Sponsors Link

15 Penyebab Lampu Mobil Berembun dan Cara Memperbaikinya

Sponsors Link

Penyebab Lampu Mobil Berembun dan cara mengatasinya secara mudah dapat anda ketahui dengan beberapa tahapan simpel. memang sangat Lampu adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat membantu pengemudi untuk menjalankan mobilnya di saat suasana di sekitarnya gelap. Tidak hanya pada malam hari tetapi pada saat cuaca mendung, berkabung atau hujan deras. Lampu sebagai penanda keberadaan mobil anda dijalan agar pengendara lain tahu bahwa ada mobil di depannya.

ads

Tidak adanya mobil akan membuat anda kesulitan melihat jalan dalam keadaan gelap bahkan dapat membahayakan pengemudi lain yang datang dari hadapan anda. Bahkan bisa terjadi kecelakaan karena hanya tidak adanya lampu yang terdapat di mobil anda.

Baca juga :

Walaupun anda memiliki lampu tetapi cahaya yang dihasilkannya kurang juga bisa menyusahkan. Jarak pandang anda saat mengendara akan pendek sehingga anda tidak bisa melihat bahaya atau sesuatu yang ada di depan anda dan anda akan melalui jalanan seperti itu sehari-hari. Apalagi disaat anda sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Salah satu yang kerap anda hadapi adalah lampu mobil anda berembun apalagi disaat musim hujan.

  1. Embun yang terkumpul di lampu mobil anda akan mengganggu kinerja lampu yang bisa membuat cahayanya memudar atau kurang maksimal. (Baca juga : Cara Merawat Mobil Datsun)
  2. Tidak hanya disaat hujan, disaat malam hari yang dingin dan melalui pegunungan yang memiliki suhu rendah bisa juga mnciptakan embun di lampu utama mobil anda. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ertiga)
  3. Saat lampu mobil dinyalakan akan menghasilkan suhu panas di dalam bodi lampu mobil anda. Suhu yang lebih tinggi di dalam dibandingkan suhu di luar lampu menciptakan embun itu sendiri. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Baleno)
  4. Selain itu jika mika lampu mobil anda retak akan menciptakan embun lebih cepat karena arus suhu yang masuk tidak bisa dihalangi. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Alphard)

Penyebab berembun adalah adanya perbedaan suhu yang terjadi antara suhu diluar dan didalam lampu yang menyebabkan terciptanya embun ini.  Biasanya embun pada lampu akan hilang dengan sendirinya ketika suhu sudah normal kembali, tetapi tidak jarang memakan waktu yang lama karena tersumbatnya ventilasi yang ada di rumah lampu yang bisa membuat suhu panas di dalam lampu. Jika hal ini terus dibiarkan akan membuat bohlam lampu mobil berwarna hitam dan tak jarang bohlamnya akan pecah.

Baca juga :

Jika sudah terjadi hal seperti ini anda harus segera membersihkan nya. Jarang yang termudah adalah anda berhenti di daerah yang tidak hujan kemudian anda nyalakan lampu seperti biasa selama beberapa saat. Hal ini akan menghilangkan kumpulan embun di lampu depan mobil anda karena suhu panas yang dihasilkan dan dapat menguapkan embun tersebut. (Baca juga : Cara Membersihkan Injektor)

Teknik ini sebenarnya sangat mudah jika anda meyakini pori-pori di lampu mobil anda. Apakah berfungsi dengan baik. Karena jika tidak akan membuat genangan air yang terjadi karena embun tadi tidak dapat melakukan penguapan sempurna. Jika terjadi tidak ada cara lain selain anda membuka rumah lampu mobil anda. Jika anda kurang meyakini kondisi rumah lampu yang anda miliki. Maka ada dua cara yang bisa anda terapkan dalam menghilangkan embun di lampu mobil anda diataranya:

Sponsors Link

  1. Bukalah kap mesin mobil anda agar anda dapat mencapai bagian belakang lampu mobil anda, tetapi biarkan mesin mobil anda dingin terlebih dahulu dan mengikut suhu ruangan tepat dimana mobil anda berada. (Baca juga : Ciri Ciri Kampas kopling Mobil Habis)
  2. Lakukan pengecekan pada lubang ventilasi udara yang terdapat di rumah lampu pada mobil anda. Pengecekan ini dikhususkan untuk melihat apakah lubang ventilasi pada lampu mobil anda tersumbat oleh kotoran debu yang mungkin luput anda perhatikan untuk dibersihkan. Lubang ventilasi biasanya terdapat dibelakang rumah lampu dan bergantung dari mobil anda masing-masing. (Baca juga :Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi)
  3. Lepaskan lampu sein pada mobil anda. Cara melepasnya diputar searah jarum jam. Hal ini dilakukan agar udara dapat keluar masuk melalui lampu sein mobil anda. Setelah lampu sein terlepas anda bisa ke tahap selanjutnya. (Baca juga : Penyebab Lampu Depan Mobil Mati)
  4. Hal yang anda lakukan berikutnya adalah menyalakan kembali mesin mobil anda agar udara panas tercipta. Untuk membantu juga anda harus menyalakan lampu mobil anda agar udara panas juga tercipta dari dalam dan akan terjadi penguapan pada embun di lampu mobil anda dan udara akan keluar melalui lampu sein. Lakukan selama 20 menit atau dirasa embun sudah hilang. (Baca juga : Tips Berkendara Jarak Jauh)
  5. Setelah semua dilakukan pasang kembali lampu sein anda dan nikmati lampu mobil anda yang sudah tidak berembun lagi. (Baca juga : Cara Menyetel Kopling Mobil)

Jika cara pertama tidak berhasil atau masih sering tercipta embun karena adanya air yang terperangkap pada saat melakukan cara pertama, anda bisa melakukan cara berikut namun harus menggunakan peralatan seperti obeng karena anda akan melakukan cara mekanik untuk melakukannya.

  1. Lepaskan rumah lampu anda secara keseluruhan. Lepaskan juga soket-soket agar rumah lampu bebas secara sepenuhnya. (Baca juga : Cara Memperbaiki Master Rem Mobil)
  2. Lepaskan bohlam pada rumah lampu anda dan siapkan sebuah kayu dengan ukuran jari kelingking orang dewasa yang nantinya akan dimasukkan ke dalam rumah lampu. (Baca juga : Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil)
  3. Ambil kain bersih lalu ikatkan pada kayu yang sudah disiapkan lalu lakukan pengelapan pada bagian lampu yang mengalami pengembunan. Jika sudah basah segera peras kain dan lakukan sampai benar-benar dirasa bersih. Hati-hati saat melakukan pengelapan agar tidak merusak reflektor yang ada pada rumah lampu. Jika terjadi kerusakan maka akan membuat lampu cepat menguning. (Baca juga : Perbedaan Mobil Matic Dan Manual)
  4. Jika perlu gunakan dryer dan lakukan pemanasan melalui lubang lampu agar cepat terjadi pengeringan dan tidak menciptakan embun di kemudian hari. (Baca juga : Perbedaan Mobilio dan BRV)
  5. Jika sudah semua maka anda pasang kembali bohlam dan pasang kembali rumah lampu beserta soketnya di tempat semula. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ertiga)
Sponsors Link

Akan tetapi jika anda sebagai pemilik mobil dan merasa terlalu sering headlamp mobil anda mengalami embun maka anda juga tidak usah bingung bagaimana cara mengatasinya. Anda bisa mengatasi embun tersebut dengan mudah sekali tentunya anda juga bisa menghilangkan embun lampu mobil anda sendiri. Karena ini adalah masalah yang mudah dan sering terjadi pada mobil anda.

Saran untuk anda semua jika terjadi embun seperti ini maka anda bisa memperbaiki atau menghilangkan embun di saat siang hari dan waktu yang sangat mendukung. Dan tentunya anda bisa memastikan untuk suhu udara yang panas dan juga dengan minim kandungan uap air. Anda juga bisa membuka bohlam mobil anda. Selain itu anda juga bisa ambil hairdryer dan memanasi udara dalam lampu dan anda juga harus memperhatikan suhunya jangan terlalu panas karena bisa juga headlamp mobil anda malah rusak.

Dengan ini maka akan menghilangkan uap air yang berada di dalam headlamp mobil anda. Selanjutnya anda bisa memasang kembali bohlam mobil anda dan anda juga harus memastikan bahwa tidak ada celah walaupun hanya kecil yang bisa digunakan untuk keluar masuk udara. Anda juga bisa mengoles dengan silikon di sekitar celah kecil yang bisa dimasuki oleh udara.

Berikut adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki nya jika lampu mobil berembun. Masalah yang sangat kecil tetapi jika anda abaikan akan terjadi masalah yang fatal juga. Mobil adalah komponen utama yang ada pada mobil anda. Anda harus memperhatikan kesehatan mobil anda juga. Terutama jika mobil anda sering di gunakan untuk pergi jauh.

Anda bisa mengikuti tips yang sudah ada di atas, tips yang mudah dan membuahkan hasil yang memuaskan. Selain itu juga akan meminimkan anda untuk mengeluarkan budget. Selamat mencoba semoga tips diatas berhasil anda lakukan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 24th, March 2017 / 04:11 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis