Sponsors Link

6 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter saat Mesin Panas

Sponsors Link

Mobil terkadang tidak semudah dinyalakan seperti biasanya. Terutama pada mobil yang berusia tua, mobil terkadang tidak bisa dinyalakan. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan ketika akan berkendara. Ada beberapa penyebab mobil tidak bisa di starter ketika mesin panas. (Baca Juga : Cara Merawat Mesin Mobil Manual)

ads

Mobil tidak bisa distarter dapat kita kenali lewat bunyi starter tersebut data dinyalakan:

  • Jika starter berbunyi “cetak-cetek” hal ini biasanya terjadi karena ada kerusakan pada brush atau arang di dinamo starter. Solusi untuk masalah ini adalah tambah atau ganti kabel ke starter dan ground.
  • Starter berbunyi “cetak-cetek” ini juga bisa disebabkan karena aki soak, adanya kerusakan pada solenoid, ataupun arus trigger kurang besar.
  • Jika saat di starter berbunyi “cetak-cetek” namun dinamo starter tidak berputar, maka anda perlu meminjam aki yang masih segar dan nyalakan mesin. Jika mesin bisa hidup.maka kerusakan terjadi pada dinamo alternator nya yang rusak dan perlu diperbaiki ataupun diganti.
  • Jika starter berbunyi normal namun berbunyi “ngek-ngek” dan tidak bisa hidup, maka bisa saja masalah yang terjadi pada platina, koil mati, selang bensin mampet, atau pompa bensin lemah.
  • Jika saat dihidupkan mesin dalam kondisi panas dan dinamo starter lemah, maka kerusakan ini terjadi pada aki di kabel starter sudah lemah yang mengakibatkan resistansi kabel menjadi tinggi.

Kondisi mobil ini memang tidak mengenakan. Terkadang saat mobil tidak bisa menyalakan kita panik dalam menghadapinya. Saat masalah ini terjadi, cobalah untuk tenang, tidak panik dan cek apa penyebab mobil tidak bisa di starter. Sebelum kita mengetahui bagaimana mengatasinya, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebab mobil tidak bisa di starter karena mobil panas. (Baca Juga :Tips Membersihkan Mesin Mobil)

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui apa penyebab mobil tidak bisa di starter :

  1. Ada Masalah pada Aki

Sumber tenaga mobil terletak pada aki. Oleh karena itu, ketika ada masalah dengan aki, mobil tidak bisa distarter dan sulit dinyalakan. Saat mobil tidak bisa dinyalakan, hal pertama yang seharusnya anda cek adalah kondisi akinya, apakah aki nya masih bagus atau tidak, apakah keadaan aki nya bersih atau kotor, dan apakah kabel di aki tersebut ada yang putus atau tidak.

Dalam kondisi kali ini, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan transmisi manual, yaitu dengan mendorongnya dan memasukkan gigi transmisi. Dengan demikian mobil akan hidup. Dengan begini, ketika mesin mobil panas, maka tidak akan sulit distarter. (Baca Juga : Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil)

  1. Ada Kerusakan pada Dinamo Starter

Jika ternyata kondisi aki baik-baik saja, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada dinamo. Penyebab mobil tidak bisa distarter adalah adanya kerusakan pada dinamo. Kerusakan dinamo ini terjadi karena adanya pemakaian yang tidak bisa diterima oleh kondisi mesin, terutama dinamo.

Kerusakan ini ditandai dengan mobil biasanya dapat dinyalakan pada pagi hari, namun saat mesin benar-benar panas, maka mobil sudah tidak bisa distarter lagi. Ketika ini terjadi, maka kerusakan disebabkan oleh dinamo starter. Kerusakan ini biasanya terjadi karena ada masalah pada gulungan, bendix, ataupun arang nya habis.

Jika ingin menyalakan mobil dalam kondisi ini, maka kita harus menunggu hingga temperature suhu mobil menjadi dingin, baru bisa dinyalakan kembali. Namun, agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, segera bawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya.

ads
  1. Koil Bermasalah

Koil memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan listrik ke aki. Jika koil ini panas dan bermasalah, maka dapat berdampak pada mobil yang tidak bisa distarter, karena tegangan listrik yang dihasilkan koil ke aki ini dapat mencapai ribuan volt. Arus listrik ini selanjutnya akan mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

Langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah cobalah untuk memegang koil. Jika panas, maka menandakan adanya gangguan pada koil hingga ke sistem pengapian. Solusinya adalah koil harus diganti dengan platina kondenser.

  1. Komponen Busi Mengalami Masalah

Penyebab mobil tidak bisa distarter ketika mesin panas adalah adanya komponen busi yang mengalami masalah. Biasanya jika busi bermasalah mobil sampai tidak bisa dinyalakan sama sekali. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil haya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Kondisi busi memang sering aus, sehingga harus diganti minimal tiga bulan sekali. Jika mobil digunakan ke luar kota atau dengan jarak tempuh yang jauh, maka pergantian busi ini harus lebih sering lagi.

Mengganti busi mobil ini memiliki fungsi mobil dapat dengan mudah menyala kembali dan mencegah terjadinya busi yang sudah tidak layak namun kita tidak mengeceknya. Hal ini dapat memperparah kondisi mobil. Saat mengganti busi, sesuaikan dengan jenis mobil anda. Karena, setiap mobil menggunakan jenis busi yang berbeda-beda. Sesuaikanlah busi yang akan anda gunakan dengan mobil anda. Besar tahanan kabel busi berbeda-beda, dan ikutilah standar yang biasa digunakan pada merk mobil anda. (Baca Juga : Cara Mengecek Mesin pada Mobil Bekas)

Untuk memperbaikinya, sebaiknya lakukan tune up pada mobil anda di bengkel. Dengan membawa ke bengkel, anda juga dapat mengetahui kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil anda dan apa saja perangkat yang sudah tidak layak. Semakin awal mencari tahu kerusakan pada mobil, akan semakin mudah memperbaikinya.

  1. Ada Masalah pada Injektor Bahan Bakar

Kemungkinan lain yang terjadi saat mobil tidak bisa distarter adalah adanya masalah pada injektor atau aliran bahan bakar. Cek terlebih dahulu kondisi BBM, jika memang sudah habis maka segera isi. Namun, jika ternyata bahan bakar masih mencukupi, periksalah keadaan injektor.  Apakah mengalami masalah, putus, ataukah terlepas.

Injektor atau aliran bahan bakar ini merupakan sebuah sistem di mobil yang merupakan tempat agar bahan bakar tersimpan secara aman. Pada aliran bahan bakar ini juga untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin dan agar bahan bakar terkabutkan dan bercampur dengan udara. Jika terdapat masalah pada injektor, maka akan membuat suplai bahan bakar bermasalah dan berdampak pada mesin yang tidak bisa menyala. (Baca Juga : Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Periksalah sistem aliran BBM. Hal ini karena mungkin aliran bekerja saat mesin dingin dan sayangnya menjadi tidak berjalan pada mesin yang berada dalam kondisi panas. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel.

  1. Ada Kendala pada Kompresi Bahan Bakar

Apa yang terjadi saat mobil anda tidak bisa distarter? Jika ketika anda mencoba menstarter mobil tidak bisa dan kemudian ada percikan api, maka segeralah periksa kompresi bahan bakar di mobil anda.

Kompresi bahan bakar biasanya mengalami masalah karema adanya hambatan aliran bahan bakar yang terlalu rendak. Akibatnya, mobil jadi tidak bisa menyala. Agar dapat kembali menyala, maka perlu dibawa ke bengkel agar segera membaik. (Baca Juga: Mobil Sedan Paling Irit)

Itulah enam masalah yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di starter ketika mesin panas. Lalu, apakah masalah ini harus selalu dibawa ke bengkel? Belum tentu. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika mobil tidak bisa menyala.

Sponsors Link

Apa yang harus Dilakukan Ketika Mobil Tidak Bisa Di starter?

  1. Tarik Selang Bensin dari Tangki

Saat mobil tidak bisa menyala, cobalah anda menyedot bensin dari selang bensin dengan menggunakan mulut. Jika letak selang bensi terlalu pendek, gunakan sedotan. Jika ketika anda sedot terasa ringan, berarti aliran dari tangki lancar. Dalam kondisi ini, anda harus memastikan apakah ada bensin atau tidak di dalam tangki. Jika ada, namun tetap tidak bisa dinyalakan, maka bisa saja filter bensin kotor, sehingga harus dicuci atau bahkan diganti dengan yang baru atau kondisi pompa bensin melemah. Akan tetapi, ketika di sedot terasa berat, maka selang pipa dan tangki bensin perlu di kuras. (Baca Juga :Mobil MPV Paling Irit)

  1. Ganti dengan yang Baru

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa penyebab mobil tidak bisa di starter adalah karena koil, busi, kabel, platina, ataupun aliran bahan bakar. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka perlu diganti koil ataupun kabel nya. Namun, jika kerusakan terjadi pada platina yang rusak maka harus di amplas jika memungkinkan, atau jika sudah sangat rusak, maka harus diganti. (Baca Juga : Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Demikianlah penyebab mobil tidak bisa di starter dalam kondisi mesin panas dan solusinya yang dapat anda lakukan. Jika masih bisa diatasi sendiri, lakukanlah sendiri dan pastikan hati – hati. Namun, ketika masalah mesin tidak bisa menyala ini sangat parah, segera bawa mobil anda ke bengkel agar bisa langsung diperbaiki.

Baca Juga Artikel Menarik ini:



Artikel Lainnya


 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, January 2017 / 06:39 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis