Sponsors Link

10 Perbedaan Mobil Agya dan Ayla – Kelebihan dan Kekurangan

Sponsors Link

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya merupakan dua mobil yang berada di dalam kelas yang sama dengan kategori LCGC (Low Car Green Car). Meksipun dari pabrikan yang berbeda, namun kedua mobil ini memiliki bentuk hingga spesifikasi yang hampir sama. Bahkan kedua mobil ini juga sering dijadikan perbandingan bagi orang-orang yang ingin memilih mobil  kategori LCGC.

ads

Meskipun hampir sama, namun kedua mobil ini memiliki perbedaan yang menjadi keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bagi anda yang kebingungan memilih dari kedua jenis mobil ini, akan lebih baik jika anda mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Nah berikut ini beberapa perbedaan dari mobil agya dan ayla yang perlu anda ketahui. (baca juga: Shockbreaker Paling Empuk)

1. Desain Eksterior Mobil

Meskipun sekilas terlihat sama, namun desain eksterior dari mobil agya dan ayla memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada mobil agya, desain eksterior nya lebih mengedepankan konsep stylish dan elegan dengan desain grill yang minimalis. Toyota Agya lebih memilik desain yang wise. Sedangkan pada Daihatsu Ayla, grill depan mobil tampil lebih dinamis dan kalem yang dipadupadankan dengan headlampnya. (baca juga: Cara Memperbaiki Gardan Mobil)

Pada bagian samping pun, anda juga bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan. Pada agya, terdapat desain side skirt serta list body. Selain itu, anda juga akan melihat adanya minor yang ada di emblem TRD Sportivo (varian tertinggi agya). Sedangkan pada Daihatsu Ayla, list chrome  hanya berada di bagian bawah dari kaca belakang. (baca juga: Cara Memperbaiki Wiper Mobil)

2. Penggunaan Lampu Depan atau Headlamp

Masih dari sisi eksterior, anda akan melihat perbedaan dari penggunaan lampu depan atau headlamp. Pada Toyota Agya, mereka lebih mengandalkan sektor LED dengan menggunakan tipe LED positioning lamp. Sedangkan pada Daihatsu Ayla, menggunakan LED DRL. Meskipun tidak terintegrasi langsung ke dalam headlamp, namun letaknya masih di bumper depan bagian bawah. (baca juga: Jenis-Jenis Mobil Honda Di Indonesia)

3. Spesifikasi Mesin dan Peforma

Pada Agya dan Ayla versi terbaru sebenarnya sama-sama hadir dengan dua pilihan mesin yaitu 3 silinder 1.0L DOHC & 4-silinder. Keduanya sama-sama menggunakan jenis mesin  yang sama pada jenis 1.2 L, namun hal ini berbeda pada jenis mesin 1.0 L. Pada New Ayla mesin 1.0 L tidak mengalami perubahan dan tetap tidak menggunakan teknologi VVT-i atau Variable Valve Timing Intelligent.

Sedangkan pada New Agya mesin 1.0 L, sudah dilengkapi dengan teknologi VVT-i. Teknologi VVT-i ini dapat mempengaruhi kerja mesin. Tak hanya itu saja, teknologi VVT-i pada New Agya bisa mengefisiensi penggunaan bahan bakar hingga 30% serta mengurangi getaran pada mesin. Sehingga membuat peforma Agya lebih besar daripada sebelumnya yaitu 67 PS. (baca juga: Cara Memperbaiki Cat Mobil Sendiri)

4. Konsep Interior

Tak hanya bagian eksteriornya saja, desain interior kedua mobil ini juga memiliki perbedaan yang cukup jelas . Untuk Daihatsu Ayla sendiri, konsep interiornya menggunakan desain yang minimalis dan lebih mengutamakan kenyamanan serta kursi bagian belakang yang bisa dilipat. Sedangkan pada Toyota Agya, menggunakan konsep desain interior yang fungsional dan stylish. Hal ini dapat dilihat dari jok yang nyaman serta bagasi yang cukup luas menjadi keunggulannya.

Sponsors Link

baca juga:

5. Head Unit

Untuk sektor hiburan yang ada di dalam kabin, perbedaan lainnya terlihat pada Head Unit. Tak hanya bentuknya saja yang berbeda, namun fitur-fitur di dalamnya pun juga cukup berbeda. Pada Toyota Agya, Head Unit nya disebut dengan New Advanced Entertaiment yang sudah dilengkapi support Bluetooth. Namun pada Daihatsu Ayla, fitur-fitur tersebut sudah lebih canggih. Tak hanya dilengkapi dengan support bluetooth, namun juga dilengkapi dengan support DVD dan touchscreen. Sedangkan pada Daihatsu Agya hanya dibekali dengan MP3, CD, WMA, AUX serta USB. (baca juga: Cara Membersihkan Kaca Mobil)

ads

6. Headrest dan Seatbelt

Masih di sisi interior, perbedaan lainnya dapat terlihat dari headrest dan seatbelt yang ada di dalam kabin mobil agya dan ayla. Pada Toyota Agya, headrest sudah tersedia di jok belakang bahkan dapat diatur ketinggiannya. Sedangkan pada Daihatsu Ayla hanya tersedia pada sisi kanan dan kiri saja, sehingga penumpang bagian tengah tidak mendapatkannya. Sedangkan untuk fitur seatbelt, pada Agya dilengkapi seaatbelt 3 titik pada semua jok mobil. Sedangkan pada Daihatsu Ayla, pada baris belakang masih menggunakan seatbelt 2 titik. (baca juga: Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai)

7. Handling

Toyota Agya varian TRD S A/T menggunakan velg diameter 144 inci dengan profil ban mobil 175/65. Sedangkan Ayla X A/T menggunakan velg berdiameter 13 inci dengan profil bank 155/80. Jika dilihat secara keseluruhan, sistem handling kedua mobil ini memang mirip satu sama lainnya. Namun gerakan Agya memang lebih presisi dikarenakan tapak ban nya yang mencapai 175 mm.

Sesuai dengan teori yang ada, semakin lebar tapak ban maka akan membuat pergerakan ban tersebut lebih presisi serta handling mobil semakin lebih baik. Namun dengan velg yang lebih besar dan ban yang lebih tipis, sehingga rasio nya sekitar 65% dan tentunya memiliki kenyamanan yang berbeda jika dibandingkan dengan mobil Ayla yang memiliki rasio profil ban sekitar 80%. Sehingga karakter dari pengendalian kedua mobil ini memang cukup berbeda. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Baleno)

8. Fitur Keselamatan

Perbedaan lainnya yang dapat anda lihat adalah pada fitur keselamatan yang diterapkan pada kedua mobil tersebut. Misalnya saja pada fitur keselamatan untuk anak-anak, Daihatsu Ayla kurang terlalu memperhatikan hal ini. Berbeda dengan Toyota Agya, saat ini sudah dilengkapi dengan ISOFIX yang mana mendukung baby seat yang ada di kursi bagian belakang. Selain itu fitur keamanan lainnya seperti Dual SRS Airbags serta Side Impact Beam, meskipun keduanya sama-sama memilikinya. Namun fitur keselamatan tersebut hanya dimiliki oleh toyota Agya pada varian 1.2 TRD. (baca juga: Cara Memperbaiki Master Rem Mobil)

9. Varian dan Warna

Perbedaan lainnya adalah pada varian yang masing-masing mobil ini keluarkan. Daihatsu Ayla mengeluarkan 6 variannya yang dirilis di Indonesia, Sedangkan Toyota Agya sendiri hadir dalam 3 varian. Daihatsu Ayla hadir dalam tipe D, D+, M, M sporty, X, X airbags, dan X Elephant yang masing-masing hadir dalam dua sistem transmisi yaitu AT dan MT. Sedangkan Toyota Agya merilis 3 tipe yaitu E, G, dan TRD S. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Turun Mesin)

Tak hanya itu saja, pilihan warna masing-masing pun juga ada yang berbeda. Jika Daihatsu Ayla hadir dalam 6 pilihan warna seperti classic silver metallic, ultra black solid, light blue metallic, red solid, icy white, dan dark grey metallic. Sedangkan toyota Agya hadir dalam 7 pilihan warna mulai dari black, red, grey metallic, light blue, metallic grey, white, silver metallic. (baca juga: Cara Menyetel Platina Mobil)

Sponsors Link

10. Harga

Perbandingan ini mungkin yang paling banyak dilihat kosnumen saat akan memutuskan jenis mobil apa yang akan dipilih. Meski secara umum memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun harga kedua mobil ini sangat jelas berbeda. Untuk Daihatsu Ayla sendiri pada varian tertingginya ditawarkan pada harga 146.250.000 sedangkan Toyota Agya pada varian tertinggi ditawarkan pada harga 151.900.000. Sedangkan untuk varian termurahnya, Daihatsu Ayla tipe X dijual sekitar 125.250.000 sedangkan untuk Toyota Agya dibanderol dengan harga 134.600.000. Perbedaan yang cukup besar bukan? (baca juga: Cara Memperbaiki Amplifier Mobil)

Nah itu tadi beberapa perbedaaan mobil agya dan ayla terlengkap yang perlu anda ketahui. Meskipun terdapat perbedaan, namun pastinya konsep dari mobil agya dan ayla ini sama, karena sama-sama menggunakan konsep mobil hemat yang ramah terhadap lingkungan. Selain itu persamaan lainnya dari kedua mobil ini adalah pemakaian bahan bakarnya yang cukup hemat. Semua mobil tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.Tinggal anda sendirilah yang menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara anda. Selain itu, pastikan pula jika mobil yang anda pilih sesuai dengan kantong dompet anda. Semoga informasi diatas cukup bermanfaat.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 24th, July 2017 / 12:10 Oleh :
Kategori : Info Mobil