Sponsors Link

22 Cara Mencuci Mobil agar Mengkilap

Sponsors Link

Cara mencuci mobil sangatlah penting dan perlu kehati – hatian. Mobil tidak hanya menjadi kendaraan yang dapat anda gunakan setiap saat, mobil juga perlu dirawat agar peforma mobil tetap dalam keadaan maksimal. Salah satu perawatan yang paling mudah adalah menjaga kebersihan mobil. Walaupun dianggap hal yang terlalu menghabiskan banyak waktu, namun nyatanya mencuci mobil sangat mempengaruhi kinerja mobil anda. (baca juga: Cara Mencuci Mesin Mobil)

ads

Ada 4 tahap cara mencuci mobil yang benar  yaitu :

  • Mencuci bagian dalam (interior)
  • Bagian luar (eksterior)
  • Bagian mesin mobil, dan
  • Bagian ban mobil.

Sebenarnya cara mencuci mobil tidak diperlukan teknik atau cara khusus, bahkan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Namun banyak hal yang harus anda perhatikan mengingat hampir sebagian besar komponen mobil terutama pada bagian bodi mobil menggunakan bahan cat yang merupakan bahan kimia yang cukup sensitif sehingga bila anda salah dalam proses mencuci mobil akan mengakibatkan beberapa kerusakan seperti  seperti baret, warna yang memudar dan masih banyak lainnya. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai cara mencuci mobil yang tepat. (Baca juga: Cara Kerja Kopling Mobil)

1. Mencuci Mobil Bagian Luar (Eksterior)

Berikut langkah-langkah cara mencuci mobil bagian bodi mobil dengan tepat:

  1. Sebelum mencuci bagian luar mobil anda, semprotkan air terlebih dahulu selama beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa klorin ataupun bahan kimia yang lain yang dapat merusak cat bodi mobil anda sehingga dapat menjadi kusam.
  2. Jangan lupa untuk menutup terlebih dahulu bagian jendela dan pintu mobil dengan rapat agar air tidak masuk kedalam mobil.
  3. Semprotkan air pada bodi mobil anda terlebih dahulu untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat. Jangan membersihkan debu dan kotoran sebelum mencuci mobil, hal ini dapat mengakibatkan bodi mobil anda akan tergores.
  4. Gunakan pembersih khusus mobil atau shampo mobil.
  5. Mulailah untuk mencuci mobil dengan menggunakan spon yang sudah diberikan shampo mobil.
  6. Cara mencuci mobil yang benar adalah dengan mengusap spon dari atas hingga ke bagian bawah mobil dengan gerakan memutar. Hal ini dimaksudkan agar bagian mobil yang sudah bersih tidak terkena kotoran lain. Usap perlahan agar tidak merusak cat mobil anda. Namun anda perlu untuk cekatan agar air dan shampo mobil tidak mengering dahulu sebelum proses pembilasan.
  7. Setelah dirasa bersih, bilas mobil dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, keringkan mobil dengan menggunakan lap bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang masih melekat yang dpaat merusak cat bodi mobil anda.
Sponsors Link

Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum dan sesudah mencuci bagian luar mobil anda adalah:

  • Carilah tempat teduh untuk mencuci mobil, hal ini agar mobil terhindar dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan shampo dan air mengering dengan cepat sebelum anda membilasnya.
  • Gunakan shampo mobil yang tepat. Carilah shampo mobil yang memiliki kualitas dengan kandungan pH yang seimbang (pH 7). Selain itu, pastikan shampo mobil yang anda gunakan memiliki daya bersih dan lubrikasi yang tinggi, mengandung whitening agent (zat yang membuat mobil tampak mengkilat), tidak menghilangkan pelindung cat mobil, mengandung water softener, dan lainnya.
  • Jangan menggunakan spon bekas kasur atau jok untuk mencuci mobil karena dapat merusak bodi mobil. Anda dapat menggunakan spon khusus untuk mencuci mobil yang dapat anda temukan di toko-toko.
  • Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan bodi mobil.

Baca juga:

2. Mencuci Mobil Bagian Dalam (Interior)

Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk mencuci bagian interior mobil:

  1. Bila anda ingin membersihkan bagian dalam mobil, usahakan untuk membersihkannya sebelum anda mencuci bagian luar mobil.
  2. Untuk bagian dalam mobil, anda tidak membutuhkan air sebanyak anda membersihkan bagian luar mobil. Anda hanya membutuhkan sedikit air yang tercampur sabun mobil untuk membersihkan bagian dalam mobil. Bagian dalam mobil yang kotor biasanya disebabkan oleh sisa makanan, jejak alas kaki, dan lain-lain.
  3. Jangan menggunakan sabun mobil yang mengandung pemutih untuk membersihkan bagian dalam mobil.
  4. Anda dapat menggunakan spon atau lap untuk membersihkan bagian dalam mobil yang kotor.
  5. Setelah bersih, lap dengan kering menggubakan lap microfiber.
  6. Selama proses membersihkan bagian dalam mobil, sebaiknya biarkan pintu mobil terbuka agar membantu proses pengeringan komponen-komponen dalam mobil

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Mobil

3. Mencuci Bagian Mesin Mobil

Mesin mobil menjadi komponen yang paling penting dan sensitif pada mobil. Ketika anda akan mencucinya diperlukan kehati-hatian dan cara yang tepat agar tidak merusak mesin mobil. Berikut langkah-langkah yang tepat untuk mencuci mobil bagian mesin.

  1. Sebelum mencuci mesin mobil yang perlu anda ingat adalah terdapat beberapa bagian mesin mobil yang tidak boleh terkena air yaitu aki, kabel, dan lain-lainnya. Pastikan bungkus dengan rapi bagian mesin tersebut agar tidak terkena aliran air nantinya. Anda dapat menggunakan kresek atau alumunium foil untuk membungkus bagian elektrik mesin mobil. Selain itu gunakan aliran air yang tidak terlalu kencang pada saat membersihkan bagian mesin mobil
  2. Untuk menghilangkan noda minyak seperti tetesan oli yang melekat pada mesin mobil, anda dapat menggunakan sabun colek ataupun minyak tanah untuk membersihkannya.
  3. Setelah semua bagian mesin telah bersih, bilas dengan menggunakan air bersih lalu lap hingga kering.

baca juga:

Sponsors Link

4. Mencuci Ban Mobil

proses terakhir dari mencuci mobil adalah membersihkan bagian ban mobil. Ban mobil merupakan salah satu bagian mobil yang langsung berinteraksi dengan permukaan jalan atau tanah. Oleh karena itu, bagian ban mobil seringkali mudah terkena kotoran baik debu, tanah, ataupun lumpur. Untuk membersihkannya berikut dibawah ini langkah-langkah cara mencuci mobil bagian ban yang benar.

  1. Sebaiknya jangan membersihkan bagian ban dan kolong mobil bila kondisi mesin masih panas, hal ini akan menimbulkan bercak-bercak air pada bagian velg mobil. Tunggulah mesin hingga dingin terlebih dahulu.
  2. Gunakan pembersih dengan bahan yang lebih kuat pada bagian ban karena bisa mengangkat kotoran-kotoran yang melekat dengan kuat.
  3. Basahi bagian ban mobil dengan air. Kemudian cuci bagian mobil mulai dari roda, ve;g, sparkboard, kaki kaki mobil dan bagian bawah lainnya yang dapat anda jangkau.
  4. Anda dapat menggunakan sikat dengan model bersabut untuk kotoran kotoran yang susah untuk dibersihkan.
  5. Setelah semua bagian telah bersih, bilas menggunakan air bersih.
  6. Kemudian keringkan menggunakan kain kering dan bersih. Jangan menggunakan kain yang sama dengan kain yang anda gunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil.

Perawatan Mobil

Setelah anda mencuci mobil anda, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan setelah mencuci mobil untuk merawat mobil anda agar tetap dalam tampilan yang baik dan kinerjanya yang maksimal:

  • Setelah selesai mencuci mobil, anda dapat menggunakan polish agar mobil anda tampak seperti baru dan mengkilap. Sehingga dapat lebih memperindah tampilan luar mobil anda.
  • Anda juga dapat menggunakan pelapis cat berjenis silikon untuk menjaga warna cat mobil anda agar tidak memudar. Fungsi pelindung cat mobil ini dapat mencegah debu dan kotoran agar tidak menempel pada bodi mobil.
  • Gunakan rainX atau sejenis cairan yang bersifat anti air yang dapat anda gunakan pada kaca depan mobil anda. Fungsi cairan ini dapat melindungi kaca depan mobil anda sehingga penglihatan anda ke jalanan tidak terganggu. Anda dapat memakaikan nya beberapa bulan sekali terutama bila sering terkena gesekan wiper.
  • hilangkan bagian-bagian mobil yang terkena karat. Anda dapat menggunakan cairan penghancur karat. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang terkena karat kemudian oleskan anti karat dan tunggu hingga mengering.
  • Bila setelah mencuci anda merasa masih ada partikel yang menempel pada bodi mobil, anda dapat menggunakan clay bar untuk membersihkan mobil anda.

Nah itu tadi langkah-langkah cara mencuci mobil dengan tepat dan benar. Sangat mudah bukan? hanya saja perlu beberapa kehati-hatian pada komponen-komponen penting. Bila anda tidak memiliki banyak waktu, anda dapat mencuci mobil anda di salon-salon mobil. Disana mobil anda akan dibersihkan langsung dengan profesional sehingga hasilnya akan terjamin. Semoga informasi di atas dapat membantu anda. Selamat mencoba.


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 04:04 Oleh :
Kategori : Perawatan