Sponsors Link

9 Mobil Matic Paling Irit BBM dan Murah

Sponsors Link

Saat ini mobil seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat. Tidak hanya memberikan perlindungan dari panas dan hujan ketika berkendara saja, bahkan mobil dapat dijadikan sarana investasi bagi beberapa kalangan. Tentunya dengan manfaat yang seperti itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang bila anda membeli sebuah mobil. Mulai dari fitur mobil, desain interior dan eksterior mobil, keamanan dan kenyaman mobil. Namun dari semuanya, banyak orang yang mempertimbangkan memilih mobil yang irit bahan bakar sebagai prioritas utama dalam memilih mobil. Hal ini dikarenakan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di Indonesia yang kurang stabil sehingga sering mengalami naik turun harga.

ads

Maka dari itu banyak orang yang lebih mencari kendaraan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit agar tidak banyak pengeluaran untuk biaya transportasi. Saat ini sudah banyak produsen mobil yang mengeluarkan produk mobil yang diklaim hemat bahan bakar, baik mobil manual maupun mobil matic. Bahkan produk-produk mobil tersebut dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang LCGC ( Low Cost Green Car ). Khusus mobil matic, berikut daftar mobil matic yang irit yang dapat anda jadikan sebagai pilihan kendaraan anda. (Baca juga: Mobil Paling Irit BBM )

9. Mobil Kia Picanto (19 km/ liter)

mobil-kia-picantoMobil yang merupakan produk asal Jepang ini juga termasuk mobil yang hemat bahan bakar. Meskipun dibanderol harga sekitar Rp. 171.000.000 namun sangat memuaskan untuk bagian dapur pacu mobil ini. Kia Picanto sudah dibekali mesin dengan tipe Kappa 1,2 MPI Engine Dual CVVT DOHC dengan kapasitas 2 liter dan kapasitas silinder 1200 cc.

Untuk masalah keamanan, Kia Picanto sudah dilengkapi dengan seat belt, airbags dual, ABS+EBD, Central Door Lock, Back Sensor dan Key remote entry. Keunggulan lainn dari jenis mobil hatcback ini adalah, Kia Picanto juga dilengkapi dengan fitur eco mode yang dapat memberikan informasi kepada pengguna mobil tentang pemakaian bahan bakar. Bahkan kemampuan mesin nya dalam mengefisiensikan penggunaan bahan bakar dapat terbukti. Hanya dengan bahan bakar sebanyak 1 liter, mobil ini dapat berjalan sejauh 19 km.

8. Mobil Toyota Agya (19,3 km/ liter)

mobil-agyaDapat dikatakan bahwa Toyota Agya saat ini merupakan mobil murah dengan pemakaian BBM paling irit. Dengan 1 liter bahan bakar, mobil ini dapat menempuh jarak 19,3 km pada jalan bebas hambatan. Kemampuan tersebut berasal dari mesin bertipe 1KR DHOC 12 Valve dengan teknologi Electronic Full Injection yang secara otomatis dapat meningkatkan efisiensi pemakaian Bahan Bakar.

Selain itu, mesin mobil ini dapat menghasilkan power sebesar 6000 rpm dan torsi 3600 rpm dengan kapasitas silinder 98 cc. Toyota Agya menjadi salah satu mobil LCGC yang paling banyak diminati saat ini. Bahkan dari hasil uji kelayakan oleh ASEAN NCAP, Toyota Agya mendapatkan nilai yang cukup positif yaitu 4 dari 5.  Selain itu, Toyota Agya juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih lainnya seperti SRS Airbags, Audio DIN (untuk tipe E dan G), ISOFIX, dan electric mirror. Untuk masalah harga, mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 109.000.000 hingga Rp 132.000.000.

ads

7. Mobil Daihatsu Ayla (19,5 km/ liter)

mobil-aylaDaihatsu Ayla menjadi salah satu mobil termurah di Indonesia. Selain itu mobil ini pun diklaim sebagai mobil hemat bahan bakar. Dengan harga sekitar Rp 84.000.000 hinggan Rp 120.000.000 anda sudah dapat memiliki mobil ini.

Meskipun terbilang murah, mobil ini dilengkapi mesin bertipe D26F 1KR-DE dengan 3 silinder sehingga mampu menghasilkan tenaga 6000 rpm dan torsi mencapai 3600 rpm. Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cc sehingga sangat menghemat pemakaian bahan bakar.Terbukti mobil ini dapat berjalan sekitar 19,5 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Keunggulan lain dari Daihatsu Ayla ini adalah tersedianya kabin yang cukup luas dan mampu menampung 5 orang penumpang di dalamnya.

6. Mobil Datsun Go+ (19,7 km/ liter)

Mobil Datsun Go+Produk perusahaan Nissan ini diluncurkan untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang LCGC (Low Cost Green Car). Datsun Go+ menawarkan kemampuan mesin yang tidak kalah tangguh dengan mesin mobil irit BBM lainnya. Tipe mesin yang digunakan adalah Petrol Engine yang didalamnya sudah memiliki kapasitas silinder 1,198 cc dan dilengkapi 3 silinder.

Tipe mesin tersebut terbukti mampu menghemat pemakaian bahan bakar mobil. Selain itu, tampilan Datsun Go+ dipoles lebih sporty dan trendi. Karena banyaknya keunggulan yang didapat dalam mobil ini, tidak salah jika Datsun Go+ menjadi salah satu mobil LGCG yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mobil ini mencatat penjualan yang sangat menakjubkan dengan angka lebih dari 100.000 unit terjual. Untuk masalah harga,Datsun Go+ masih terbilang sangat terjangkau dengan kisaran Rp 85.000.000 hingga Rp 105.000.000.

5. Mobil Suzuki Karimun Wagon R GS (20,7 km/ liter)

 

MOBILMobil keluaran Karimun ini juga dapat dikatakan sebagai mobil yang hemat dalam pemakaian bahan bakar. Peforma mesin mobil sudah didukung dengan mesin powerfull jenis K10B berteknologi DOHC. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan auto gear shift transmission (AGS) yang dapat membuat mobil mencapai peforma maksimum sebesar 68PS pada 6200 rpm. Ditambah lagi dengan teknologi Multi-point yang fuel injection yang dapat memberikan pembakaran yang sempurna sehingga mesin mobil akan menghemat pemakaian BBM.

Mobil ini dapat menempuh jarak 20,7 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Namun bila anda memakainya di jalanan macet seperti perkotaan kemungkinan akan lebih boros sedikit. Untuk masalah keamanan, produk karimun ini sudah dilengkapi dengan airbags dan fitur Child Proff Door Lock sehingga dapat memberikan kenyamanan anda dalam berkendara terutama ketika membawa anak-anak. Untuk masalah harga, Karimun Wagon ini terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 98.400.000 di pasaran.

Sponsors Link

4. Mobil Nissan March (21 km/liter)

Mobil Nissan MarchMobil irit bahan bakar selanjutnya merupakan keluaran Nissa, yaitu Nissan March. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 149.000.000 hingga Rp. 190.000.000 namun anda tidak perlu meragukan untuk kemampuan mesin mobil ini. Mobil jenis hatcback ini dilengkapi dengan mesin bertipe HR15DE dengan kapasitas silinder  sebesar 1198 cc.

Selain itu, mobil ini dilengkapi pula dengan teknologi Continously Variable-Valve Timing Control (CVTC) yang dapat meningkatkan peforma mesin dan membuatnya lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar. Untuk rasio pemakaian bahan bakar Nissan March mencapai 21 km/ liter. Mobil ini hadir dengan dua kapasitas mesin yang berbeda yaitu 1,2 L dan 1,5 L.

Untuk masalah eksterior mobil, sesuai dengan slogan Fashionably Smart yang diberikan mobil Nissan March dirubah dengan lebih stylist dan modern pada bagian eksteriornya. Bahkan terdapat modifikasi fitur seperti grile depannya yang tampil dengan desain V-strut sehingga menghasilkan desain mobil hatcback yang lebih elegan dan tampilan headlmapnya yang terbilang besar serta dilengkapi dengan foglamp makin membuat tampilan Nissan March semakin sporty meskipun dalam bentuk yang mungil.

3. Mobil Honda Brio (21,2 km/liter)

hondar brio

Untuk mobil yang satu ini seperti nya sudah banyak orang di Indonesia yang menggunakannya. Mobil yang mendapat penghargaan sebagai mobil LCGC ( Low Cost Green Car ) pada tahun 2015  ini merupakan keluaran HONDA. Sehingga dapat dibuktikan bahwa Honda Brio ini menjadi salah satu mobil hemat bahan bakar di Indonesia. Berbekal teknologi PGM-FI, tidak hanya mengirit pemakaian bahan bakar namun memadukannya dengan peforma mesin yang powerfull. Dengan tipe mesin 1,2L SOHC 16 katup i-VTEC+DBW mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 90pS pada putaran mesin 6000rpm.

Untuk masalah keamanan, Honda Brio dilengkapi dengan Dual SRS Airbagsm sabuk pengaman lengkap dengan pretensioner, side impact beam, dan pedestrian protection. Sehingga akan memberikan keamanan bagi anda yang menggunakannya. Untuk masalah harga, Honda brio masih terbilang bersahabat sekali. Di pasaran mobil ini dijual mulai dari Rp. 115.000.000 hingga dengan Rp. 125.000.000.

2. Mobil Mitsubishi Mirage (22,4 km/liter)

Mobil Mitsubishi MirageMobil hemat bahan bakar selanjutnya merupakan keluaran dari Mitsubishi. Mitsubishi Mirage dikenal dengan memiliki bodi yang kokoh dan terbuat dari material pilihan. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Mitsubishi Mirage sudah dilengkapi dengan mesin yang berteknologi tinggi DOHC MIVEC yang mencapai 1,193 cc.

Selain itu, juga terdapat fitur ECI-MPI (Electronic Control Injection- Multi Point Injection) yang dapat membuat mobil ini mampu menempuh jarak 22,4 km dengan hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar minyak (BBM). Hal ini berlaku untuk jalanan bebas tanpa hambatan (macet).

Untuk kapasitas mesin,mobil ini termasuk memiliki kapasitas mesin yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya yang mungil yaitu sebesar 1200cc. Sehingga hal ini  akan memudahkan anda bila ingin mengubah kecepatan menjadi 100km/jam hanya dalam beberapa detik. Mobil Mitsubishi Mirage ini menjadi mobil yang diincar oleh banyak orang karena keunggulannya sebagai mobil hemat bahan bakar. Untuk masalah harga, mobil ini masih menempati golongan mobil mahal dengan kisaran harga mencapai Rp. 156.000.000 hingga Rp. 180.000.000.

Sponsors Link

1. Mobil Suzuki Calerio M/T (27,9 km/liter)

Mobil Suzuki Calerio M/TMobil keluaran suzuky ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar dan sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam program kendaraan hemat bahan bakar. Dibuat dengan desain yang mungil tentunya memberi efek yang signifikan untuk pemakaian bahan bakar. Namun meskipun terlihat kecil, mobil ini dapat menampung 5 orang di dalamnya. Teknologi yang digunakannya pun dapat mendongkrak peforma mesin keluaran terbaru dari Suzuki ini. Selain itu adanya pendukung yang diletakkan pada bagian dapur pacu mobil membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih minim.

Selain menawarkan kenyamanan berkendara, fasilitas keamanan juga ditawarkan dalam Suzuki Calerio ini. Mobil ini sudah sesuai dengan standart internasional yang mengharuskan mobil mengusung setidaknya airbags didalam kabin sehingga meminimalisir kecelakaan baik akibat pengguna mobil ataupun kendaraan lain. Selain itu Suzuki Celerio ini dilengkapi dengan sistem keamanan Child Proof Rear Door Locks, Keyless Entry, Security Alarm, Immobilizer. Untuk masalah harga, Suzuki Celerio ini dipatok dengan harga Rp. 154.500.000.



Artikel Lainnya


Itu tadi daftar mobil matic yang sangat hemat dalam pemakaian bahan bakar. Semoga dapat membantu anda memilih mobil matic sesuai dengan yang anda inginkan.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,




Post Date: Tuesday 06th, December 2016 / 09:39 Oleh :
Kategori : Info Mobil