawat Kopling Mobil)

4. Pemeriksaan Timing Belt

Timing belt merupakan komponen pada mobil yang memiliki fungsi untuk dapat meneruskan roda-roda gigi yang dihubungkan dengan internal mesin kendaraan. Kondisi timing belt yang rusak dapat anda ketahui dengan adanya tanda jika terdapat suara dengung yang berasal pada saat mesin kendaraan dihidupkan. Jika kondisi timing belt yang rusak dibiarkan saja tentunya akan membuat timing belt putus. Jika timing belt sudah putus tentunya akan membuat kerusakan pada komponen-komponen lainnya. Selain itu kondisi timing belt yang putus dapat membuat suplay listrik yang ada pada akumulator menjadi tidak maksimal. Namun timing belt pada mobil datsun umumnya terbuat dari baja sehingga jarang sekali dapat putus. (baca juga: Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil)

5. Melakukan Tune Up Secara Rutin

Cara lainnya untuk merawat mobil datsun anda adalah dengan melakukan tune up secara rutin. Tune up merupakan proses perawatn mobil secara rutin yang biasanya memang sudah terjadwalkan. Proses tune up ini dapat membantu agar peforma dari kendaraan anda tetap terjaga dan memperpanjang usia pemakaian. Anda dapat melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi terdekat yang dapat membuat kondisi mesin anda tetap awet. Proses tune up meliputi pemeriksaan terhadap komponen-komponen mesin yang vital seperti filter bahan bakar, filter oli, busi, dan lainnya. (baca juga: Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil)

Atau anda juga bisa untuk mencoba menarik gas dengan kuat. Penarikan gas yang kuat ini dapat anda lakukan ketika kendaraan sedang melaju. Hal ini dapat membuat kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran menjadi berkurang. Namun hal ini hanya dapat anda lakukan sesekali saja. (baca juga: Komponen Transmisi Manual Mobil)

Sponsors Link

6. Penggunaan Bahan Bakar Yang Tepat

Perawatan mobil lainnya dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan bakar yang tepat. Gunakan bahan bakar yang memang sudah ditetapkan dari kendaraan tersebut. Dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas tentunya akan membuat mobil anda terjaga peforma nya. Selain itu,belilah bahan bakar kendaraan anda di tempat pengisian bahan bakar yang resmi. Usahakan agar tangki bensin jangan sampai dalam kondisi yang benar-benar kosong. (baca juga: Tips Memilih Amplifier Mobil)

Sebenarnya perawatan mobil datsun, entah itu Datsun Go ataupun Datsun Go+ tidak membutuhkan perawatan yang rumit karena mesin yang dimiliki cukup kecil dan simple. Sehingga tentunya akan memudahkan anda seperti merawat mobil-mobil pada umumnya. Tentunya hal yang tidak boleh terlewatkan dari perawatan ini adalah untuk tetap melumasi mesin kendaraan. Jangan lupa untuk menyemprotkan karburator cleaner pada sistem injeksi agar kerak-kerak yang menempel dapat rontok. Kerak yang menempel ini dapat membuat gangguan-gangguan pada akselerasi kendaraan. Namun jika anda menggunakan bahan bakar pertamax atau pertalite, anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena jenis bahan bakar tersebut tidak akan menimbulkan kerak yang dapat menempel pada sistem injeksi mobil.

Perawatan mobil secara rutin memang perlu anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, usia pemakaian kendaraan lama, menimbulkan rasa aman dan nyaman dalam mengendarai, menghindari kerusakan yang dapat membuat anda malah mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya. Selain itu, perawat mobil yang rutin tentunya akan membuat nilai jual dari mobil tersebut tidak akan terlalu jatuh jika anda ingin menjualnya. Nah itu tadi cara-cara yang tepat untuk merawat mobil datsun anda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 02:53 Oleh :
Kategori : Perawatan