Sponsors Link

6 Mobil MPV Paling Irit BBM di Indonesia

Sponsors Link

Mobil MPV Paling Irit merupakan salah satu jenis mobil yang paling diminati saat ini. Penjualannya pun masih dikatakan cukup stabil di Indonesia. MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle yang biasa disebut juga sebagai mobil Minivan. Mobil MPV memiliki kenyamanan handling serta didesain dengan interior yang maksimum. Biasanya sebagian besar jenis mobil MPV digunakan untuk kepentingan badan usaha dan perkantoran, namun terkadang mobil MPV juga dapat dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga karena dapat menampung banyak penumpang di dalamnya. (Baca juga: Perawatan AC Mobil)

ads

Dalam pembelian mobil jenis apapun termasuk MPV, pasti kebanyakan pembeli akan mempertimbangkan mobil yang dapat menghemat pemakaian bahan bakar. Karena bila mobil tersebut boros bahan bakar tentunya akan meningkatkan pengeluaran terhadap bahan bakar. Bagi anda yang tertarik membeli mobil MPV yang irit bahan bakar. Berikut beberapa daftar mobil MPV yang direkomendasikan. (Baca juga: Mobil Matic Paling Irit)

Pengenalan Singkat Mobil MPV

Sebelum membahas mobil MPV mana saja yang hemat dalam pemakaian bahan bakar. Ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis mobil MPV. Pada dasarnya mobil MPV dibagi ke dalam tiga golongan antara lain adalah:

  • Low MPV, jenis MPV ini memiliki spesifikasi mesin berkubikasi dibawah 1500 cc
  • Medium MPV, jenis MPV ini memiliki mesin yang berkapasitas 1.500-1.800 cc
  • Upper MPV, jenis ini menggunakan kapasitas silinder pada mesin lebih dari 1.800 cc

Sekedar informasi bahwa semakin besar kubikasi mesin pad amobil MPV maka tentu saja harga mobil tersebut akan semakin mahal. Banyak orang yang memilih mobil low MPV karena penggunaan bahan bakar nya yang irit dan mesin mobil yang terbilang kecil juga. (baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

Berikut akan kami jelaskan dari beberapa mobil MPV paling irit yang mengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang masih bisa dikatakan irit :

6. Mobil Daihatsu Xenia (13km/liter)

Mobil Daihatsu XeniaMobil MPV paling irit dalam pengunaan bahan bakar lainnya adalah Daihatsu Xenia. New Xenia saat ini menghadirkan dua pilihan mesin yaitu 1,0 liter dan 1,3 liter. Mesin yang berkapasitas 1,0 liter terdapat mobil Xenia tipe D dan tipe M.

Mengusung mesin berkubikasi 989 cc dan telah didukung dengan teknologi EJ-VE DOHC VVT-i 3 silinder dan 16 katup membuat mesin mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 63 PS pada 5.600 rpm. Untuk torsi maksimum dapat mencapai hingga 9,2 Nm pada perputaran mesin 3.600 rpm. Dengan bawaan mesin seperti itu Daihatsu Xenia sangat cocok digunakan bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Untuk mesin berteknologi 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i tertanam pada mobil Xenia tipe X dan R yang memiliki kubikasi mesin yang lebih besar sekitar 1329 cc. Mesin mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 97 PS pada perputaran 6000 rpm dan torsi maksimum sebesar 12,3 Nm pada perputaran 4200 rpm.

Untuk pemakaian bahan bakar, New Xenia dapat dikategorikan sebagai kendaraan yang hemat bahan bakar, mobil ini dapat digunakan pada jarak 13 kilometer di luar perkotaan dan 9,15 km didalam perkotaan hanya dengan 1 liter bahan bakar. Untuk masalah harga, mobil ini di banderol dengan kisaran harga 155 juta rupiah.

Nah itu tadi beberapa mobil MPV pilihan yang memiliki efisiensi penghematan bahan bakar. Semoga rekomendasi pilihan mobil MPV diatas dapat membantu anda menemukan mobil idaman anda.

5. Mobil Toyota Avanza (13km/liter)

Mobil Toyota AvanzaMobil MPV paling irit terbaik mungkin tepat bila disematkan kepada Toyota Avanza. Mobil “sejuta umat” ini begitu laris di pasaran karena mesin yang cukup bertenaga dan irit dalam pemakaian bahan bakar. Hal ini dikarenakan mesin mobil nya dilengkapi dengan teknologi mesin terbaik Dual VVT-i.

Toyota Avanza sendiri memberikan pilihan kepada masyarakat dengan menyediakan dua pilihan produk terbaru Grand New Avanza yaitu dengan kapasitas mesin 1,3 liter dan kubikasi mesin 1.500 cc serta dengan tipe 1,5 liter dan kubikasi mesin 1.500 cc.

Meskipun memiliki kapasitas isi silinder yang berbeda, namun kedua tipe ini memiliki basis mesin yang sama. Bahkan produk terbaru dari mereka menggunakan mesin DHOC dengan empat silinder dan 16 katup yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 95,5 ps pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal sebesar 12,3 Nm pada perputaran 4.200 rpm.

Ditambah lagi dengan dukungan transmisi empat percepatan yang semakin membuat peforma mesin menjadi maksimal. Toyota Avanza dapat menempuh jarak 13 kilomter hanya dengan 1 liter bahan bakar. Untuk harga, mobil MPV terbaru avanza ini dibanderol dengan harga Rp. 184 juta.

Sponsors Link

4. Mobil Suzuki Ertiga (14km/liter)

Mobil Suzuki ErtigaMobil MPV paling irit lainnya adalah Suzuki Ertiga. Sebagai dapur pacunya, mobil MVP ini menggunakan mesin yang berteknologi K14B DHOC dengan 4 silinder segaris dan 16 katup yang memiliki kubikasi mesin 1.400 cc.

Ertiga juga didukung dengan mesin Variable Valve Timing atau VVT yang di kombinasi kan dengan Multi Point Injection (MPI), Drive Wire Technology dan Metal Timing Chain sehingga dapat menghasilkan peforma mesin yang halus namun tetap terjaga.

Sistem pembakaran berteknologi injeksi inilah yang menjadi keunggulan Ertiga yang dapat membuat mobil tetap irit dalam penggunaan bahan bakar. Mobil ini dapat menempuh jarak 14 km dalam 1 liter bahan bakar. Mesin Suzuki Ertiga dapat menghasilkan daya maksimum hingga 92 PS pda 6.000 rpm dan torsi hingga 130 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk masalah harga, tipe Ertiga yang paling murah dikenai harga sekitar 183 juta rupiah dan yang paling mahal dengan kisaran harga 236 juta rupiah. Tidak salah jika Suzuki Ertiga merupakan mobil MPV yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini.

3. Mobil Nissan Grand Livina (18km/liter)

Mobil Nissan Grand LivinaProduk keluaran Nissan ini memang dinobatkan sebagai salah satu Mobil MPV paling irit dalam penggunaan bahan bakar. Ditambah lagi Grand Livina memiliki desain yang sangat menawan dengan tampilan elegan sehingga menampilkan kesan berani.

Untuk masalah dapur pacu nya, mobil ini dibekali dengan mesin baru dengan kode HR15DE kapasitas 1,5 liter konfigurasi 4 silinder 16 valve berteknologi DHOC dengan Twin Dual Injector dan VTC yang dapat menghasilkan power maksimal sebesar 109 PS.

Kombinasi dari Dual Injector dan Twin VTC inilah yang membuat pemakaian bahan bakar semakin irit yaitu hanya dengan 1 liter bahan bakar, Nisaan Grand Livina dapat menempuh jarak 18 kilometer. Untuk masalah harga, mobil ini di banderol dengan harga yang lumayan tinggi yaitu sekitar 209 juta rupiah. Mobil ini sangat laris di pasaran Indonesia karena terbilang murah dan sangat irit dalam pemakaian bahan bakar.

2. Mobil Toyota Sienta (20,2km/liter)

Mobil Toyota SientaJenis mobil small MPV ini diluncurkan di Indonesia pada Bulan April 2016. Mengusung mobil MPV dengan model pintu geser, Toyota Sienta mulai menarik banyak peminat di pasaran. Di Hongkong dan Jepang, mobil ini dipasarkan dalam dua varian mesin yang berbeda yaitu mesin standar dan hybrid.

Untuk versi standar,  Toyota Sienta dibekali dengan mesin L4 DHOC 16-valve VVT-iE yang berkapasitas silinder mencapai 1.496 c. Mesin mobil ini dapat menghasilkan power  hingga 109 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi hingga 136 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Dengan dibekali mesin seperti ini, Toyota Sienta dapat menempuh jarak 20,2 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Untuk versi hybrid sama-sama memiliki mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I ,namun memiliki kapasitas mesin yang besar yaitu 1.497 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 74 PS pada putaran 4.800 rpm dan torsi hingga 111 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Sponsors Link

1. Mobil Honda Mobilio (26,7km/liter)

Mobil Honda MobilioMobil MPV terbaik dan paling diminati saat ini dapat dikatakan adalah Honda Mobilio. Produk keluaran honda ini memiliki spesifikasi mesin yang sangat bertenaga. Dengan dibekali mesin sebesar 15, liter SHOC 4 silinder segaris dan 16 katup serta menggunakan i-VTEC + DBW membuat mesin mobil ini dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 88 Kw pada putaran mesin 6.600 rpm.

Sedangkan untuk torsi maksimum yang dapat dikeluarkan adalah 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Mesin Honda Mobilio juga telah lulus standar global. Selain itu, adanya dukungan injektor berteknologi PGM-FI membuat proses pembakaran Bahan Bakar menjadi lebih irit dan efisien. Dan untuk menyempurnakan peforma mesin, tertanam pula teknologi canggih Torque Boost Resonator.

Pemakaian bahan bakar Honda Mobilio sekitar 26,7 kilometer dengan 1 liter bahan bakar. Tentunya hal ini menjadikan Honda Mobilio sebagai Mobil MPV yang paling irit pemakaian bahan bakar nya. Mesin mobil MPV Honda ini juga telah lolos dari uji emisi yang berstandar EURO 4. Dengan lolos dalam uji coba tersebut, Mobilio dapat dikatakan sebagai mobil yang ramah lingkungan sesuai dengan ketetapan pemerintah. Untuk harga, mobil ini di banderol dengan harga termurah nya sekitar Rp. 176 juta.

Berikut adalah kumpulan Mobil MPV Paling Irit yang harus anda ketahui. Dimana banyak orang yang minat untuk menggunakan mobil yang irit. Selain diminati oleh banyak orang maka mobil ini merupakan idaman setiap orang yang mau menggunakan bahkan orang yang ingin membelinya.



Artikel Lainnya


 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 13th, December 2016 / 02:56 Oleh :
Kategori : Info Mobil