Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Baleno Paling Lengkap

Sponsors Link

Mobil baleno merupakan salah satu mobil dengan jenis sedan keluaran Suzuki yang diluncurkan pada tahun 1995. Kehadiran dari suzuki Baleno ini menggeser posisi dari mobil suzuki Esteem yang memang sudah lama menjadi mobil sedan favorit di Indonesia. Suzuki Baleno memang hadir sebagai penerus dari suzuki esteem yang menghadirkan fitur tilt, steering power, electric window, electric mirror, serta central door lock. Mobil baleno hadir dalam dua tipe yaitu menggunakan transmisi manual dan transmisi otomatis. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV)

ads

Pada awal kemunculannya, baleno ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.6 liter. Namun pada tahun 1999, suzuki meluncurkan inovasi terbaru dari baleno dengan menggunakan sisrem facelift yang ringan untuk menarik perhatian konsumen. Facelift ini hanya meliputi bagian depan dan interior mobil saja, namun terjadi perubahan yang cukup signifikan pada mesin yang digunakan yaitu dengan mengganti nya menjadi mesin berkapasitas 1.5 liter. (Baca juga : Penyebab Mobil Bergetar)

Meskipun kapasitas mesin menurun, namun tenaga yang dihasilkan kendaraan tetap bertenaga dan irit bahan bakar. Penjualan baleno terus dilanjutkan hingga pada tahun 2001 digantikan dengan suzuki Baleno Next-G. Bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil baleno ini, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari mobil baleno ini. (baca juga: Cara Memperbaiki Master Rem Mobil)

Kelebihan Mobil Baleno

Tentunya setiap mobil memiliki beberapa aspek yang menjadi kelebihan mobil tersebut, sama hal nya dengan suzuki baleno. Berikut ini beberapa kelebihan dari suzuki baleno:

1. Sparepart Mudah Didapat dan Terjangkau

Hal pertama yang menjadi keuntungan dari baleno sendiri adalah spare part kendaraannya yang mudah di dapat dengan harga yang terjangkau. Seperti yang anda ketahui sendiri, mobil baleno merupakan kendaraan produksi dari Jepang. Kendaraan yang diproduksi dari Jepang biasanya memang memiliki sparepart yang mudah di dapat serta harga nya yang cukup terjangkau dibandingkan mobil lainnya. Sehingga jika mobil anda mengalami kerusakan, anda tak perlu kebingungan untuk mencari sparepart kendaraan. Selain itu, perawatan mobil ini cukup terbilang mudah. Anda dapat membawanya langsung ke bengkel-bengkel resmi terdekat yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. (baca juga: Tips Berkendara Jarak Jauh)

2. Mesin Yang Bandel dan Responsif

Meskipun mengalami penurunan mesin dari kapasitas 1.6 liter (1600 cc) menjadi mesin 1.5 liter (1500 cc), namun mesin suzuki baleno ini tetap tangguh dan tidak rewel digunakan. Selain itu, tarikan mesin kendaraan ini juga terbilang menakjubkan. Namun apabila pergantian suku cadang menggunakan yang abal-abal tentunya mesin kendaraan anda tidak akan berjalan dengan maksimal. (baca juga: Cara Menyetel Kopling Mobil).

Selain itu, mesin dari suzuki baleno ini memang terkenal cukup responsif, terutama pada putaran bawahnya. Hal ini dikarenakan suzuki baleno menggunakan sistem SHOC yang membuat torsi puncak dapat maksimal meskipun dari putaran bawah. Sehingga anda akan merasa biasa saja meskipun jalanan yang anda lalui macet serta traffic yang selalu go dan stop. Hanya dengan menginjak sedikit pedal mobil, maka mobil anda dapat langsung berjalan. Hal ini pula lah yang menyebabkan pemakaian bahan bakar cukup hemat. (baca juga: Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil).

Sponsors Link

3. Bagian Interior Mobil

Meskipun mobil ini termasuk mobil produksi lama, namun bagian interior mobil ini didesain dengan gaya yang elegan. Hal ini terlihat dari desain dashboard, susunan tombol-tombol, kisi-kisi AC, tombol lampu darurat, pengatur AC, serta pemutar audio. Bahkan mobil suzuki baleno ini juga dilengkapi dengan fitur heater. Meskipun banyak yang menganggap fitur ini tidak memiliki fungsi yang penting, namun dengan adanya heater mampu membantu pada menghangatkan ruangan kabin mobil apalagi disaat musim hujan. Penggunaan heater dapat anda lakukan dengan menggeser tuas AC ke kanan. Desain dashboard mobil ini pun juga condong ke arah pengemudi sehingga dapat memudahkan pengemudi untuk meraih tombol yang terletak di dashboard. Selain itu, mobil baleno ini lebih bongsor dibandingkan pendahulunya sehingga membuat ukuran kabin mobil lebih luas. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil BMW)

4. Penggunaan Bahan Bakar Yang Hemat

Meskipun terjadi perubahan mesin yang digunakan, namun tetap saja suzuki baleno merupakan mobil yang hemat bahan bakar. Suzuki baleno ini dilengkapi dengan mesin injeksi 1.5 liter G15B yang meskipun berkapasitas lebih kecil namun tetap dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar sekitar 103 HP pada putaran 6000 rpm dan torsi 128 Nm pada putaran 4500 rpm. Meskipun tenaga yang dihasilkan cukup besar, namun penggunaan bahan bakar kendaraan tetap hemat bahkan bila dibandingkan dengan variasi sebelumnya yang menggunakan mesin kapasitas 1.6 liter. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Avanza)

Apalagi dengan mobil All New Baleno (keluaran baleno terbaru), sudah menggunakan jenis mesin booster jet yang merupakan jenis mesin direct innjected 1.0 liter. Sehingga penggunaan bahan bakar kendaraan akan jauh lebih efisien. Untuk penggunaan mobil di dalam kota dapat mencapai 10-12 kilometer untuk pemakaian 1 liter bahan bakar. Sedangkan untuk pemakaian luar kota dapat mencapai 14-17 kilometer untuk pemakaian 1 liter bahan bakar. (baca juga: Komponen Mesin Mobil Lengkap)

5. Desain Eksterior Mobil

Tidak hanya bagian dalam nya saja yang terlihat keren, bagian luar (eksterior) mobil terlihat sangat elegan dan model nya yang tahan lama. Kesan yang ditampilkan mobil ini benar-benar bersih dan rapi. Pada model prefacelift, mobil ini diluncurkan dengan desain headlamp kaca yang berbentuk kotak dengan grill yang tipis. Namun pada model selanjutnya yaitu facelift, model dari headlamp ini berubah desain menjadi bentuk bulat. Selain itu pula terdapat perubahan lainnya pada bumper yang lebih runcing, bonnet, dan penggunaan polycarbonate pada headlampnya. Perubahan ini mampu membuat penampilannya lebih modern. Hal ini lah yang membuat mobil ini tidak akan ketinggalan jaman. (baca juga: Penyebab Mobil Susah Distarter)

Kekurangan Mobil Baleno

Meskipun banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh suzuki baleno, namun bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan apapun. Kekurangan tersebut tentunya perlu anda ketahui agar anda dapat mengatasi hal tersebut. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki suzuki baleno:

1. Bodinya Kurang Aerodinamis

Salah satu kekurangan dari suzuki baleno adalah pada bodinya yang didesain dengan sedikit tebal. Hal ini menyebabkan pada saat mobil digunakan pada kecepatan tinggi akan terasa berat karena harus melawan angin yang ada di jalan. Hal ini tentunya membuat bodi mobil ini kurang aerodinamis. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

2. Sistem Peredaman Kabin Mobil Kurang Baik

Sistem perendaman yang dimiliki oleh suzuki baleno tidak terlalu baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya suara-suara bising yang berasal dari luar mobil dapat masuk ke dalam kabin mobil. Sehingga hal ini dapat membuat kosentrasi pengemudi menjadi terganggu selama perjalanan. (baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas).

Sponsors Link

3. Kaki-kaki Mobil Ringkih

Kekurangan lainnya adalah pada bagian kaki-kaki mobil yang sedikit ringkih. Hal ini dapat menyebabkan ketidak nyamanan dalam berkendara, terutama jika anda menggunakannya pada jalanan yang bergelombang. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu jika anda memilih mobil yang mengedepankan kenyamanan dalam berkendara. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Alphard)

4. Masalah Pada Saat Pencucian Mobil

Masalah lain yang menjadi gangguan pada suzuki baleno ini adalah pada saat anda mencuci mobil. Ketika anda mencuci mobil, air dapat masuk dan tergenang di dalam bagasi mobil. Hal ini tentunya akan membuat komponen yang berada di bawah ban cadangan dapat rusak dan berkarat. (baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil)

5. Jok Mobil

Hal lainnya yang membuat tidak nyaman selama berkendara adalah pada kondisi jok mobil. Jok mobil yang digunakan suzuki baleno terlalu tegak sehingga membuat penumpang mobil kurang nyaman selama perjalanan. (Baca juga : Cara Membersihkan Headlamp Mobil)

6. Harga Jualnya Yang Cukup Rendah

Kelemahan lainnya dari suzuki baleno adalah pada harga jual nya yang cukup jatuh bila dibandingkan dengan mobil lain yang berada pada kelas nya. Harga jual baleno bekas di harga sekitar 60 – 70 juta rupiah. Namun untuk mobil keluaran terbaru masih dihargai sekitar 140 juta rupiah. (baca juga: Cara Membersihkan Injektor Mobil)

Nah itu tadi kelebihan dan kekurangan dari mobil suzuki baleno yang harus anda ketahui. Jika anda ingin membeli mobil baleno ini, anda bisa mengetahui informasi – informasi seputar mobil baleno, agar anda dan keluarga tidak salah memilih menentukan kendaraan yang akan anda gunakan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 02:29 Oleh :
Kategori : Info Mobil