Sponsors Link

5 Suspensi Mobil Terbaik : Kelebihan dan Kekurangan

Sponsors Link

Sistem suspensi pada mobil tentunya menjadi bagian yang cukup penting di dalam sebuah kendaraan. Sistem suspensi merupakan mekanisme yang diletakkan antara bodi atau rangka mobil dengan roda-roda. Fungsi dari sistem suspensi pada mobil antara lain adalah agar dapat menahan guncangan, getaran, serta kejutan- kejutan yang dirasakan mobil saat berjalan.

ads

Sehingga bila sebuah mobil tidak dilengkapi dengan sistem suspensi, maka tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan selama anda mengendarai mobil. Selain itu, dengan tidak ada suspensi pada mobil maka tentu saja bisa merusak muatan dan tentunya membuat mobil menjadi tidak praktis. Selain berfungsi menahan guncangan, sistem suspensi juga memiliki fungsi lainnya antara lain:

  • Melindungi penumpang di dalam mobil serta barang-barang muatan di dalamnya.
  • Menambah stabilitas kendaraan.
  • Meneruskan gaya getaran serta gaya pengereman yang diakibatkan karena adanya pergesakan dari permukaan jalan dengan roda.
  • Menopang bodi mobil yang ada pada poros-poros serta menjaga hubungan geometris yang berkaitan dengan bodi dan roda. (baca juga: Penyebab Mobil Berasap)

Jika dilihat berdasar cara kerja dari sistem suspensi mobil, suspensi mobil terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Suspensi Mobil Independen

Sistem suspensi ini dapat memungkinkan roda mobil bisa naik dan turun sesuai dengan permukaan jalan namun tidak akan mempengaruhi roda lainnya yang ada di seberangnya. Contoh sistem suspensi independen ini antara lain seperti Strut MacPherson, Multi Link, Double Wishbone, dan lainnya. (baca juga: Cara Membersihkan Velg Mobil)

  • Suspensi Mobil Dependen (Non-Independen)

Sistem suspensi mobil ini menahan roda dengan menggunakan solid axle. Dibandingkan dengan suspensi independen, suspensi dependen ini bentuknya seperti per daun namun lebih kaku dan menyebabkan kurang nyaman ketika berkendara.

Namun kelebihan dari sistem suspensi mobil ini adalah bisa membawa serta menahan beban yang berat. Sehingga banyak diterapkan pada kendaraan komersil seperti truk. Contoh dari sistem suspensi dependen ini adalah per daun. (baca juga: Cara Merawat Mobil Datsun)

  • Suspensi Mobil Semi-Independen

Sistem suspensi ini berada diantara kedua jenis suspensi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pergerdakan roda ketika melewati jalanan yang tidak rata akan sedeikit berpengaruh pada roda yang berada di seberangnya. Hal ini dikarenakan roda kanan dan krii memang tidak tegak terkoneksi namun masih tetap dapat mempengaruhi. Contoh dari sistem suspensi ini adalah Torsion Beam.

Nah berikut ini sistem suspensi mobil terbaik yang sering digunakan pada kendaraan beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Sistem Suspensi Torsion Beam

Jenis suspensi ini memang dikategorikan sebagai sistem suspensi semi-independen dan banyak diterapkan dalam compact car yang menggunakan penggerak roda depan. Biasanya mobil-mobil keluaran Eropa menggunakan sistem suspensi ini pada mobil produksinya.

Kelebihan dari sistem suspensi ini memang tidak rumit serta cukup ringan. Selain itu torsion beam memang dikenal cukup empuk dan harganya pun terbilang ekonomis. Namun sayangnya torsion beam memiliki keterbatasan mengatur chamber. (baca juga: Cara Memperbaiki Cat Mobil)

Sponsors Link

2. Sistem Suspensi Mobil Per Daun

Bentuknya seperti gabungan dari beberapa batangan besi yang cukup lentur dengan susunan yang menumpuk. Kelebihan dari sistem suspensi ini memang dari konstruksinya yang cukup simple. Namun meskipun begitu sistem suspensi mobil ini kokoh serta bisa menahan beban yang cukup berat serta mendistribusikan semua beban muatan dengan merata. Namun sayangnya kekurangan dari sistem suspensi mobil ini memang kurangnya kenyamanan saat berkendara. (baca juga: Fungsi Relay Pada Mobil)

3. Sistem Suspensi Mahcperson Strut

Sistem suspensi ini memang cukup populer digunakan pada mobil-mobil yang ada di Indonesia. Dimensi yang kompak, biaya murah, serta kinerja suspensi yang baik memang menjadi salah satu faktor mengapa pabrikan mobil lebih sering menggunakan sistem suspensi mobil ini.

Namun sayangnya, ketika posisi gerak vertikal bisa merubah posisi camber saat mobil berkendara sehingga bisa menimbulkan resiko body roll, getaran hingga ke rangka, dan lainnya. Sehingga mau tidak mau pabrikan mobil yang menggunakan komponen tambahan yang bisa meredam getaran dan suara yang ditimbulkan.

4. Sistem Suspensi Multilink

Suspensi ini menggunakan beberapa lengan membujur dan lengan lateral, yang mana bisa beraksi ketika menyesuaikan panjang, renggang, serta tekanan yang diterima. Kelebihan dari jenis suspensi mobil ini adalah memiliki fleksibilitas yang baik sehingga bisa menyesuaikan sudut posisi roda dengan jalanan yang dilalui kendaraan. Namun sayangnya sistem nya terbilang cukup rumit dan harganya cukup mahal.

Sponsors Link

5. Sistem Suspensi  Double Wishbone

Sistem suspensi ini bisa dikatakan paling terbaik, hal ini dikarenakan mobil bisa meredam tekanan dengan baik. Selain itu, desain sistem suspensi ini memang bisa menjaga posisi roda sehingga tetap tegak lurus dengan permukaan jalan.

Kelebihan dari sistem suspensi ini adalah kontrol camber yang ideal sehingga membuat pengendara bisa mantap mengendalikan mobil. Namun sistem suspensi ini membutuhkan ruangan yang cukup luas serta harganya juga cukup mahal. (baca juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun)

Nah itu tadi beberapa suspensi mobil terbaik yang biasanya terdapat di dalam mobil berserta kekurangan dan kelebihan. Karena kinerjanhya yang cukup penting, maka pastikan jika sistem suspensi mobil anda dalam keadaan baik. Lakukan perawatan serta pengecekan rutin agar memastikan kondisi suspensi mobil tetap baik.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Thursday 22nd, June 2017 / 08:11 Oleh :
Kategori : Info Mobil