Sponsors Link

8 Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Mesin Panas dan Dingin

Sponsors Link

Penyebab Mobil Susah Distarter, Pernah mengalami mobil susah distarter? Tentu hal ini menjengkelkan bukan? Apalagi jika kondisi Anda sedang tergesa-gesa. Hal ini justru akan menghambat perjalanan Anda. Atau ketika sedang pergi liburan dan mobil tidak bisa dinyalakan. Kejadian seperti ini terkadang merusak liburan Anda. Mobil sulit distarter biasanya pada pagi hari atau ketika mesin panas. Tapi, apa yang menyebabkan mobil sulit dihidupkan? Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai penyebab mobil susah distarter dan cara mengatasinya. (Baca juga: Cara Merawat Mobil Tua)

ads

Ada dua kondisi ketika mobil sulit distarter yaitu, ketika pagi hari dan saat mesin panas. Ketika kita sudah mengetahui dua kondisi ini akan terjadi, maka kita dapat mengantisipasi terjadinya mesin sulit dinyalakan. Melalui artikel ini, kami akan membahasnya secara lengkap.

Saat Mesin Panas

Pada mobil dengan usia yang sudah tua biasanya terjadi kerusakan dan hal-hal yang mengganggu kenyamanan berkendara. Salah satunya adalah gangguan pada mesin yang tidak bisa distarter. Padahal, mesin mobil dalam keadaan panas, baru saja digunakan, bukan dalam kondisi dingin. (Baca juga : Cara Mencuci Mesin Mobil)

Kondisi mobil seperti ini terkadang sulit ditebak. Jika mesin dingin mudah dinyalakan, namun ketika mesin panas sulit distarter. Apa saja yang membuat mobil susah distarter saat mesin panas? Ada beberapa hal penyebabnya.

1. Koil Panas

Koil berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik yang besar untuk sisalurkan ke aki. Tegangan listrik dari aki yang hanya 12 volt dapat mencapai ribuan volt dengan koil ini. Arus listrik yang besar kemudian mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

Bagaimana cara mengetahui kondisi koil kita? Peganglah koil. Jika panas, maka koil harus diganti dengan platina kondenser. Koil yang panas menandakan adanya gangguan pada koil hingga ke sistem pengapian.

2. Busi Bermasalah

Mobil tidak bisa distarter saat mesin panas bisa saja karena busi bermasalah. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil haya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Untuk memperbaikinya, sebaiknya lakukan tune up pada mobil anda di bengkel. Dengan membawa ke bengkel, anda juga dapat mengetahui kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil anda dan apa saja perangkat yang sudah tidak layak. Semakin awal anda mencari tahu kerusakan pada mobil, akan semakin mudah memperbaikinya.

Ganti busi mobil anda agar mobil dapat dengan mudah menyala kembali. Saat mengganti busi sesuaikan dengan jenis mobil anda. Setiap mobil menggunakan jenis busi yang berbeda-beda. Maka, sesuaikanlah busi yang akan anda gunakan dengan mobil anda. Besar tahanan kabel busi berbeda-beda, dan ikutilah standar yang biasa digunakan pada merk mobil anda. (Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas Bermesin Diesel)

ads

3. Masalah pada Aliran Bahan Bakar

Kemungkinan lain yang terjadi saat mobil tidak bisa distarter adalah adanya masalah pada aliran bahan bakar. Aliran bahan bakar ini merupakan sebuah sistem di mobil yang merupakan tempat agar bahan bakar tersimpan secara aman. Pada aliran bahan bakar ini juga untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin dan agar bahan bakar terkabutkan dan bercampur dengan udara.

Periksalah sistem aliran BBM. Hal ini karena mungkin aliran bekerja saat mesin dingin dan sayangnya menjadi tidak berjalan pada mesin yang berada dalam kondisi panas. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel. (Baca Juga: Jenis Oli Mobil)

Saat Mesin Dingin

Di pagi hari hampir semua orang yang memiliki kendaraan sebelum di gunakan untuk bepergian pasti memanasi mesin mobil terlebih dahulu. Tak asing juga jika mobil susah di kendarai saat mesin masih dingin. Kondisi mobil seperti ini terkadang sulit ditebak. Jika mesin dingin mudah dinyalakan, namun ketika mesin mesin sulit distarter. Apa saja yang membuat mobil susah distarter saat mesin panas? Ada beberapa hal penyebabnya.

1. Ada Masalah pada Busi

Busi yang bermasalah biasanya dikarenakan busi kotor, celahnya terlalu rapat maupun longgar. Hal ini dapat menjadi penyebab mobil susah distarter dan akan berpengaruh pada percikan bungan api. Agar mobil dapat dihidupan dengan baik, percikan bunga api dari busi harus besar. Langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengeceknya terlebih dahulu. Anda dapat melepas businya dan lihatlah kondisi busi tersebut.

Apakah kotor atau tidak. Jika kotor, sebaiknya bersihkan busi terlebih dahulu. Sementara untuk mengukur celah busi, apakah terlalu rapat atau renggang dapat menggunakan feeler gauge atau yang lebih dikenal dengan sebutan kaliper cerah ataupun kunci busi. Kaliper celah ini memiliki tingkat ketelitian hingga 0,01 mm. Jika busi sudah tipis atau bahkan habis, maka sebaiknya anda menggati busi mobil anda dengan yang baru. (Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

2. Ada Masalah pada Aki

Jika ketika mobil dihidupkan, tidak mau menyala dan motor starter tidak berputar, maka kemungkinan penyebab mobil susah distarter karena ada masalah pada aki atau tegangan baterai. Jika aki lemah memang berdampak pada mobil yang tidak bisa menyala karena mobil tidak cukup tenaga untuk menghidupkan mesin. Untuk mengecek dan mengukur tegangan baterai atau aki ini bisa menggunakan voltmeter atau multimeter. (Baca juga: Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil)

Lalu, bagaimana mengatasinya? Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menguras aki. Jika Anda ingin menghidupkan mesin mobil maka, mintalah bantuan orang lain untuk mendorongnya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar permasalahan mobil susah distarter karena aki ini dapat diminimalisir, yaitu: Selalulah menjaga kebersihan permukaan aki. Jika permukaan aki terlihat berkerak atau agak kehijauan, baik di terminal positif ataupun negatif, segeralah bersihkan dengan menggunakan air hangat.
Selain itu, Jika mesin mobil tak dapat menyala, maka jangan langsung menyetrum aki.

Hal ini unuk mencegah terjadinya aliran besar saat mobil akan dinyalakan. Selain itu, dapat menjadi kebiasaan jika dilakukan secara terus-menerus. Dan yang terkahir, jika mobil anda jarang digunakan, tapi jangan sampai lupa untuk tetap memanaskan mesin mobil. Mobil yang jarang digunakan dapat mengakibatkan mesin dingin dan sulit distrater ketika hendak digunakan.

3. Ada Masalah pada Karburator

Kemungkinan ketiga yang menjadi penyebab mobil susah distarter di pagi hari adalah adanya masalah pada karburator. Karburator yaitu alat untuk mencampur udara dan bahan bakar pada mesin. Biasanya karburator digunakan dalam mesin kecil pada mobil keluaran lama atau keluaran khusus seperti untuk atok mobil balap.

Mobil yang susah distarter biasanya karena penvampuran berlebihan bahan bakar minyak ke udara atau yang disebut banjir karburator. Cara mengatasinya yang dapat anda lakukan adalah membongkarnya terlebih dahulu kemhdian setel ulang pelampungnya. Supaya lebih mudah memperbaikinya, anda dapat membawa mobil anda ke bengkel ataupun dengan memanggil montirnya ke rumah atau tempat anda berada. (Baca Juga : Tips Memilih Amplifier Mobil)

Sponsors Link

4. Ada Masalah Pada Sensor Suhu Radiator

Sensor suhu atau WTS (Water Temperatur Sensor) dan kerap disebut ECT (Engine Coolap Temperature) berfungsi untuk mendeteksi suhu air radiato pada mesin mobil dan mengirimkan sinyalnya ke ECU.Penyebab mobil susah distarter salah satunya adalah karena ada masalah pada sistem pengatur suhu ini. Jika WTS bermasalah maka secara otomatis mempengaruhi sistem injeksi pada mobil.

Akibatnya, mobil tidak bisa menyala saat distarter. Salah satu caranya, anda mungkin bisa merubah jalur aliran radiator tanpa melewati WTS. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada tipe mobil tertentu dan berhati-hatilah jika anda melakukannya. Jangan sampai malah semakin merusak mobil Anda.

5. Ada Masalah pada Pompa Bensin

Salah satu penyebab mobil susah distarter pada pagi hari adalah karena ada masalah pada pompa bensin. Pompa bensin sangat penting fungsinya pada mobil karena untuk memompa bensin dan tangki menuju karburator. Ketika pomba bensin lemah, maka aliran bensin menjadi tidak lancar dan mobil akan sulit untuk dihidupkan.
Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan tips sederhana ini.

Saat kunci kotak sudah pada posisi menyala tetapi pompa bensin tidak juga berbunyi, cobalah untuk memberikan pukulan ringan. Biasanya dengan cara ini pompa bensin akan menyala kembali. Namun, jika trik ini tidak berhasil, sebaiknya anda segera mengganti pompa bensin. (Baca Juga : Cara Menghemat BBM Mobil)

Ada berbagai hal yang menyebabkan mobil sulit distarter. Namun, selama masih bisa diperbaiki, permasalahan tersebut tentu dapat terpecahkan. Sebelum membawanya ke bengkel, perbaikilah segala sesuatu yang masih bisa di atasi sendiri. Namun, ketika tidak menemukan titik temu, segeralah bawa mobil anda ke bengkel terdekat.



Artikel Lainnya


 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 31st, January 2017 / 03:19 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis