Sponsors Link

8 Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil yang Rusak dan Lemah

Sponsors Link

Mobil anda pasti ada yang menggunakan aki kering dan ada juga yang menggunakan aki basah. Maka dari itu anda sebagai pemilik kendaraan harus berhati – hati dalam perawatan, karena apabila aki anda rusak maka kendaraan mobil anda sudah tidak berfungsi lagi. Maka apabila anda bisa memperbaiki aki kering mobil sangat berguna jika suatu saat nanti aki mobil anda mengalami kerusakan. Untuk membeli harga aki untuk kendaraan itu sangat mahal, Apalagi aki mobil pasti harga nya lebih mahal di bandingkan harga aki kendaraan sepeda motor.

ads

Untuk saat ini yang telah terkenal dengan maju nya teknologi terutama pada teknologi otomotif yang juga sangat mengikuti perkembangan jaman sehingga mayoritas dari masyarakat yang ada di indonesia, mobil itu sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat primer guna untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Dunia otomotif yang ikut maju maka mereka menawarkan mobil yang telah di lengkapi dengan alat – alat elektronik lainnya guna untuk mendukung tingkat kenyamanan bagi semuanya. Seperti di beri pelengkap TV, Sound sistem, lampu emergency dan lain sebagainya yang juga membutuhkan energi listrik yang di peroleh dari aki. Aki kering sudah menjadi pilihan para pecinta mobil untuk memberikan sumber listrik bagi alat – alat elektronik yang berada di dalam mobil.

(Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

Bagaimana cara memperbaiki aki dengan alat – alat yang sederhana dan pasti nya juga mudah untuk anda dapatkan. Maka perhatikan dan simak cara seperti yang akan di jelaskan di bawah.

Jika anda ingin memperbaiki aki mobil anda maka anda harus siapkan alat – alat dan bahan yang akan di gunakan agar proses nya cepat. Maka siapkan bahannya seperti :

  • Air aki
  • Obeng
  • Lem Plastik
  • Jarum Suntik dan
  • Kain

Apabila anda sudah menyiapkan alat yang telah di sebutkan diatas maka langkah – langkah untuk memperbaiki aki akan kami jelaskan.

1. Mengeluarkan Aki

Keluarkan atau lepaskan aki mobil anda dari obil anda agar lebih mudah untuk memperbaikinya, pada dasarnya aki berada di dalam kap depan mobil anda. Berada di dasar lantai mobil anda atau tempat lainnya, karena setiap mobil juga punya penataan masing – masing. Maka bersihkan kotoran seperti debu – debu atau kerak yang sudah lama menempel pada bagian aki mobil ada, dalam pembersihan nya kalau bisa jangan hanya menggunakan kain lap, tetapi lebih mudah nya anda menggunakan air yang hanyat agar proses pembersihan nya lebih cepat selesai.

2. Membuka Cover

Apabila anda sudah selesai membersihkan bagian luar aki mobil anda maka anda bisa membuka cover aki mobil anda dengan menggunakan obeng, anda bisa gunakan obeng (-) dengan cara yang kuat dan hati – hati agar tidak menambah kerusakan pada aki mobil anda karena tutup cover melekat dengan kuat.

3. Tutup Kecil

Apabila anda sudah berhasil membuka tutup aki mobil anda dengan obeng (-) maka selanjutnya adalah mencari tutup kecil di dalam bagian aki yang terbuat dari karet bulat berbentuk bulat, dalam aki biasanya terdapat 3 buah tutup dan jika untuk aki yang ukurannya lebih besar dengan memiliki ampere yang besar.

4. Air Aki 

Air aki yang tadi sudah di siapkan maka akan di gunakan untuk aki kering mobil anda. yaitu dengan cara di suntikkan air aki ke dalam setiap lubang aki mobil anda dengan perlahan – perlahan dan pengisiannya jangan sampai terlalu penuh, di perkirakan ada jarak 1 cm dari tutup lubang aki.

Sponsors Link

5. Tutup Cover

Apabila anda sudah selesai mengisi air aki ke dalam lubang – lubang aki mobil anda maka tutuplah kembali cover yang berada di atas aki mobil anda dengan rapi agar terhindar dari bocoran dan rembesan nantinya.

6. Lem Plastik

Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil bisa dilakukan dengan lem plastik. Apabila anda masih meragukan apakah tutup aki anda sudah benar – benar rapi dan tidak akan mengalami kebocoran atau rembesan nantinya maka anda bisa menggunakan lem plastik untuk lebih kencang dalam penutup nya.

7. Penghubungan Aki

Setelah cara – cara di atas sudah anda lakukan maka yang terakhir adalah melakukan proses pengisian atau charger aki dengan menghubungkan aki mobil anda dengan aki mobil lain nya yang masih hidup. Selain dengan di charger maka anda juga bisa melakukannya dengan trafo cas.

8. Pastikan Mesin Terus di Panaskan Tiap Hari

Salah satu penyebab aki soak adalah tidak pernah memanaskan mesin dalam jangka waktu tertentu, terutama lebih dari satu minggu. Pastikan anda memanaskan mesin mobil sekitar 5-10 menit setiap harinya.

Kelebihan dan Kekurangan aki kering mobil

Sudah di jelaskan bagaimana cara memperbaiki aki kering mobil. Jadi untuk anda yang memiliki kendaraan roda empat jika memilih aki mobil maka berikut akan kami jelaskan tentang kelebihan yang di miliki oleh aki kering.

  • Kelebihan Aki kering

Baterai atau yang sering di sebut aki kering ini, memiliki jenis yang tidak memerlukan cairan elektrolit untuk merendam sel – sel yang berada di aki atau baterai. Nah kenapa aki kering atau baterai kering ini tidak memerlukan cairan elektrolit untuk merendam sel karena baterai jenis ini hanya menggunakan semacam gel saja. Gel yang di gunakan untuk aki ini menghasilkan penguapan yang  jumlah nya sangat minim sehingga jel ini kuantitasnya hampir tidak berkurang dari level normal.

Gel yang berada di aki bisa berkurang tetapi dengan waktu yang lama, Gel bisa berkurang sekitar 1 – 1,5 tahun. Sehingga baterai kering ini bisa minim kan perawatan kendaraan anda. Perawatan yang di kenal dengan maintenance free battery. Jenis aki kering ini sangat cocok bagi anda jika anda tidak mau di repot kan dengan pengecekan aki atau pengecekan air aki mobil. Untuk harga yang di pasarkan aki kering mobil ini memang lebih mahal karena keawetan dan tidak ribet nya yang di miliki aki kering ini. Memang bisa sampai 50 % lebih mahal di bandingkan harga aki basah pada umum nya.

  • Kekurangan aki kering mobil

Aki kering mobil memang memiliki kelebihan yang membuat pengguna mobil tidak merasa repot. Akan tetapi aki mobil juga memiliki kekurangan, selain harga yang di pasarkan mahal yang bisa mencapai sampai 50 % lebih mahal di banding kan aki basah maka aki mobil ini memiliki kelemahan yang salah satu nya adalah tidak bisa bertahan dengan kondisi suhu yang sangat tinggi karena aki bisa cepat rusak. Sehingga aki kering ini tidak bisa sekuat dengan aki basah yang jika mesin bisa bekerja dnegan maksimal yang suhu di ruangan mesin mengalami peningkatan.

Sponsors Link

Sehingga bisa di simpul kan dari yang sudah di jelaskan oleh Kepala Departemen Quality bahwa kendaraan yang ada pada akhir – akhir ini sudah sering kali menggunakan aki kering, Kenapa bisa seperti itu karena sudah jelas bahwa aki kering ini sudah memiliki banyak kelebihan yang akan di rasakan oleh anda pemilik kendaraan di bandingkan jika anda menggunakan aki basah untuk kendaraan mobil anda.

Aki kering yang memiliki ukuran lebih kecil di bandingkan aki yang basah akan tetapi aki kering ini juga memiliki kemampuan yang sama walaupun dengan ukuran yang basah. Aki kering juga bisa di pasang di segala arah karena bentuk nya yang kecil, akan tetapi jika aki basah tidak bisa di pasang di segala arah karena jika aki basah ini di paksa kan di tempat yang tidak sesuai dengan kapasitas nya maka aki bisa tumpah karena aki basah di dalam nya berupa cairan – cairan.

Bahan dari aki kering adalah dengan menggunakan timah yang mengandung kalsium. Timah kalsium ini tidak menguap tetapi hanya mengeluarkan gas saja karena dalam timah kalsium ini memiliki siraman filter, dan pada bagian yang lain nya memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas saja. Sehingga apabila suatu saat timbul tekanan di dalam aki maka aki kering ini hanya mengeluarkan gas saja. Dan apabila aki kering ini mengalami penguapan air maka uap tersebut akan kembali lagi ke dalam aki. Ini lah jenis aki kering yang tidak memerlukan perawatan untuk menambah cairan seperti aki yang lainnya.



Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Monday 21st, November 2016 / 02:45 Oleh :
Kategori : Perawatan