Sponsors Link

5 Ciri Ciri Thermostat Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Thermostat adalah salah satu komponne yang ada di dalam sistem pendingin mobil. Fungsi dari thermostat ini sendiri bekerja beradasarkan pada temperatur air pendingin yang ada. Bila suhu air masih dalam kategori yang rendah, maka thermostta masih dalam kondisi menutup sehingga air pendingin tidak akan dialirkan menuju radiator. Namun jika suhu air pendingin telah naik hingga 80-100 derajat celcius maka tentu saja thermostat akan membuka untuk mengalirkan air pendingin menunju radiator. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Timor)

ads

Dapat dikatakan jika thermostat ini adalah salah satu komponen vital yang harus diperhatikan dengan benar. Mesin pada mobil tentu dapat menghasilkan panas, hingga pada suhu-suhu tertentu. Akan tetapi jika panas sudah berlebihan tentunya menyebabkan masalah lain pada mesin mobil anda. Untuk itu lah sistem pendingin ini ada yang mana menggunakan air sebagai medium untuk menyerap serta memindahkan panas. Sehingga hampir semua mobil tentu membutuhkan thermostat di dalamnya. Berikut ini beberapa fungsi dari thermostat:

  • Menahan air pendingin agar tidak sampai ke radiator untuk mendinginkan, dapat dikatakan jika fungsi thermostat adalah menahan  air pendingin agar hanya bersirkulasi di mesin saja. Ini terjadi saat suhu mesin masih dalam kategori rendah, sehingga nantinya mesin dapat bekerja cepat hingga mencapai temperatur kerja yaitu 80-90 derajat celcius. (baca juga: Cara Merawat Mobil Bekas)
  • Membuka saluran mesin yang menuju radiator sehingga air pendingin bisa bersirkulasi dari mesin menuju radiator. Sehingga air pendingin ini nantinya dapat didinginkan di dalam radiator. Hal ini terjadi ketika mesin mencapai suhu kerja.
  • Mempertahankan suhu temperatur dari cairan pendingin agar tetap dalam batas yang diijinkan. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Bekas Tabrakan)

Lalu dimana sebenarnya thermostat ini dipasang? Thermostat ini berada di saluran air yang keluar dari mesin menuju ke radiator. Thermostat dijalankan oleh wax sealed yang ada di dalam silinder. Wax ini volume nya dapat berubah bila terjadi pengaruh pada suhu atau temperaturnya. Perubahan dari volume wax ini membuat silinder menjadi bergerak. Pergerakannya dapat turun ataupun naik, yang mana nantinya membuat katup dapat membuka atau menutup.

Di dalam thermostat ini pula terdapat jiggle valve yang berfungsi untuk mengalirkan air yang berasal dari sistem pendingin saat penambahan cairan pendingin di dalam sistem pendingin. Dari penjelasan tersebut tentu sangat jelas jika thermostat ini memiliki fungsi yang cukup penting di dalam sebuah kendaraan. Sehingga jika thermostat mengalami kerusakan, tentu saja ini menyebbakan beberapa masalah pada komponen-komponen mobil. Nah berikut ini ciri ciri thermostat mobil rusak. (baca juga:: Cara Menyetel Rem Tangan)

1. Thermostat Terbuka Pada Temperatur Ruang

Ciri ciri thermostat yang rusak adalah saat thermostat sudah terbuka padahal baru mencapai suhu temperatur ruang saja. Atau thermostat terbuka ketika suhu mencapai sekitar 30 derajat celcius. Sehingga membuat air pendingin mengalir di waktu yang tidak tepat. Jika kondisi sudah seperti ini, maka mau tidak mau anda perlu mengganti thermostat mobil anda. (baca juga: Cara Mengatasi Pedal Kopling)

2. Suhu Kerja Mesin Membutuhkan Waktu Yang Lama

Ketika kondisi thermostat rusak, semisal terbuka terus menerus tentu saja hal ini membuat suhu kerja mesin membutuhkan waktu yang cukup lamar agar dapat emncapai temperatur kerjanya. Hal ini dikarenakan thermostat yang terus membuka sehingga membuat air pendingin yang masih dalam kondisi dingin diarahkan menuju radiator yang mana membuat suhu air pendingin akan tetap realtif dingin. (baca juga: Sistem Pengapian Pada Mobil)

3. Thermostat Macet

Yang dimaksud dengan thermostat macet adalah ketika temperatur mesin mencapai 89-90 derajat celcius, thermostat tidak dapat membuka. Kondisi ini akhirnya membuat air di dalam radiator tidak dapt bersirkulasi sehingga menyebabkan kondisi mesin tetap panas. (baca juga: Cara Menyetel Platina Mobil)

Sponsors Link

4. Mesin Mengalami Overheating

Dapat dikatakan ini merupakan ciri ciri yang jelas terlihat ketika thermostat pada mobil mengalami kerusakan. Overheating merupakan kondisi mesin mobil yang mengalami panas berlebih yang menyebabkan mobil macet bahkan mati mendadak. Ada beberapa ciri ciri mesin mobil yang mengalami overheating:

  • Saat mobil sedang berjalan, akan terasa seperti ngelitik yang berkepanjangan terutama saat menggunakannya pada perjalanan yang jauh.
  • Tenaga mesin berkurang saat mesin mobil sudah sangat panas. (baca juga: Cara Memperbaiki Alternator Mobil)
  • Saat overheating, AC mobil dapat menjadi panas. Hal ini dikarenakan terdapat pengaturan otomatis yang mana menyebabkan sistem pendingin terputus agar mesin dapat bekerja tanpa beban. (baca juga: Perbedaan Mobil Agya dan Ayla)
  • Temperatur pada gauge memperlihatkan suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan standar, bahkan hingga mencapai garis merah.
  • Jika kondisi sudah sangat parah, maka oli dapat tercampur dengan air yang membuat oli menjadi kecoklatan.
  • Adanya penurunan peforma mesin kendaraan. (baca juga: Cara Memperbaiki Rem Cakram)
ads

5. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Boros

Ciri ciri thermostat rusak lainnya adalah konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih boros dibandingkan sebelumnya. Mengapa? saat kondisi suhu mesin dalam keadaan rendah, tentu saja konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dibandingkan ketika mesin sudah mencapai suhu kerja.

Jika hal ini terus dibiarkan dan tidak segera diganti, maka tentu saja mmebuat mesin menjadi tidk awet. Hal ini karena sirkulasi dari cairan pendingin lebih cepat yang dapat membuat air belum sempat didingankan di dalam radiator seudah langsung masuk ke dalam mesin kendaraan. Begitu pula air yang belum sampai pada suhu kerja ideal sudah dialirkan menuju radiator. (baca juga: Penyebab Setir Mobil Bergetar)

Cara Mengetes Thermostat

Tak hanya melihat ciri-ciri yang terlihat saja, anda bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui kondisi dari thermostat kendaraan anda apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Nah berikut ini beberapa cara mengetes kondisi dari thermostat:

  • Cobalah untuk melepaskan thermostat dari housing. Setelah itu perika kondisi karet yang ada pada thermostat. Jika kondisi nya terlihat seperti kembung, maka akan lebih bak jika anda segera menggantinya.
  • Pada thermostat yang masih menutup, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan pemanas air. (baca juga: Cara Membersihkan Velg Mobil)
  • Masukkan thermostat mobil ke dalam pemanas air dengan cara digantung dengan menggunakan benang.
  • Panaskan air dan lakukan pengecekan suhu dengan thermometer.
  • Perhatikan saat thermostat terbuka pertama kali serta saat terbuka sepenuhnya, berapakah suhu pada pemanas air tersebut. Jika thermostat sudah mulai terbuka padahal suhu baru mencapai suhu ruang (30 derajat celcius) maka segera ganti thermostat yang anda miliki. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)
  • Jangan lupa mengukur jarak saat thermostat sudah terbuka penuh.

Tips Merawat Thermostat Mobil Agar Lebih Awet

Selain itu diperlukan perawatan rutin secara berkala agar thermostat mobil anda tetap dalam kondisi baik dan awet. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan:

  • Secara berkala, rutin lah melakukan pengurasan dan penggantian pada cairan pendingin di dalam radiator. Apalagi jika sudah menempuh jarak 40.000 km.
  • Pilihlah cairan pendingin khusus radiator yang memiliki formula teruji dan kualitas terbaik sehingga mesin mobil tetap memiliki peforma yang prima. (baca juga: Penyebab Mobil Susah Distarter)
    Sponsors Link

  • Lakukan penggantian tutup radiator setiap 4-5 tahun sekali. Hal ini dikarenakan pada bagian pentuup radiator biasanya terdapat karet seal yang berfungsi untuk merapatkan saat tutup radiator  dipasang agar air yang ada di dalamnya tidak merembes keluar. Jika sampai terjadi kebocoran pada sistem radiator maka tentu saja membuat mesin menjadi overheating. (baca juga: Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)
  • Rutin lah melakukan pengecekan pada kipas pendingin radiator yang mana jika rusak akan berpengaruh pada kondisi mesin yang mudah overheating. (baca juga: Cara Merawat Mobil Avanza)

Nah itu tadi beberapa ciri ciri thermostat yang rusak serta tips bagaimana merawat thermostat agar tetap awet dalam jangka panjang. Jika terjadi kerusakan pada thermostat maka sesegera mungkin untuk menggantinya. Jangan sampai nantinya terjadi kerusakan yang cukup parah yang menyebabkan peforma mobil menjadi berkurang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Friday 11th, August 2017 / 07:02 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis