Sponsors Link

10 Cara Merawat Mesin Mobil Matic Yang Benar

Sponsors Link

Cara Merawat Mesin Mobil Matic  memang sedikit berbeda dengan mesin manual, terutama bagi mobil yang jarang di pakai. Untuk saat ini mobil yang bermesin matic memang sudah banyak yang menggunakan dan juga memang nyaman di gunakan terutama di jalan yang macet. Maka dari itu anda sebagai pemilik kendaraan matic harus mengetahui bagaimana cara untuk merawat mesin mobil matic anda.

ads

Apabila mobil matic mobil anda mengalami kerusakan pada mesin nya atau mobil mogok maka anda sendiri yang nanti nya akan mengalami kesulitan. Berbeda mobil yang masih menggunakan mesin yang manual, apabila mengalami setir mati maka mesin mobil bisa hidup kembali dengan cara di dorong 2-5 meter jika berada di jalanan yang datar dan cukup 1 -2 meter jika di jalan turunan, sangat berbeda dengan mobil yang sudah bermesin matic, apabila sudah mogok sulit untuk di perbaiki.

Selain mogok maka masih banyak hal – hal yang jika mobil matic anda rusak membuat anda sangat repot. Maka dari itu anda sebagai milik mobil matic bisa menghindari atau memperkecil terjadi nya kerusakan nantinya. Maka anda bisa merawat mesin mobil matic anda dengan beberapa tips yang akan di jelaskan di bawah ini, Cara Merawat Mesin Mobil :

1. Oli Transmisi

Sebagai Pemilik mobil matic maka jangan pernah abaikan untuk mengecek oli transmisi pada mobil anda. Di dalam mobil matic oli transmisi memang sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil dan kesehatan pada transmisi automatic  nya. Maka dari itu anda memang harus rajin mengecek dan mengontrol oli transmisi mobil matic anda. Apabila warna oli transmisi mobil anda merah maka itu tanda nya oli transmisi mobil anda masih bagus, akan tetapi jika warna oli transmisi nya sudah hitam dan tercium seperti bau ke bakar maka anda harus berhati – hati karena mobil anda pasti mengalami masalah dan anda harus mengganti oli transmisi nya.

Anda bisa mengecek atau mengontrol oli transmisi mobil anda jika anda menggunakan mobil dan menempuh jarak 5.000 km. Untuk penggantian oli transmisi usahakan sama dengan seperti anda mengganti oli mesin mobil anda.

2. Filter Oli

Mobil matic juga harus rutin untuk mengganti filter Oli nya. Karena selain oli yang di cek dan di ganti maka selain oli yang bisa berkaitan dengan transmisi otomatis mobil dengan langsung adalah filter oli. Maka anda harus memperhatikan kendaraan anda, apabila kendaraan anda sudah menempuh jarak sekitar 20.000 km maka anda sebisa mungkin harus mengganti filter oli transmisi mobil anda.

3. Volume Oli

Cek volume oli kendaraan mobil anda secara berkala. Karena apabila anda menghidupkan mesin mobil dan menjalankan mobil maka mesin mobil anda  bisa menimbulkan panas. Panas yang timbul dari mesin mobil anda bisa di sebabkan karena jumlah volume oli yang berada di dalam mesin mobil anda berkurang, Sehingga volume oli mesin mobil anda tidak sesuai dengan kebutuhan mesin yang di gunakan.

4. Air Radiator

Mengecek cairan radiator mobil itu memang sangat penting karena untuk menetralisir hawa panas yang terjadi pada mesin mobil anda. Apabila air radiator mobil anda habis atau kosong maka mesin mobil anda akan rusak, tidak hanya merusakkan mesin mobil anda tetapi juga akan membahayakan anda dan semua yang berada di dalam mobil. Habis nya air radiator mobil anda bisa menyebabkan panas pada mesin mobil anda yang sering di sebut dengan overheat pada bagian mesin mobil.

Sehingga bisa di simpul kan sangat penting nya air radiator untuk mobil anda terhadap keadaan mesin mobil anda. Maka anda sebagai pemilik kendaraan juga harus rutin untuk mengecek air radiator kendaraan anda.

Sponsors Link

5. Filter Karburasi

Anda pasti sering melihat atau bahkan merasakan sendiri kalau mobil susah untuk di hidupkan, hal seperti mobil susah di hidupkan itu bisa jadi karena karburasi mesin mobil anda yang kotor. Maka selain mengganti oli, mengecek air radiator anda juga harus sering – sering membersihkan filter karburasi mesin mobil anda. Untuk membersihkan filter karburasi tidak sulit, anda bisa menggunakan sikat gigi yang sudah bekas atau baru untuk membersihkan kerak – kerak yang menempel dan debu – debu yang menempel pada saringan filter karburasi mobil anda.

Membersihkan filter karburasi memang sangat mudah hanya dengan sikat, tapi jangan sekali – sekali anda menggunakan hairdryer atau jika anda mempunyai compressor apabila anda ingin membersihkan filter karburasi pada mobil anda. Karena jika anda nekat menggunakan ke dua alat tersebut maka lapisan yang berada di filter karburasi mobil anda bisa rusak.

6. Memacu Mobil

Mobil anda jika anda gunakan terlalu sering dan dengan jangka waktu yang lama maka mobil anda akan timbul kerang yang menempel di beberapa mesin mobil anda. Maka dari itu anda bisa mengatasi kerak – kerak yang menempel pada mobil anda sangat mudah sekali, anda bisa melakukan cara seperti memacu kendaraan mobil anda dan dengan menginjak pedal gas secara dalam supaya kerak – kerak yang menempel pada bagian mesin mobil bisa keluar dengan melalui knalpot mobil. Keamanan kendaraan mobil anda memang sangat penting, maka dari itu anda juga harus memperhatikannya keamanan dalam mengendarai mobil terutama jika anda akan memacu kendaraan mobil anda sangat cepat.

7. Tanki Bensin

Dari sekian orang yang memiliki kendaraan mobil maka banyak yang kenyataannya tidak pernah memperhatikan tanki bensin yaitu mengisi tanki bensin dengan BBM (Bahan Bakar Minyak) sampai penuh. Hal ini sudah menjadi kebiasaan orang – orang, sehingga pada bagian atas tanki bensin anda jarang sekali terkena cairan sehingga bagian atas tanki bisa menimbulkan kerak – kerak dan kotoran.

Bagi anda perhatikan jika anda ingin mengisi bahan bakar, maka sesekali bahkan usahakan mengisi bahan bakar sampai penuh agar yang bagian tanki atas akan tetap bersih. Karena apabila tanki bensin sudah menimbulkan kerak maka bisa membahayakan kendaraan anda juga, karena kerak – kerak yang timbul di atas tanki bensin mobil anda bisa terbawa ke bagian saluran pembakaran mobil anda.

8. Timing Belt

Semua yang memiliki mobil pasti sudah mengetahui apa itu timing belt dan apa saja fungsi dari timing belt. Timing belt adalah sabuk yang memiliki fungsi meneruskan putaran pada roda – roda gigi mesin mobil yang terhubung dengan bagian internal mesin. Timing belt juga bisa mengalami kerusakan, kerusakan pada timing belt bisa kita ketahui karena timing belt yang rusak akan mengeluarkan suara yang berdengung dan berisik apabila mesin mobil mulai dijalankan.

Kerusakan pada timing belt jika anda diamkan lama maka akan menyebabkan timing belt mobil anda putus. Putusnya timing belt mobil dengan tiba – tiba maka komponen – komponen lain nya yang ada di mobil akan mengalami kerusakan. Selain rusaknya komponen – komponen akibat putus nya timing belt maka suplay listrik yang berada di akumulator juga tidak akan bisa maksimal.

Sponsors Link

9. Tune Up

Selain hal – hal yang telah di jelaskan di atas maka anda juga bisa melakukan tune up secara rutin. Anda bisa melakukannya di bengkel – bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda, Fungsi dari tune ap secara rutin anda lakukan maka mesin mobil anda akan awet. Karena proses yang di lakukan tune up maka kondisi komponen – komponen mobil anda yang langsung berhubungan dengan mesin mobil anda seperti berhubungan dengan busi mobi, filter dan oli mobil akan di cek.

10. Menarik Gas

Lakukan menarik gas mobil anda dengan kuat dan dalam apabila kendaraan mobil anda bisa melaju dan bisa mengurangi kerak – kerak yang berada di ruangan pembakaran, anda bisa melakukan hal ini tidak sering hanya sesekali saja.

Berikut adalah Cara Merawat Mesin Mobil yang anda gunakan. Lakukan cara yang telah di jelaskan di atas guna untuk merawat mesin mobil anda agar awet dan nyaman jika anda gunakan setiap harinya.



Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,




Post Date: Tuesday 29th, November 2016 / 04:01 Oleh :
Kategori : Perawatan