Sponsors Link

13 Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Tipe S Wajib anda Ketahui

Sponsors Link

Mobilio merupakan salah satu mobil keluaran Honda yang cukup laris di pasaran. Mengusung tema mobil MPV, honda mobilio cukup laris menjadi mobil keluarga dengan kapasitas nya yang dapat menampung 7 orang penumpang. Produk mobil ini merupakan salah satu produk honda yang cukup laris pada tahun 2015. Meskipun banyak sekali produk-produk mobil yang juga sejenis dengan mobilio namun tak dapat dipungkiri bahwa permintaan pasar terhadap honda mobilio semakin meningkat. Honda mobilio merupakan salah satu mobil keluarga dengan harga nya yang cukup terjangkau dan murah sehingga dapat menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin nyaman dalam berkendara serta mendapatkan mobil dengan tampilan dan desain yang mewah dan sporty.

ads

Bila anda tertarik untuk membeli mobil Honda ini, alangkah baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu bagaimana kekurangan dan kelebihan honda mobilio. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

Kekurangan Honda Mobilio

1. Kualitas Pengerjaan Mobil

Salah satu kekurangan dari honda mobilio yang begitu disayangkan adalah dari segi pengerjaan nya, mulai dari sambungan body mobil, door trim, body serta engine bay yang terlihat seperti asal-asal dan tidak tepat. Hal ini mungkin saja terjadi karena Honda sedang menekan produksi mobilio sehingga menurunkan kualitas pada pengerjaan serta material yang digunakan pada mobil.

2. Transmisi CVT

Sistem transmisi yang digunakan pada mobilio merupakan transmisi CVT, namun transmisi CVT nya tidak mampu menyalurkan tenaga mesin mobil yang sebenarnya seperti yang ada pada mobil seri manual. Pada saat anda menggunakan mobil ini pada kecepatan yang rendah, maka pedalnya akan sangat responsis. Namun bila anda menggunakannya pada saat kecepatan sedang seperti 40-48 km/jam, maka anda dapat merasakan transmisi CVT akan sangat lambat dan tidak dapat memberikan peforma yang sebenarnya pada saat menggunakan seri manual. Pada saat anda menggunakan kecepatan 150 km/jam pada versi speedometer, transmisi CVT tidak akan sanggup menanggapi injakan pedal kaki anda untuk memacu mobil agar semakin cepat lagi. Sehingga bila anda memilih honda mobilio karena akselerasi mobilnya, maka sebaiknya anda memilih jenis mobilio manual saja.

3. Kekedapan Kabin Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kualitas pengerjaan mobilio tidak terlalu baik sehingga hal ini berpengaruh terhadap beberapa hal salah satunya yaitu masalah kekedapan kabin mobil. Pada saat obil dalam keadaan idle, suara mesin mobil memang dirasa sangat tenang dan tidak akan terasa. Namun pada saat anda mengendarai mobil ini dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam maka suara mesin, ban, dan angin akan sangat mengganggu interior mobil anda.

Sponsors Link

Bahkan tidak hanya itu saja, suara dari luar mobil pun akan dapat terdengar di dalam kabin mobil. Hal ini dikarenakan bodi mobil menggunakan material yang sangat tipis dan karet peredam yang digunakan hanya satu lapis saja.

4. Kenyamanan Suspensi

Salah satu masalah yang anda hadapi ketika berkendara menggunakan honda mobilio adalah kenyamanan suspensi nya. Bisa dikatakan bahwa suspensi mobilio merupakan yang paling kaku bila di bandingkan dengan mobil yang berada di kelasnya. Bila anda melewati jalan yang bergelombang atau polisi tidur, maka pastikan anda melewati jalanan tersebut dengan perlahan terutama pada suspensi bagian belakangnya.

5. Desain dan Kualitas Interior

Interior mobilio memiliki desain yang sama dengan honda brio, hanya saja berbeda pada pewarnaan mobil yang diberikan. Selain bentuknya yang memang kurang sedikit menarik, kualitas material serta fit & finishing nya memang kurang begitu baik. Anda juga tidak akan mendapatkan kompartemen penyimpanan yang melimpah seperti pada mobil kompetitor lainnya pada kelasnya.

6. Sparepart Yang Mahal

Kekurangan lainnya dari mobilio adalah spare part nya yang sangat mahal. sehingga bila terjadi kerusakan ataupun penggantian komponen mobil, maka anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

7. Material Pembuatan Mobil

Selain itu, hampir sekitar 80 persen bahan material yang digunakan untuk interior mobil ini menggunakan bahan plastik. Sehingga nuansa nya dirasa kurang elegan dan berkelas.

baca juga:

Kelebihan Honda Mobilio

1. Kabin Mobil Cukup Lega

Salah satu kelebihan dari honda mobilio adalah kabin mobil nya yang cukup lega yang dapat menampung 7 penumpang di dalamnya. Padahal jika sekilas anda lihat, secara eskterior honda mobilio memiliki ukuran yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mobil pada kelasnya. Dimensi dari honda mobilio adalah 43866 mm x 16833 mm x 1603 mm. Namun honda memaksimalkan desain mobil nya untuk memberikan ukuran kabin yang cukup luas tanpa harus memberikan kesan besar pada bagian eksterior mobil.

Selain itu pada bagian dalam mobil nya juga memiliki fasilitas pendukung yang sangat canggih seperti panel instrumen, unit AC, serta setir model 3 spok. Bagian kiri pada setir mobil juga dilengkapi dengan tombol kontrol audio sehingga dapat menunjang kenyamanan pengemudi dalam berkendara.  Selain itu, jok di dalam kabin mobil menggunakan jok yang empuk dan dilapisi dengan kain. Semua jok nya sudah dilengkapi dengan penopang kepala yang akan membuat nyaman pengemudi dan penumpang di dalamnya. Jok mobil nya juga sudah dilengkapi dengan fungsi elektrik adjustable, pada baris kedua memiliki fasilitas lipa 60:40 serta pada baris ketiga memiliki fasilitas lipat 50:50. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

2. Sistem Handling Yang Baik

Sama halnya dengan produk mobil honda lainnya seperti honda brio, mobilio menggunakan sistem handling yang sangat baik meskipun menggunakan sistem EPS yang terkadang dapat mengurangi feeling dalam mengemudi namun honda mobilio sangat baik pada bodyroll serta feedbck setirnya jika dibandingkan dengan mobil-mobil pada kelasnya. Namun terkadang tetap terasa understeer karena bagian belakangnya yang terlampau panjang.

3. Peforma Mesin

Mesin dalam honda mobilio sangat bisa diandalkan. Dengan menggunakan mesin 1500 cc L15Z1, mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 HP. Mesin ini juga digunakan pada mobil honda generasi 2014 seperti Honda City. Meskipun tenaganya 2 HP lebih kecil dibandingkan mobil jazz, namun pengurangan ini merupakan strategi dari Honda untuk memindahkan tenaga mesin ke putaran bawah sehingga konsumsi bahan bakar kendaraan akan lebih hemat. Mesin mobilio ini juga di pasang kan dengan material plastik pada intake manifold nya untuk mengurangi bobot kendaraan sehingga berat mobil menjadi lebih ringan.

4. Desain Eksterior Mobilio

Selain desain interior nya yang cukup cantik, dapat dikatakan bahwa desain eksterior pada honda mobilio merupakan yang paling keren dan berkelas bila dibandingkan dengan mobil pada kelasnya. Dari bagian depan hingga belakang mobil, akan membuat anda terkesan pada tampilan nya. Desain nya yang sangat sporty membuat honda mobilio akan sangat mudah untuk di modifikasi bagi anda yang gemar memodifikasi mobil anda.

Sponsors Link

5. Bagasi Yang Luas

Tidak hanya bagian interior dan eksterior mobilnya yang begitu menawan, mobilio juga memiliki bagasi yang cukup luas bahkan lebih luas dibandingkan bagasi yang ditawarkan pada mobil sekelas nya. Bahkan mobilio mengalahkan bagasi yang dimiliki Kijang Innova yang sudah dikenal sebagai mobil dengan bagasi yang cukup luas. Untuk memberikan kesan yang mewah, honda meletakkan bagian dongkrak dan toolkit secara tersembunyi pada bagasi sehingga tidak mengurangi area dari bagasi tersebut. Namun hanya saja, jok mobil tidak dapat dilipat rata pada lantai.

6. Irit BBM

Produk honda memang dikenal akan teknologi nya yang dapat menghemat bahan bakar kendaraan. Hal ini yang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli honda mobilio. Penggunaan bahan bakar mobilio untuk di dalam kota mencapai 10-12 km untuk 1 liter bbm. Sedangkan untuk penggunaan di luar kota sekitar 13-16 km untuk 1 liter penggunaan bahan bakar.

Berikut spesifikasi dari Honda Mobilio:

  • Mesin mobil: 1.5 liter L15Z1 4 silinder segaris 16 katup dengan teknologi i-VTEC
  • Tenaga maksimum: 116 HP pada putaran 660 RPM
  • Torsi puncak: 148 Nm pada putaran 4600 RPM.
  • Bore x stroke: 10,3:1
  • Konsumsi bahan bakar kendaraan: 10-12 km/liter ( di dalam kota), dan untuk penggunaan di luat kota sekitar 13-16 km/liter.
  • Sistem transmisi: 5 speed manual, 4 speed manual
  • Rasio kompresi: 73 mm x 83.9 mm.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 10th, February 2017 / 03:50 Oleh :
Kategori : Info Mobil