Sponsors Link

4 Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis – Cara Mengatasi dan Merawat

Sponsors Link

Sistem pendingin yang ada di dalam kabin mobil merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di dalam mobil, dengan adanya sistem pendingin tentu saja membuat penumpang yang ada di dalamnya tidak merasa kepanasan selama berada di dalam perjalanan. Apalagi saat kondisi udara semakin panas di musim kemarau, tentu akan sangat sulit rasanya jika sistem pendingin (AC) di dalam kabin mobil tidak bekerja dengan baik. Sehingga sangat penting rasanya untuk memperhatikan kondisi AC mobil secara rutin.

ads

Salah satu komponen di dalam sistem pendingin kabin mobil yang cukup penting adalah freon AC mobil. Freon merupakan cairan yang mana melewati receiver drier agar difilter atau disaring saat terdapat kotoran. Sehingga saat freon ac mobil habis tentu saja akan berdampak pada kerja sistem pendingin kabin mobil. Namun beberapa orang terkadang belum banyak mengetahui tanda-tanda jika freon ac mobil habis, sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Nah berikut ini ciri-ciri dari freon ac mobil yang habis:

  • Meskipun fungsi AC adalah untuk mengeluarkan udara yang dingin, namun ketika freon ac mobil sudah habis maka tentu saja udara yang dikeluarkannya akan berbeda. Udara yang keluar dari lubang fentilatornya tidak akan terasa sejuk dan segar seperti pada umumnya. Jika hal ini terjadi sudah dipastikan jika kondisi freon ac mobil sudah habis. (baca juga: Cara Merawat Power Steering)
  • Ketika saklar AC anda hidupkan dan kompresor AC tidak dapat berputar  seperti biasanya, maka dapat dipastikan jika kondisi freon AC mobil anda sudah habis. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah kondisi freon AC mobil sudah habis atau tidak. (baca juga: Komponen Suspensi Mobil)
  • Cobalah memperhatikan AC mobil anda, saat saklarnya sudah ON tentu kipas AC akan berputar. Namun jika yang yang terjadi sebaliknya, maka dapat dikatakan jika kondisi freon AC mobil memang sudah habis. Namun perlu pengecekan ulang kembali.
  • Extra fan dan kompresor tidak dapat bekerja meskipun kita menyalakan AC mobil.
  • AC terasa panas, bahkan angin yang dikeluarkan tidak memiliki rasa dingin sama sekali.
  • Jika freon ac mobil akan habis, maka akan muncul gelembung-gelembung udara yang berwarna pink di reeiver saat mobil dinyalakan.

Freon AC mobil tentu dapat habis dalam jangka waktu tertentu sehingga tentunya diperlukan pengisian freon ac mobil pada waktunya. Namun apa jadinya jika freon ac mobil cepat habis bahkan sebelum jangka waktunya? tentu saja ini berarti ada kesalahan pada freon ac mobil anda. Lalu apa saja penyebab freon ac cepat habis? Berikut ini penjelasannya.

1. Penggunaan AC Mobil Yang Terlalu Sering

Menggunakan AC mobil terlalu sering tentu saja menyebabkan freon ac mobil menjadi cepat habis. Semakin sering anda menggunakan AC mobil setiap harinya tentu tidak dapat dihindari jika freon ac mobil akan cepat habis. Bagi anda yang menggunakan mobil teratur atau setiap hari, maka jika anda tidak ingin freon ac mobil anda cepat habis akan lebih baik jika anda sesekali mematikan ac dan membuka jendela. Misalnya saja saat di pagi hari atau udara sejuk, akan lebih baik jika menikmati udara di luar tanpa menggunakan ac mobil sejenak. (baca juga: Penyebab Mobil Bergetar)

2. Sering Membuka Jendela Saat Ac Dinyalakan

Penyebab freon ac mobil cepat habis lainnya dapat dikarenakan kebiasaan-kebiasaan buruk saat sedang berkendara. Misalnya saja, anda sering membuka jendela saat mengemudi padahal kondisi AC sedang dinyalakan. Kebiasaan ini akan menyebabkan freon mobil menjadi cepat habis karena kerja sistem pendingin menjadi terganggu.

Untuk mengatasinya maka tentu saja anda harus mengubah kebiasaan buruk tersebut. Jika anda memang ingin membuka jendela mobil di waktu yang lama, maka sebaiknya matikan terlebih dahulu ac mobil anda. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil)

Sponsors Link

3. Kebocoran Pada Sistem Pendingin

Freon AC yang cepat habis biasanya dikarenakan adanya kebocoran pada sistem pendingin moibl. Kebocoran freon yang terlalu kecil, serta hanya terjadi di tekanan -tekanan tertentu semisal 120 psi pada tekanan yang tinggi maka pada tekanan tersebut kemungkinan kebocoran akan berhenti sehingga membuat freon tidak akan habis sama sekali.

Kebocoran ini biasanya sering terjadi pada sel o ring yang terdapat di sambungan sambungan pada piap AC dan seal saft kompresor. Untuk mengatasi hal ini, maka akan lebih baik untuk membawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Jika kebocoran tersebut dibiarkan terus menerus tentu menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Bekas Rental)

ads

4. Radiator Yang Kotor

Debu memang menjadi salah satu penyebab dari masalah yang seringkali terjaid pada mesin kendaraan. Ketika kondisi radiator dan kondensor mobil kotor, tentu saja membuat kinerja keduanya menjadi berkurang. Kotoran kotoran yang ada di dalamnya membuat mesin Ac menjadi berkarat sehingga pembuangan panas tidak akan maksimal. Akibatnya penggunaan freon harus lebih tinggi yang menyebabkan freon ac mobil menjadi cepat habis.

Cara Mengatasi Freon AC Mobil

Setelah anda melakukan perbaikan dan pengecekan pada kinerja beberapa komponen pada AC mobil, kemudian saatnya anda mengisi ulang kembali freon AC mobil anda. Berikut ini cara mengisi ulang freon Ac mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

  • Jika memang diperlukan pengisian ulang, maka terlebih dahulu kosongkan isi freon AC yang ada pada mobil anda.
  • Cara mengosongkannya sangat mudah, anda hany perlu menutup katup manifold gauge dan menghubungkannya pada manifold gauge dengan menggunakan selang merah yang menuju nipel dengan tekanan tinggi. Sedangkan selang biru yang ada pada nipel dengan tekanan rendah dan selang hijau disambungkan menuju pompa vakum. (baca juga: Cara Memperbaiki Wiper Mobil)
  • Bila semuanya telah terpasang, maka buka salah satu katup yang ada pada manifold dan kemudian pompa vakum dihidupkan.
  • Amati ukuran yang ada pada vakum gauge hingga angka menunjuk sekitar 600 mmHg. (baca juga: Cara Memperbaiki CDI Mobil)
  • Buka sisi katup manifold yang lainnya sehingga vacuum dapat bekerja lebih maksimal karena dapat bekerja di kedua sisinya. Kemudian baca kembali angka yang tertera pada vacum gauge dan pastikan jika sistem tersebut telah bebas dari udara, uap, serta air dan angka tertera menunjukkan sekitar 750 mmHg.
  • Kemudian biarkan pompa vakum tetap berjalan hingga selama 30 menit.
  • Setelah itu tutup kembali kedua katup sebelum pompa vacuum dimatikan.
  • Tunggu hingga 15 menit dan perhatikan angka yang ada pada meteran, jika terjadi penurunan maka terdapat kebocoran pada sistem pendingin mobil.

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Tak hanya melakukan pengecekan rutin pada kondisi freon ac mobil anda, penting untuk melakukan perawatan secara rutin dan berkala sehingga membuat kondisi AC tetap dingin dan awet. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan:

  • Secara rutin bersihkan kabin mobil dari debu dan kotoran yang ada, terutama pada bagian karpet yang berada di depan.
  • Tidak mengendarai mobil dengan kondisi jendela yang terbuka lebar, apalagi jika anda menyalakan AC.
  • Jangan merokok di dalam mobil dengan keadaan AC mobil sedang menyala.
  • Jika akan menyalakan mobil, pastikan jika kondisi AC mobil sudah dalam keadaan mati. Tunggu hingga kondisi mesin stabil barulah anda bisa menyalakan AC.
    Sponsors Link

  • Bersihkan kondensor di saat anda mencuci mobil, hal ini dilakukan untuk membuang kotoran dan debu yang menempel di dalam nya yang dapat menyebabkan terjadinya korosi dan kebocoran. (baca juga: Cara Memperbaiki Gardan Mobil)
  • Saat parkir kendaraan, usahakan untuk memilih tempat yang sejuk serta terlindungi dari sinar matahari yang begitu terik. Hal ini membuat kabin mobil tidak terlalu panas yang membuat kerja AC tidak terlalu berat ketika dinyalakan.

Nah itu tadi beberapa penyebab freon ac mobil habis serta bagaimana cara mengatasinya. Tentu saja kondisi freon mobil yang cepat habis tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 13:38 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis