Sponsors Link

19 Cara Merawat Mobil Avanza Sendiri dengan Baik

Sponsors Link

Cara Merawat Mobil Avanza sangat mudah dilakukan, jenis mobil ini tergolong tidak begitu rewel. Mobil avanza merupakan salah satu mobil keluaran Toyota yang didapuk menjadi pilihan mobil keluarga. Desain body nya yang modern serta ukuran kabin mobil nya yang cukup luas, akan membuat pengemudi serta penumpang di dalamnya nyaman bepergian kemana pun.

ads

Maka dari itu mobil avanza sangat direkomendasikan bagi anda yang menginginkan mobil keluarga yang nyaman. Namun seperti hal nya mobil lainnya,  mobil avanza memiliki beberapa kekurangan yang pastinya sering dihadapi bagi anda yang memiliki mobil ini. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobil avanza.

  • Aki mobil avanza seringkali mengalami kekurangan tenaga atau yang sering dikenal dengan sebutan aki tekor. Aki tekor biasanya terjadi pada perangkat elektronik seperti wiper, audio, serta komponen pendinginan di dalam kabin mobil. Tanda-tanda yang dapat anda lihat bila aki sedang dalam keadaan tekor adalah mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan. Ketika akan dinyalakan, aki akan mengalami kenaikan suhu yang cepat.
  • Tutup samping bagian foglamp pada avanza terutama pada varian avanza G serta E gampang sekali terlepas. Sehingga apabila mengamali kehilangan tentunya akan sangat merugikan anda. Komponen mobil ini berharga hingga 50 ribu rupiah. Jika komponen ini hilang maka tentunya akan mengganggu tampilan dari mobil avanza ini. Hal ini terkadang dikarenakan pengait tutup foglmap pada avanza seri G dan E tidak terlalu tebal.
  • Toyota avanza memiliki beberapa tanda yang unik berkaitan dengan velg dan ban kendaraan tersebutyang menonjol keluar dari bodi mobil terutama yang berada di bagian depan. Kondisi ini akan semakin terlihat pada saat velg dan ban mobil ditukarkan dengan ukuran yang lebih besar
  • Sirip ventilasi bagian pada bagian bawah wiper akan gampang memudar sehingga membuat penampilannya menjadi lapuk dan gampang timbulnya bintik noda-noda putih. Meskipun anda menggosoknya berkali-kali namun tetap saja bintik ini tidak akan menghilang.
  • Selain itu, pada avanza cenderung untuk terlalu empuk pada kecepatan yang rendah serta akan limbung bila digunakan di kecepatan yang tinggi. Masalah ini seringkali dikarenakan lingkaran pegas spiral yang telalu lebar sehingga tidak dapat menyokong bodi serta chock absorber.
  • Mesin mobil kendaraan tiba-tiba bisa mati dengan sendirinya karena kendaraan lama tidak dihidupkan. Bila kondisi itu sudah berulang kali terjadi maka bisa saja penyebabnya terjadi pada kabel-kabel sistem listrik di dalamnya yang kendur atau putus, alternator, sistem pengapian ataupun aki yang bermasalah.
  • Terkadang terdengar suara desis yang berasal dari mesin mobil, hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada komponen mobil anda.
  • Terkadang lampu indikator oli tidak menyala meskipun mesin sudah digunakan berjalan cukup lama. Biasanya ini disebabkan oleh sensor serta katup perangkat di dalamnya nya sedang rusak ataupun saringan oli yang mengalami masalah.
Sponsors Link

  • Mobil avanza seringkali mengalami penuruna tenaga mesin dibandingkan pada saat awal penggunaan. Hal ini biasanya dikarenakan oleh pengaturan desakan bahan bakar yang sedang rusak, penuruna dari kompres silinder, terhalangnya saringan bahan bakar, serta pemasangan timing belt yang kurang pas dan masih banyak penyebab lainnya.

Beberapa kekurangan diatas tentunya akan sangat mengganggu pada saat anda sedang mengendari kendaraan anda. Oleh karena itu, untuk mengurangi resik0-resiko kerusakan yang ada anda tentunya anda harus melakukan perawatan yang efektif untuk mobil avanza anda. Nah berikut ini beberapa cara perawatan mobil avanza yang dapat anda lakukan. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

1. Perawatan mesin mobil avanza

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu kekurangan dari mobil avanza adalah mesin yang sulit dihidupkan terutama pada pagi hari ataupun saat cauca sedang dingin. Tentunya dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap komponen seperti terminal aki yang perlu dibersihkan, mengendur ataupun mengalami penumpukan karat. Hal lainnya yang menyebabkan mesin sulit dihidupkan adalah seperti injektor bahan bakar, kompresi yang terlalu rendah, pengaturan desakan bahan bakar, serta jarak kepala pada sumbu busi terlalu renggang. Tegangan arus yang rendah ataupun aki yang habis. Karena mesin merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menggerakkan kendaraan, tentunya akan menjadi masalah jika mesin mobil anda mengalami kendala seperti diatas. Untuk itu, cara-cara sederhana dibawah ini dapat anda lakukan untuk merawat mobil avanza anda.

  • Setidaknya panasi mesin kendaraan anda 10-15 menit sebelum anda menggunakannya. Hal ini untuk membuat oli mesin dapat bekerja secara maksimal hingga ke celah-celah terkecil.
  • Lakukan pergantian oli mesin secara teratur dan pastikan gunakan oli mesin yang berkualitas. Oli merupakan faktor terpenting yang akan mempengaruhi umur dari mesin mobil anda. Menggunakan oli yang berkualitas akan membantu memperpanjang mesin mobil anda.
  • Jangan lupa untuk membersihkan filter udara secara rutin karena bila anda jarang membersihkan maka akan ada gumpalan kotoran di saringan udara anda yang akan menyebabkan peforma mesin menjadi berkurang. Bila terdapat kooran yang ikut terhisap ke dalam mesin maka akan membuat mesin mobil anda menjadi cepat rusak.
  • Perawatan aki mesin juga sangat penting karena aki merupakan komponen yang memiliki fungsi penting bagi kendaraan anda. Tentunya dengan tidak ada aki, mobil anda tidak akan dapat berjalan. Untuk merawat aki mobil anda hanya perlu membersihkan dan mengecek kondisi aki secara rutin. (baca juga: Cara Merawat Aki Mobil)
  • Selain itu,masalah mesin susah untuk dihidupkan juga dapat terjadi karena mesin terlalu panas dan dipakai terus menerus sehingga menyebabkan mesin mobil mati. Sehingga anda perlu memastikan kondisi dari injektor yang kotor, persoalan choke, serta kompresi silinder yang rendah.
  • Bagian radiator juga perlu diperhatikan, karena radiator mobil berfungsi untuk mendinginkan mobil anda. Periksa secara rutin air radiator agar menghindari resiko mesin mobil yang terlalu panas (overheating). Pada saat anda melakukan pengisian cairan pada radiator, sesuaikan volume diantara full dan low.

2. Pergantian secara berkala

Berikut ini beberapa komponen yang perlu mengalami pergantian secara berkala pada mobil avanza.

  • Sistem bahan bakar setiap telah menempuh 1000 km setiap bulan.
  • Oli mesin (API SL) 10.6
  • Timing belt tipe EJ-VE 95.60
  • Saringan pada oli mesin
  • Pendingin mesin atau coolant
  • Sistem pengapian pada mesin kendaraan
  • Oli transmisi manual
  • Oli roda gigi differential
  • Minyak rem mobil
  • Saringan bahan bakar yang ada di dalam tangki
  • Untuk baterai, lakukan perawatan secara rutin. Setidaknya anda melakukan pengecekan rutin cairan asam pada accumulateur mobil anda. Jika mobil anda menggunakan jenis baterai basa, tentunya ini akan sangat merepotkan anda dalam perawatan. Namun mobil yang menggunakan baterai basah akan lebih teliti dibandingkan dengan aki kering.

3. Membersihkan bagian eksterior dan interior mobil

Tentunya setiap mobil apapun perlu dilakukan pembersihan rutin pada bagian eksterior nya. Membersihkan bagian eksterior secara rutin dapat membuat kendaraan anda terlihat bersih dan menarik. Perawatan yang dilakukan cukup mudah, anda hanya perlu mencuci mobil secara rutin sekali dalam seminggu. Anda dapat mencuci sendiri mobil anda di rumah, gunakan busa atau kain dengan bahan microfiber agar permukaan bodi mobil anda tidak tergores. Sebaiknya sebelum mencuci mobil, pastikan kondisi mobil anda dalam keadaan yang dingin. Mencuci mobil dalam keadaan yang panas akan membuat timbulnya bercak-bercak yang pada saat selesai mencuci. Jangan lupa untuk mengganti ban luar mobil anda setelah berkendara 50.000 km atau batas maksimalnya sekitar 80.000 km. Bila ban yang sudah aus dibiarkan terus menerus maka akan sangat membahayakan bagi pengemudi kendaraan. Cek rutin pula volume angin ban jangan terlalu tinggi ataupun rendah.

Sponsors Link

Selain bagian eksterior, bagian dalam mobil juga perlu dibersihkan. Untuk membersihkan bagian dalam mobil, tentunya akan sangat susah jika anda tidak menggunakan alat. Anda dapat membersihkan interior mobil dengan menggunakan vacuum cleaner mungil sehingga kotoran-kotoran yang letaknya di sudut atau dibagian yang susah dibersihkan dapat bersih dengan maksimal. Jika ada sisa-sisa debu yang masih menempel, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang dicelupkan dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu barulah lap kering dengan menggunakan kain kering. Pastikan kondisi bagian dalam mobil anda benar-benar kering setelah dibersihkan agar komponen di bagain interior mobil tidak berjamur. Sebaiknya biarkan mobil mengering sendiri dengan meletakkannya di tempat yang agak teduh. (baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 13th, February 2017 / 03:57 Oleh :
Kategori : Perawatan