Sponsors Link

5 Mobil Sedan Paling Irit BBM di Indonesia

Sponsors Link

Mobil sedan tampaknya sangat cocok bagi anda yang mobilitasnya berada di dalam kota, apalagi dengan kondisi jalanan yang macet. Bagaimana tidak, pengguna sedan lebih nyaman karena kabin yang luas, sehingga posisi kaki ketika duduk lebih leluasa. Mobil sedan memiliki tenaga yang sangat baik dan kenyataannya mobil sedan paling irit bbm-nya jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

ads

Namun, jangan sembarangan memilih mobil sedan, baik yang baru ataupun yang bekas. Jangan sampai anda salah membeli karena kurang lengkapnya fitur tertentu. Sesuaikan juga dengan kebutuhan anda sebelum membeli. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil sedan. (Baca Juga : Cara Merawat Mobil Baru)

Hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil sedan:

1. Ketahui Kapasitas Mobil

Sedan biasanya mampu menampung maksimal empat orang saja. Namun, pilihlah mobil sedan yang ukurannya lebih lebar sehingga bisa menampung hingga lima orang. Kapasitas ini perlu diperhatikan jika jumlah anggota keluarga anda banyak.

2. Ukuran Mobil

Sedan lazimnya terdapat empat pintu dengan desain bagasi tradisional dengan tiga segmen; kompak, menengah, dan besar.Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu ukuran mana yang cocok untuk anda.

3. Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan berkendara merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Pastikan sluruh fitur berfungsi dengan baik, seperti audio, tempat penyimpanan minum, dan sebagainya.

4. Fitur Keselamatan

Keselamatan berkendara pun perlu diperhatikan. Mobil mewah seperti sedan biasanya dilengkapi fitur keselamatan yang istimewa, seperti airbag di kursi depan, samping, rem ABS, dan pengontrol stabilitas. Cek kualitas dan kontrol kondisinya adalah langkah tepat yang harus anda lakukan sebelum membelinya.

5. Riset Harga

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah mengetahui perbandingan harga mobil sedan. Sedan adalah jenis mobil mewah maka tak heran jika harganya pun beragam dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil lainnya.
Untuk sedan kelas ekonomi berkisar 100 hingga 300 juta. Sedangkan, untuk sedan kelas menengah harganya mulai dari 300 juta sampai 1 miliar rupiah. Sebelum membeli mobil, ukurlah mana yang sesuai dengan budget yang telah anda siapkan untuk membeli mobil. ( Baca JugaMobil MPV Paling Irit)

Lima hal utama tersebut perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil sedan. Ada hal lain juga yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil, yaitu dari segi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Harga BBM akhir-akhir ini cenderung fluktuatif, oleh karena itu, untuk meminimalisir keluarnya budget yang berlebihan, tidak ada salahnya anda mengetahui jenis mobil sedan paling irit BBM. ( Baca Juga: Mobil Matic Paling Irit)

ads
Beragam mobil saat ini dikeluarkan dengan mengedepankan hemat bahan bakar. Semakin hemat akan semakin laris. Lalu, bagaimana dengan sedan? Adakah mobil sedan yang paling irit BBM-nya? Karena, menggunakan mobil sedan membuat Anda ingin terus memacu kencang laju kendaraan Anda.

Jangan khawatir! Keluaran sedan terkini pun sudah mempertimbangkan konsumsi BBM. Dengan kualitas mesin di atas rata-rata, sedan kini mampu menjadi mobil yang irit bbm. Jadi, ada beragam jenis sedang yang irit bbm nya. Nah, berikut ini lima jenis mobil sedan yang irit BBM.

Berikut ini beberapa Mobil Sedan Paling Irit BBM

5. BMW 320D (22 km/ liter)

BMW 320D

BMW 320D

Mobil dengan kualitas premium ini, ternyata merupakan mobil sedan paling irit BBM nya. Konsumsi bahan bakar dengan menggunakan mobil ini 4,5 liter per 100km atau rata-rata 18-22 km/liter. Anda tak perlu khawatir, meskipun sedan ini irit BBM, namun mobil sedan yang irit bbm ini sangat bertenaga.

Mobil ini mampu melesat 0-100km/jam dalam 7,4 detik saja. Tidak hanya sebagai mobil sedan yang irit bbm-nya saja, banyak spesifikasi istimewa yang dimiliki oleh mobil BMW keluaran terbaru ini.

Kelebihan:

  • Mobil BMW 320 D ini sudah menggunakan teknologi yang Twin Power Turbo Diesel. Mesin pada mobil BMW 320D ini bisa menghasilkan tenaga yang maksimum hingga 184 hp untuk putaran sampai 4.000 rpm dan juga menghasilkan torsi yang mencapai puncak 380 Nm pada suatu putaran mesin 1.750-2.750 rpm.
  • Menampilkan teknologi Efficient Dynamics. Di mana mesin didesain dari bahan aluminium ringan, fungsi Auto Start/Stop. Jadi, saat kendaraan berhenti, mesin juga akan berrhenti bekerja untuk menghemat bahan bakar.
  • Dilengkapi dengan beragam teknologi, seperti Electric Power Steering dengan Servotronic, Brake Energy Regeneration.

Dibalik kesempurnaan, tentunya ada beberapa celah yang masih dinilai kurang.

Kekurangan:

  • Kualitas bahan kulit pada kabin tidak terlalu baik.
  • Dashboard masih menggunakan material plastik.

Demikian 5 mobil sedan paling irit yang dapat digunakan di Indonesia. Penggunaan mobil memang sangat tergantung dengan BBM, ketika konsumsi bahan bakar mobil anda hemat, anda tentu dapat mengalokasikan uang anda untuk kebutuhan lainnya, seperti belanja, jalan-jalan, atau yang lainnya.

4. Toyota Camry (21 km/ liter)

Toyota Camry

Keluaran terbaru dari Toyota Camry ini menggunakan teknologi mesin hibrida yang membuat performanya sangat bagus.

Sedan mewah satu ini tak disangka masuk ke dalam daftar mobil sedan yang paling irit. Bila dihitung secara MPG atau mile per gallon, rata-rata konsumsi 28 MPG. Jika digunakan di dalam kota, sedan ini menghabiskan bahan bakar 23 MPG dan 35 di luar perkotaan.

Toyota camry telah diuji coba. Untuk kecepatan rata-rata 23 km/jam di dalam kota hanya membakar 13,1 km/l. Sedangjan, untuk di tol konsumsi BBM 21 km/l. Mesin hibrid yang dikeluarkan sedan ini menunjukan performa yang baik. Sehingga, mobil ini termasuk dalam kategori mobil sedan paling irit.

Kelebihan:

  • Nyaman
  • Performa sangat keren
  • Irit BBM

Kekurangan :

  • Belum dilengkapi fitur-fitur modern, terutama yang menyangkut keselamatan dan kenyamanan
  • Harga terbilang mahal

3. Suzuki Ciaz (20 km/ liter)

Hasil gambar untuk suzuki ciaz

Suzuki Ciaz

Sedan keluaran terbaru Suzuki ini tampil dengan desain yang sporty. Hal ini terlihat dari ruang kabin yang dimiliki Suzuki Ciaz cukup luas, yang akan membuat penumpang lebih nyaman tentunya. Fitur menarik pada interiornya akan lebih memanjakan pengemudi dan penumpang.

Suzuki Ciaz juga merupakan jenis mobil sedan yang paling irit bbm. Konsumsi BBM irit juga dimiliki oleh Suzuki Ciaz. Sedan ini disinyalir memiliki konsumsi data 1 liter untuk 20,7 kilometer berkat teknologi Multi Point Injection yang dimilikinya.

Kelebihan :

  • Karakter desain eksterior elegan, yaitu sporty berkelas.
  • Menghadirkan kenyamanan kelas atas dari kabinnya yang luas dan didesain mewah
  • Mesin Empat Silinder 1.3 Lt Multi Point Injection menciptakan 0erforma berkendara yang handal
  • Harga relatif terjangkau
Sponsors Link

Kekurangan:

  • Sayangnya, mobil ini wajib diisi dengan bahan bakar beroktan tinggi, seperti Pertamax, agar menghasilkan performa yang maksimal.

2. All New Toyota Vios (20 km/ liter)

Hasil gambar untuk ALL NEW TOYOTA VIOS

All New Toyota Vios

Sedan ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda karena sedan ini kerap menjadi incaran bagi para pecinta mobil.
Sedan ini dirancang dengan khusus sehingga menarik minat banyak orang. Alasannya adalah karena Toyota Vios merupakan salah satu sedan yang paling irit BBM, rata-rata 20,2 km/ liter dengan kecepatan konstan 100 km/ jam.

Kelebihan:

  • Menggunakan mesin 1 NZ FE yang membuat mobil ini dapat melaju dengan cepat.
  • Dilengkapi dengan cakram 14 inch di depan dan di belakang sehingga rem Fitur ini akan membuat pengemudi akan lebih aman dalam berkendara.
  • Kenyamanan penumpang nomor 1, karena sedan ini memiliki suspensi mcphersonsturt. Ditambah dengan menggunakan reartosionbeam yang membuat penumpang akan lebih nyaman dengan sedan ini. Suspensi ini membuat penumpang tidak akan merasakan guncangan jika berada di perjalanan.
  • Mobil All New Toyota Vios sangat elegan.

Kekurangan :

  • AC belum menggunakan heater
  • Filter bensin setiap 80.000 kilo harus diganti dan harganya cukup mahal.
  • Ukuran kabin sempit, tidak cocok bagi Anda dengan penumpang yang lebih banyak.

1. Honda City (20 km/ liter)

Hasil gambar untuk honda city

Honda City

Mobil sedan yang satu ini memiliki penampilan yang keren dan elegan sehingga masih tetap eksis hingga saat ini. Selain penampilannya yang stylish, ini juga merupakan mobil sedan paling irit, yaitu hanya menghabis 1 liter setiap 20 km.

Kelebihan :

  • Desain interior mobil membuat nyaman pengendara dan penumpang.
  • Menggunakan Mesin yang responsif
  • Kapasitas kabin luas yangakan menambah kenyamanan anda
  • Suara mesin mobil halus dan stabil di kecepatan tinggi

Kekurangan:

  • Biaya perawatan terbilang mahal
  • Tidak cocok dibawa ke jalan yang berlubang
  • Kursi belakang tidak terlalu nyaman karena terlalu tegak
  • Tidak ada indikator panel waktu di dashboard


Artikel Lainnya



Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 27th, January 2017 / 05:01 Oleh :
Kategori : Info Mobil